Home Paket Wisata Outbound Bandung & Team Building
Booking!

Outbound Bandung & Team Building

Rp 95.000 Rp 75.000

Minimal Peserta adalah 50 Orang untuk harga tersebut. Include

Outbound Bandung dan berbagai kegiatan Team Building bisa diselenggarakan dengan pendampingan dari HdG Team. Berbagai jenis Ice Breaking dan Fun Games yang sudah biasa dan ada beberapa game terbaru inovasi dari HdG.

Seperti kita ketahui ada beberapa pilihan Paket HdG Wonderful West Java diantaranya :

  1. Paket Wisata Bandung
  2. Paket Wisata Lembang
  3. Paket Wisata Ciwidey
  4. Paket Tour Pangalengan
  5. Offroad Cikole
  6. Offroad Ciwidey
  7. Arung Jeram Bandung

Membahas tentang pengertian contoh dan macam-macam game permainan outbound akan kurang menarik jika tidak menelisik terlebih dahulu tentang sejarah diterapkannya outbound dalam proses pembelajaran. Di tahun 1920an, seorang berkebangsaan Jerman bernama Kurt Hahn mendirikan sekolah bernama Salem School.

Di sekolah ini Kurt Hahn menekankan pembelajaran yang bertujuan untuk membangun karakter anak melalui rangkaian kegiatan fisik non kompetitif. Berawal dari sana, selanjutnya Kurt Hahn bersama Sir Lawrence Holta (Inggris) mendirikan suatu kamp pelatihan “Outward Bond” untuk melatih para pelaut Inggris melalui metode pelatihan outbound yang menggunakan pendekatan pembelajaran Experiental Learning. Dari sinilah selanjutnya pendidikan melalui Outbound terus dikembangkan dan menyebar ke seluruh dunia.

Pengertian Outbond adalah
Apa itu Outbound? Outbound adalah suatu kegiatan belajar di luar ruangan sebagai sarana penambah wawasan yang didapat dari serangkaian pengalaman (experiental learning) sehingga dapat memacu pembentukan pengetahuan, karakter positif, semangat belajar,kreativitas, motivasi, kinerja, dan tanggung jawab peserta didik. Outbond merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dalam pembelajaran. Karena Outbound dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran.

Pengalaman adalah guru terbaik, begitulah pepatah mengatakan. Outbound adalah proses pembelajaran yang membuat peserta didik belajar secara alami. Melalui outbound training, seorang anak mengalami proses alami bermain. Proses alami bermain dalam Outbound adalah dalam rangka menambah dan mengembangkan pengetahuan dari setiap pengalamannya. Pengalaman dalam kegiatan outbound dapat mengembangkan berbagai hal positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang. Dan outbound dapat dirancang dengan berbagai variasi kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan Game Permainan Outbound
Game permainan outbound memiliki banyak tujuan jika diterapkan dalam proses pembelajaran. Berikut ini beberapa tujuan dari Permainan Outbound:

  • Guru dapat melihat kelebihan dan kekurangan siswa dari segi kognitif, afektif maupun motorik.
  • Mengajarkan anak untuk berekspresi sesuai dengan caranya sendiri yang masih dapat diterima lingkungan sosial.
  • Melatih peserta didik untuk memahami perasaan, pendapat orang lain dan menghargai perbedaan.
  • Dapat menggerakkan semangat dan motivasi peserta didik untuk terus terlibat dalam kegiatan aktif.
  • Melatih anak lebih mandiri dan bertindak sesuai dengan keinginan.
  • Melatih anak untuk lebih empati dan sensitif dengan perasaan orang lain.
  • Melatih anak untuk mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Mengenalkan pada anak tentang cara belajar yang efektif dan kreatif.
  • Sarana yang sangat tepat untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya karakter positif.
  • Sarana mengembangkan nilai positif sehingga terbentuk karakter melalui berbagai contoh nyata dalam pengalaman hidup.
  • Sarana mengembangkan kualitas hidup siswa melalui kegiatan yang menuntut berkarakter positif.
  • Sarana untuk memberikan keteladanan karakter yang baik kepada lingkungan

Macam-macam Game Outbound
Berikut ini adalah Macam-macam Game Outbound dengan memperhatikan metode yang berbeda satu sama lain, yaitu :

Macam-macam Game Outbound berdasarkan Peserta
Outbound Anak / Kids
Pertama, keberadaannya lebih dikenal sebagai Outbound Kids yang merupakan sebuah kegiatan yang berlangsung di alam terbuka yang hanya diperuntukan untuk kalangan anak-anak semata pada usia 5-15 tahun. Secara umum, jenis yang satu ini lebih mengutamakan beberapa tujuan yang sekaligus menjadi landasan utamanya seperti keberanian, kreativitas dan juga kepercayaan diri antara anak-anak dimana satu sama lain diantara mereka ikut serta dalam menjalankan dan memainkan program ini.

Outbound Dewasa / Adult
Kedua, selain dengan memperhatikan Outbound Kids rupanya salah satu lainnya yang bisa dianalisa adalah Outbound Adult. Jenis ini dikenal sebagai Outbound dimana hanya dijalankan oleh kalangan masyarakat tertentu yang berusia > 17 tahun. Selain itu, sifat dari Outbound ini tidak bisa dianggap main-main karena sudah terbukti mampu memacu adrenalin dan sekaligus membuat jantung berdetak lebih cepat dengan beberapa sistem permainan yang berlaku didalamnya seperti art rope, arum jeram, dll.

Macam-macam Permainan Outbound berdasarkan Skill
Outbound Soft Skill
Pertama, Outbound Soft Skill dikenal sebagai salah satu kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan sistem personal dan juga interpersonal antara satu orang dengan yang lainnya. Selain itu, hal ini juga didasari dengan suatu kemampuan maupun kreativitas pada diri seseorang yang mana keberlangsungan dari Outbound yang satu ini tentu saja tidak menuntut siapapun untuk melakukan beberapa kegiatan fisik secara berlebihan karena sifatnya yang tergolong santai.

Outbound Hard Skill
Kedua, Outbound Hard Skill menjadi salah satu jenis dalam sistem permainan yang berlaku dalam pelaksanaan metode ini yang dikenal sebagai Outbound untuk melangsungkan suatu sistem keterampilan dari segi teknis untuk memudahkan suatu kemampuan dalam menguasai suatu bidang yang diinginkan oleh seseorang. Tentu saja, Outbound jenis ini sangat menekankan siapa saja agar selalu fokus dan termasuk mengutamakan ketepatan dan kecepatan dalam menganalisa segala macam aspeknya.

Seperti yang sudah diketahui, Outbound Adalah salah satu kegiatan yang berinteraksi secara langsung dengan alam terbuka dan keberadannya memiliki berbagai macam tujuan untuk individu ataupun kelompok yang dalam beberapa periode selalu menjalankannya secara berkesinambungan, antara lain :

  • Team Building
  • Komunikasi
  • Kepemimpinan
  • Kerja Sama Tim
  • Konsentrasi
  • Analisis
  • Kreativitas
  • Strategi Perencanaan
  • Kejujuran
  • Semangat
  • Kekompakan

Bahkan, selain dengan memperhatikan tujuanyang berlaku dalam pelaksanaan Outbound bahwasanya banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh siapa saja apabila selalu menjalankannya secara konsistensi bersama individu atau kelompok lainnya dalam lingkup yang sama, diantaranya :

  • Melepas Penat dari Rutinitas
  • Meningkatkan Persahabatan
  • Membangun Rasa Kepercayaan Diri
  • Mengenal Lebih Luas dari Lingkungan Bebas
  • Menganalisa Kemampuan dan Kebutuhan Seseorang dalam Analisa Manajemen, dll

Selain itu, rupanya Outbound merupakan salah satu kegiatan yang bukan hanya mengedepankan interaksi antara manusia dengan lingkungan bebas saja. Namun, keberadaannya memiliki beberapa Contoh Permainan Outbound yang secara garis besarnya bisa diimplementasi atau dijalankan sesuai dengan kebutuhan siapa saja selaku individu atau kelompok yang menjalankannya, yaitu :

  • Outbound Training
  • Paint Ball (War Game)
  • High Rope (Flying Fox, dll)
  • Fun Outing
  • Camping
  • Arum Jeram (Rafting)
  • Family Gathering

Variasi permainan halang rintang
Games melalui permainan tradisional (gobag sodor, betengan, dll)
Games ketangkasan (tali-temali dalam pramuka, membuat tandu, mendirikan bivak, mendirikan tenda,dll)
Pengertian Outbound lebih dikenal sebagai sebagai suatu kegiatan yang berhubungan dengan alam bebas yang lebih dominan mengedepankan kesan yang menghibur dan menyenangkan untuk siapa saja selaku individu ataupun kelompok yang menjalankannya. Bahkan, pandangan umum mengenai Outbound hanya boleh dijalankan oleh kalangan dewasa saja sudah tidak berlaku, yang mana di Indonesia sendiri proses pelaksanaannya sudah diberlakukan untuk anak-anak mulai usia > 5 tahun. Maka dari itu, Outbound bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang diterapkan dalam kegiatan belajar di sekolah.

Akan tetapi HdG Team mempunyai beberapa Outbound Bandung jenis terbaru yaitu Treasure Hunt dan Amazing Race. Untuk lebih detailnya kita bisa menanyakan langkung kepada marketing HdG Team Trip Planner & EO.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Outbound Bandung & Team Building”

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Stay Connected

273FansLike
0FollowersFollow
363FollowersFollow
25FollowersFollow
24SubscribersSubscribe

Info Artikel Terbaru

%d bloggers like this: