Menguak Tabir Situs Purba Terpendam di Kandangwesi Garut

940

Benarkah ada Situs Purbakala Garut yang lebih besar dari Gunung Padang? Beberapa Tahun yang lalu salah satu Gunung yang berada di Kabupaten Garut sempat membuat heboh. Yaitu Gunung Sadahurip yang berada dekat dengan salah satu objek wisata Talaga Bodas Wanaraja Garut.

Situs Purbakala Garut di Kecamatan Bungbulang

Kali ini Kecamatan Bungbulang yang dikenal dengan Batu Pancawarna menarik perhatian para peneliti untuk mengunjunginya. So … Apakah Rahasia peradaban masa lalu akan bisa ditemukan disini. Warga Garut mungkin mengenal Bungbulang atau Kandangwesi yang mempunyai cerita yang cukup populer pada zaman dulu yaitu Dongeng Dalem Boncel.

Situs Purbakala GarutGunung Sadahurip Garut

Seperti kita ketahui cukup banyak beberapa peninggalan bersejarah di Garut, dari mulai Candi Cangkuang, Situs Ciburuy Bayongbong. Situs di daerah Ciela as well as beberapa lokasi lainnya yang masih menyimpan cukup banyak misteri yang belum terungkap.

Situs Purba Terpendam di Garut, Lebih Besar dari Gunung Padang?

Perhatian kalangan peneliti purbakala kembali tertuju ke Kabupaten Garut, Jawa Barat. Even , sebuah tim arkeolog telah menyambangi lokasi situs purbakala atau peninggalan megalitikum. Situs Purbakala as well as situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, yang ditemukan di Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang, Garut.

Terkait hal itu, Wakil Bupati (Wabup) Helmi Budiman mengatakan, As Soon As Posible Pemerintah Kabupaten Garut. Akan segera mengkaji penemuan situs purbakala atau peninggalan megalitikum di Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang tersebut.

“Memang kita telah mendapatkan laporan warga adanya Situs Purbakala Garut, kita pun sudah menindaklanjuti dengan mengirimkan tim ahli ke lapangan,”. ucap dia saat ditemui usai peresmian Pesantren Lembaga Pemasyarakatan Garut, Jumat sore, 21 Juli 2017.

Adanya penemuan Situs Purbakala Garut tersebut mesti dibarengi hasil penelitian lapangan. Apalagi, data awal mengenai situs yang konon as well as bahkan lebih besar dari Gunung Padang Cianjur itu masih terbilang minim.

“So … Kita perlu teliti terlebih dahulu, kita sudah kirimkan tim dan kita imbau kepada warga, awas banyak spekulan yang membeli tanah itu, karena itu sangat bernilai,” ujar dia.

While ditanya apakah nantinya kawasan itu akan dijadikan kawasan cagar budaya, Helmi mengatakan masih menunggu hasil kajian dan penelitian dari lapangan.

“Makanya saya butuh masukan dari ahli, apakah nanti jadi cagar budaya atau apa? Yang jelas butuh kajian. Makanya saat dikaji batunya jangan ada yang rusak, pelihara dulu jangan dijual,” tutur Wabup Garut.

Belum lama ini, masyarakat Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang, Garut, menemukan kompleks bebatuan mirip situs Gunung Padang, Cianjur. Berdasarkan kajian awal tim Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI) yang telah meneliti di kawasan itu, batuan bersusun tersebut diprediksi berusia 3.000 tahun sebelum Masehi (SM).

So … Komplek Batu Raden biasa masyarakat setempat memanggil kawasan itu, berpotensi menjadi penemuan situs purbakala atau peninggalan megalitikum terbesar. In addition mengalahkan situs Gunung Padang yang memiliki luas bagian permukaan sekitar 900 meter persegi.

So … di Kabupaten Garut, cukup banyak benda-benda sejarah diantaranya :
  • Candi Cangkuang
  • Rumah Adat Kampung Pulo
  • Batu Pipisan dan Gandhik di Singdang Sari Cinunuk Wanaraja.

Situs budaya makam-makam kuno seperti Makam Keramat Godog Suci, dan Makan Sunan Cipancar serta benda-benda di lingkungan situs cagar budaya seperti Situs Kabuyutan Ciburuy Also.

Likewise sampai sekarang batu pipisan dan gandhik, belum pernah ditemukan dalam satu konteks dengan tinggalan masa pra-sejarah. Berdasarkan hal tersebut. Dapat disimpulkan bahwa benda arkeologis tersebut secara kronologis berasal dari masa klasik, mungkin dari jaman kerajaan Sunda Kuno.

Besides terkenal dengan Dodol dan Dombanya. Kabupaten Garut sangat banyak sekali menyimpan beberapa benda sejarah terutama saat jaman kerajaan Prabu Siliwangi. Ada beberapa titik yang sempat menjadi persinggahan Prabu Siliwangi di Kabupaten Garut yang saat ini menjadi Tempat Wisata di Garut.

Futhermore walaupun tidak begitu populer untuk dikunjungi para pelancong karena keterbatasan informasi, akses jalan dan fasilitas di sekitar Wisata Budaya di Kota Garut. Mayoritas pengunjung ke Kabupaten Garut tertarik dengan Wisata Alam, Wisata Pantai dan Wisata Kawasan Air Panas. Dimana di lokasi rekreasi tersebut tersedia akomodasi Hotel yang memadai.

Last but not least, Ternyata masih terdapat benda-benda sejarah lain yang perlu diketahui masyarakat luas seperti Naskah Kuno dan Temuan Benda Purbakala. Jika benar yang menurut beberapa sumber ‘Batu Karo’ ini adalah peninggalan purbakala yang berada di “Kandangwesi” akan menyita from time to time perhatian banyak pihak baik peneliti dari dalam negeri maupun mancanegara.

So … Akankah ada tabir rahasia yang terbuka jika benar-benar terdapat Situs Purba di “KandangWesi”. Tentang peradaban Kerajaan Sunda Kuno yang masih menjadi perdebatan banyak pihak. Baik para peneliti dan ahli Sejarah?

Pencarian Masuk:

  • Kandang wesi
  • sejarah kandang wesi
  • daerah kandang wesi
  • kandangwesi
  • sejarah bungbulang
  • kerajaan kandangwesi
  • kandang wesi garut
  • silsilah kandangwesi
  • sejarah kandangwesi bungbulang garut
  • sejarah kandangwesi
  • sejarAh kandang wesu
  • situ kabuyutan kandang wesi garut
  • sejarah kampung ciharacAs margalaksana garut
  • sejarah eyang wali warta kusuma di joho bungbulang garut
  • sejarah bungbulang garut
  • situs purba kandang wesi
  • peninggalan kandang wesi
  • nakam keranat bubg bulabg
  • konon dahulu kandang wesi garut
  • bangunan purba di bungbulan garut

KOMENTAR