Taman Botani Singapura

    134

    Singapore Botanic Gardens atau lebih familiar dengan sebutan Taman Botani Singapura luasnya kurang lebih 74 Hektar. Yang lebih menariknya atau bahkan akan terdengar aneh kalau di negara kita. Objek Wisata Singapura Botanic Gardens ini tidak ada tiket masuk ke tempat ini alias gratis. Kecuali untuk Taman Anggrek Nasional yang diwajibkan untuk bayar HTM bagi para pengunjungnya.

    Singapura merupakan negara kecil yang jauh lebih maju dibanding Indonesia. Walaupun luas wilayahnya terbatas, akan tetapi dikarenakan negara ini merupakan salah satu titik lintasan dari berbagai negara. Sehingga Singapura yang awalnya hanya dijadikan tempat transit sekarang menjadi salah satu tujuan utama para pengunjung.

    Kebun botani ini buka dari jam 05.00 pagi hingga 24.00 setiap hari sepanjang tahun. Pemerintah juga membebaskan biaya masuk ke dalam kebun, kecuali untuk area Kebun Anggrek Nasional. Kebun Botani Singapura merupakan salah satu dari tiga kebun raya yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

    Sejarah Taman Botani Singapura

    [menurut wikipedia] Pada awalnya, kebun botani dibuat di Fort Canning tahun 1822 oleh Sir Stamford Raffles, bapak pendiri Singapura. Fungsi utama kebun tersebut adalah untuk mengevaluasi pembudidayaan tanaman-tanaman yang dianggap menguntungkan secara ekonomi seperti tanaman buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah. Kebun ini kemudian ditutup tahun 1829.

    Kebun ini dibuka lagi 30 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1859. Pemerintah kolonial Inggris memberikan tanah seluas 32 hektare di kawasan Tanglin kepada Agri Horticultural Society. Tanah tersebut diperoleh dari hasil pertukaran dengan tanah di daerah Boat Quay milik saudagar Tionghoa bernama Hoo Ah Kay.

    Objek Wisata di sekitar Taman Botani Singapura

    • Kebun Anggrek Nasional : Kebun Nasional Anggrek merupakan objek utama di Kebun Botani Singapura. Terletak di sisi barat, kebun seluas tiga hektare ini memiliki koleksi lebih dari 1.000 spesies dan 2.000 anggrek hasil persilangan.
    • Hutan hujan : Kebun Botani Singapura memiliki hutan hujan tropik kecil seluas enam hektare. Tempat ini usianya lebih tua ketimbang kebun botani itu sendiri. Lokasinyaberada di dalam kota Singapura. Di dunia hanya ada dua kota besar yang memiliki hutan hujan di dalam wilayahnya yakni Singapura dan Rio de Janeiro (Hutan Tijuca).
    • Kebun Jahe : Terletak di dekat Kebun Anggrek Nasional, kebun seluas satu hektare ini mengoleksi tanaman keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae).
      Danau : Kebun Botani Singapura memiliki tiga danau, yaitu Danau Simfoni, Danau Eco dan Danau Angsa. Pada tanggal 10 Oktober 2008,[3] patung komponis terkenal Polandia Frédéric Chopin dibuat di sisi selatan Danau Simfoni.

    Tempat yang menarik dan enak dipandang mata biasanya terdapat unsur air, unsur tumbuh-tumbuhan yang rimbun, atau bunga-bunga nan mekar dan indah serta unsur hawa yang sejuk. Kalau melihat sepintas taman Botani Singapura tidak beda jauh dengan Kebun Raya Bogor ataupun yang skala kecilnya Kebun Mawar Situhapa Garut.

    Harga Tiket Masuk Taman Botani Singapura

    Pemerintah Singapura tidak memungut biaya masuk ke tempat ini. Hanya salah satu titik destinasi Taman Anggrek Nasional yang dipungut tarif masuk. Mungkin dikarenakan anggrek memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit.

    Apa nama sesungguhnya Taman Botani Singapura ?

    Kalau anda menanyakan taman botani di Singapura, pasti mereka akan bertanya-tanya balik. Akan tetapi nama sesungguhnya adalah Singapore Botanic Garden yang lokasinya terletak di Cluny Road, Singapura.

    Kegiatan dan Atraksi Wisata di Taman Botani Singapura

    Sudah dipastikan tempat seperti ini sangat cocok dipakai untuk foto prewedding serta resepsi pernikahan. Sebetulnya hampir semua tempat wisata, yang menariknya justru spot-spot yang disediakan bagi pengunjung untuk selfie ataupun welfie. Walaupun tidak secara khusus disediakan, spot yang instagramable dan keren pemandangannya menjadi daya tarik tersendiri. Kegiatan meeting, reuni dan kumpul-kumpul untuk temu kangen tidak jarang juga digelar disini. Selain itu pada moment-moment tertentu biasanya ada atraksi wisata atau event yang cukup besar yang diselenggarakan disini.

    Peta Lokasi Taman Botani Singapura

    KOMENTAR