Candi Cangkuang Garut

Candi Cangkuang Garut adalah nama dari sebuah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Leles Garut Jawa barat. Candi ini adalah satu – satunya Candi Hindu yang ada di Jawa Barat dan sudah sejak lama ada di Garut.

Sejarah Candi Cangkuang

Sebelum kita ulas lebih mendalam tentang Keindahan dan Fasilitas yang ada di Candi Cangkuang Garut ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu asal mu asal candi ini ditemukan.

Kita cari tahu dulu mengepa kawasan candi ini diberi nama Candi Cangkuang.

Sejarah Nama Candi Cangkuang

Nama dari sebuah kawasan yang terdapat Candi bekas peninggalan kerajaan hindu ini diambil dari nama sebuah pohon yaitu pohon cangkuang. Nama ini diambil karena di kawasan tersebut terdapat banyak sekali pohon cangkuang sehingga nama dari pohon tersebutlah diambil yang kemudian kawasan tersebut diberi nama Candi Cangkuang Garut.

Sejarah Terbentuknya Candi Cangkuang

Asal Mu Asal terbentuknya Candi Cangkuang ini dimulai ketika ditemukan oleh seseorang yang berasal dari Belanda bernama Vonderman. Setelah menemukan candi tersebut dia menuliskannya pada sebuah buku notulen di tahun 1893. Di buku tersebut dia menuliskan bahwa di bukit kampung pulo desa cangkuang telah ditemukan sebuah makam kuno dan sebuah arca siwa yang rusak.

Kemudian selang beberapa tahun, ada sebuah team penelitian dari seorang ahli purbakala yang menemukan kembali Candi Cangkuang yang telah lama terpendam tersebut. Pertemuan yang pertama mereka temukan hanyalah sebuah makam kuno dan juga sebuah pondasi berukuran 4,5 x 4,5 meter dan dari sanalah penelitian besar dilakukan pada tahun 1967 – 1968.

Dalam penelitian besar tersebut kemudian ditemukan batu – batuan berserakan. Oleh masyarakat setempat batu – batuan tersebut dipakai sebagai batu nisan untuk makam mereka. Setelah penelitian tersebut dilakukan barulah rekonstruksi besar – besaran dilakukan. Rekonstruksi ini dimulai dengan mengumpulkan dan mendata semua bongkahan batu kemudian dilakukan penataan dan pemasangan semua rerentuhan tersebut.

Sayangnya reruntuhan batu tersebut hanyalah ditemukan sekitar 40% saja, sehingga sisanya untuk membangun kembali candi tersebut digunakanlah batu – batuan sampai selesai. Itulah sedikit sejarah mengenai candi ini.

Wisata Candi Cangkuang Garut

Candi Cangkuang adalah salah satu objek wisata populer yang ada di Garut. Objek wisata Candi Cangkuang ini biasanya sering dipakai sebagai kunjungan wisata. Baik dari para perusahaan yang melaksanakan gathering ataupun outing di Garut. Wisata ke Candi ini cukup menarik karena selain Anda bisa mengunjungi Candi, juga Anda akan melewati objek wisata lain. Selama diperjalanan Anda juga akan mengunjungi Situ Cangkuang dan Kampung Pulo yang tidak kalah menarik untuk pemandangan alamnya.

Candi Cangkuang Garut
Situ Cangkuang Garut

Biasanya wisata ke Candi Cangkuang ini juga selalu ramai dikunjungi ketika weekend ataupun long weekend tiba dan kebanyakan mereka yang melaksanakan wisata kesini adalah wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota Garut seperti Bandung dan Jakarta. Namun disamping itu, karena objek wisata ini juga dikelola oleh HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia), maka juga sangat sering objek wisata Cangkuang ini dikunjungi oleh Tourist atau wisatawan dari Belanda dan juga negara – negara lainya.

Akses Jalan ke Candi Cangkuang

Mungkin untuk wisatawan dari luar kota Garut yang ingin melaksanakan kunjungan wisata ke objek wisata candi ini akan bingung kemana akses jalan yang harus mereka tempuh. Sebenarnya sangatlah mudah akses jalannya untuk menuju ke wisata cangkuang ini, bila Anda dari Bandung atau dari Jakarta Anda hanya perlu mengikuti jalur yang mau ke kota Garut.

Bahkan lokasi Candinya tersebut bukan terdapat di pusat kotanya akan tetapi lebih dekat ke perbatasan Bandung yaitu di kota Leles. Alamat lengkapnya di Leuwigoong, Karanganyar, Cangkuang, Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44119. Lokasinya setelah Kadungora dan bila Anda bertanya kepada seseorang Anda hanya perlu tanyakan saja arah yang mau ke Candi Cangkuang. Tepat di Alun – Alun Leles Anda belok kiri dan ikutin terus akses jalan tersebut sehingga nantinya Anda akan menemukan plang “Selamat datang di Kawasan Candi Cangkuang”.

Tiket Masuk Candi Cangkuang

Sesampainya di lokasi Candi Cangkuang, Anda harus membayar tiket masuk ke objek wisata ini. Saat masuk Anda tak perlu khawatir karena untuk objek wisata ini tiket masuknya terbilang murah untuk objek wisata yang ada di Garut hanya Rp. 15.000,- / orang. Jadi jika Anda hanya membawa pacar untuk berwisata ke candi ini, uang sebesar Rp. 100.000,- sudah cukup untuk biaya masuk sama jajan – jajan cemilan di Candi Cangkuang.

Ohh iyah namun Anda jangan lupa, karena lokasi candi cangkuang ini berada di perbatasan. Jadi selama di perjalanan Anda diharuskan menggunakan rakit untuk bisa sampai di perbatasan tersebut dan bisa menikmati suasana di candi cangkuang tersebut. Untuk menaiki rakit tersebut Anda diharuskan untuk membayar Rp. 10.000 /orang bila ingin biayanya murah namun Anda harus menunggu penumpang yang lain. Sehingga penumpannya sudah terkumpul semua sebanyak 5 orang baru rakitnya bisa jalan. Sedangkan jika Anda bersedia membayar Rp. 30.000,- meskipun anda berdua.

Perjalanan Menuju Candi Cangkuang

Perjalanan menuju candi disini bukan berarti perjalanan dari rumah Anda ke cangkuang. akan tetapi perjalanan dari lokasi parkir menuju ke lokasi candi.  Karena sesuai yang saya jelaskan diatas bahwa selama dalam perjalanan Anda akan melalui Situ Cangkuang dan Kampung Adat. Ingin tahu seberapa menariknya kedua tempat wisata tersebut ? Lanjutakan Membacanya 🙂

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang adalah sebuah kawasan yang memiliki pemandangan yang eksotis. Sepanjang perjalanan di situ Anda akan melihat suasana yang tak akan pernah Anda dapatkan dimanapun. Anda serasa berada dalam sebuah keheningan dengan nuansa seperti di pedesaan dan sangat cocok untuk Anda yang ingin mendinginkan pikiran dari penatnya kota.

Dari Situ ini juga Anda akan disuguhkan pemandangan sawah yang luas dan hijau dan juga Gunung dari kejauhan yang akan menyejukan mata Anda. Sebagian besar permukaan Situ Cangkuang ditumbuhi oleh bunga teratai yang elok.

Kampung Adat Pulo

Kampung ini adalah salah satu kampung tradisional yang masih kental dengan adat dan istiadat. Menjadi menarik untuk dikunjungi karena keadaan dan kondisi di kampung ini yang masing sangat seperti dulu. Yang uniknya lagi, masyarakat di kampung ini tidak pernah bertambah dan berkurang karena setiap orang yang menikah di kampung ini maka mau tidak mau mereka harus pindah dari kampung tersebut. Adat istiadat jaman dahulu di kampung ini juga masih sangat terjaga.

Fasilitas di Candi Cangkuang Garut

Sudah terdapat banyak fasilitas yang terdapat di kawasan Cangkuang ini. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini tak akan pernah merasa ada yang kurang. Berbagai fasilitas utamanya seperti :

  1. Rumah Makan
  2. Penginapan
  3. Mesjid
  4. Toilet
  5. Warung – Warung Kecil
  6. Rakit
  7. Guide Lokal

Rumah Makan dan penginapan di kawasan candi ini bernama rumah makan sari cobek dan penginapan sari cobek. Makanannya saya katakan sangat enak dan banyak menu yang bisa Anda pilih. Penginapan disini berjulah 6 kamar dan sudah bisa Anda gunakan sebagai tempat beristirahat selama liburan disana.

 

Save

KOMENTAR