Info Lengkap Candi Prambanan Yogyakarta – Harga Tiket Masuk + Penginapan

35

Halloo selamat beraktivitas sobat, kali ini hoteldiindonesia.net akan kembali share kepada Anda tentang salah satu infomasi wisata atau traveling di wilayah Yogyakarta. Tahukah sobat Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki sejuta pesona tempat wisata salah satunya adalah Candi Prambanan. Infomasi mengenai tempat wisata yang ada di Yogyakarta bisa Anda baca ulasannya di artikel saya mengenai Tempat Wisata di Yogyakarta.

Candi Prambanan Yogyakarta


Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang cukup populer dikalangan wisatawan. Merupakan Candi Hindu yang terbesar dan juga terindah yang dimiliki Indonesia. Kompleks Candi Hindu tertinggi dan tercantik se Indonesia ini tidak terlepas dari legendanya yaitu Legenda Bandung Bondowoso untuk mendapatkan Roro Jonggrang.

Candi Prambanan Dilihat Dari Atas

Bukan hanya legenda kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, Candi Prambanan ini juga terkenal akan legendanya Rama dan Shinta yang terpahat di dinding candi. Seperti apakah cerita ke-2 legenda tersebut ? Berikut ini penjelasannya !

Legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang


Legenda yang akan saya ceritakan ini hanya mungkin intinya saja. Bagaimana bisa terbentuknya Candi Prambanan ini dari legenda Roro Jonggrang ini. Mungkin bagi Anda pecinta televisi tanah air pasti sudah tahu cerita legendanya itu seperti apa.

Berikut ini legendanya

Legenda ini dimulai ketika sesorang bernama Bandung Bondowoso mencintai putri cantik bernama Roro Jonggrang pada abad ke-10. Masa pemerintahan Raja Pikatan dan Raja Belitung. Namun cinta Bandung Bondowoso hanya bertepuk sebelah tangan, karena Roro Jonggrang tidak suka dengan Bandung Bondowoso.

Karena Roro Jonggrang tidak ingin menolak cintanya Bandung Bondowoso secara kasar, mengingat Bandung Bondowoso ini adalah seorang yang jahat. Oleh karena itu Roro Jonggrang memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso supaya membuatkan 1000 Candi dalam kurun waktu 1 malam untuk dapat melamarnya. Sudah tentu syarat tersebut sengaja diberikan Roro Jonggrang untuk mempersulit Bandung Bondowoso.

Tak di sangka Bandung Bondowoso menyetujui syarat dari putri cantik tersebut. Dari mulai saat itulah Roro Jonggrang mulai khawatir. Tak menunggu waktu lama akhirnnya Bandung Bondowoso memulai membuatkan 1000 candi dengan bantuan para Jin. Roro jonggrang pun dari kejauhan melihat pekerjaan Bandung Bondowoso sembari khawatir. Waktu terus berjalan hingga Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 candi dan hanya tinggal 1 lagi maka syarat yang diberikan Roro Jonggrang bisa terpenuhi. Roro Jonggrang semakin khawatir hingga akhirnya dia mencari-cari cara untuk menggagalkan syaratnya tersebut.

Roro Jonggrang akhrinya mengetahui cara untuk menggagalkannya. Dia meminta bantuan kepada rakyat untuk membantunya menumbuk padi serta membuat penerangan sehingga suasana nampak seperti pagi. Ayampun berkokok yang merupakan pertanda sudah mulai masuk pagi dan Bandung Bondowoso pun mengira sudah pagi sementara ia belum menyelesaikan candi terakhirnya.

Merasa keanehan karena pagi berasa lebih cepat, Bandung Bondowoso sadar bahwa Roro Jonggrang melakukan kecurangan. Ia marah hingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang keseribu. Sehingga candinya pas menjadi 1000 candi yang Bandung Bondowoso buat.

Kondisi Candi Prambanan


Selain terkenal dengan kisah atau legendanya diatas, Candi Prambanan ini di akui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Candi Hindu ini terdiri dari  Trimurti agama Hindu diantarnaya :

Candi Prambanan Dari Dalam

  1. Candi Siwa yang bergandengan dengan Nandini
  2. Tersedia candi Brahma yang bergandengan dengan Angsa
  3. Terdapat Candi Wisnu dengan Garuda sebagai pendampingnya

Bukan hanya terdiri dari 3 candi diatas, masih terdapat beberapa candi yang lainya seperti 2 candi yang diapit dan 4 candi sudut. Candi yang lainya terdapat di halaman yang lainya sebanyak 224 candi. Candi Siwa merupakan candi tertinggi disini. Didalamnya terdapat ruangan yang berisi arca Siwa, sementararuangan lainya berisi arca Durga (Istri Siwa), Agastya (guru siwa) dan Ganesha (Putra Siwa). Arca Dhurga itulah yang kerap dianggap sebagai Roro Jonggrang.

Pemandangan


Sudah tidak diragukan lagi pemandangan di Candi Prambanan ini seperti apa. Luas wilayahnya yang sangat luas membuat tempatnnya banyak dibangun taman, tempat kegiatan seru, tempat outbound dan juga lapangan – lapangan untuk bersepeda. Bila di ibaratkan mungkin saya mengira tempat ini seperti surga. Pemandangan di kawasan candi sangat mempesona.

Sunset di Candi Prambanan

Panorama yang bisa Anda nikmati adalah pada sore hari, disana Anda bisa menikmati panorama senja sembari melihat pemandangan sunrise atau matahari terbenanam yang sangat indah di belakang Candi Prambanan. Banyak spot – spot yang sangat bagus untuk Anda berfoto disana. Saran saya Anda tak akan puas bermain di Candi Prambanan ini selama seharian penuh.

Aktivitas Yang Biasa Dilakukan


Dengan panorama pemandangan yang indah dan juga wilayah yang sangat luas membuat banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan disana. Berikut ini ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan ini.

Belajar Sejarah dan Budaya


Banyak sejarah yang bisa Anda dapatkan disana karena merupakan situs warisan dunia. Dari sana Anda bisa menemukan banyak kebudayaan agama Hindu yang bisa menjadi referensi Anda. Terdapat banyak relief atau simbol agama yang akan memberikan pelajaran sejarah agama penting bagi umat Hindu.

Berkeliling Candi


Hal yang paling menarik bagi orang yang pertama berkunjung ke Candi Prambanan ini tentunya adalah berkeliling Candi. Disini Anda bisa berkeliling dengan bebas sepuas Anda dengan melihat – lihat situs warisan dunia yang mungkin akan jarang Anda temukan di kota lain. Banayk tersedia relief disana sehingga Anda bisa melihat dan mengamati relief tersebut.

Berfoto


Banyak tersedia tempat untuk berfoto selpie disana. Pemandangan yang sangat indah dan cantik bisa Anda abadikan di akun sosial media Anda. Baik itu Instagram, Facebook, Tweetter dan lain sebagainya. Bila Anda merupakan penyuka fotografi, candi ini merupakan tempat yang tempat untuk Anda mendapatkan foto yang sangat bagus. Disini juga Anda bisa melaksanakan foto Preeweding sehingga momentnya sangat keren.

Mengunjungi Museum Candi Prambanan


Di Candi Prambanan ini sudah terdapat satu buah meseum tempat Anda belajar sejarah dan budaya. Yang paling menarik adalah untuk masuk museumnya itu gratiss atau tidak banyara. Di musium ini And adapat menemukan banyak informasi dan juga relief atau candi – candi yang sempat rusak dan di abadikan di museum. terdapat banyak patung dan juga simbol yang bisa diambil menjadi pelajaran untuk sejarah Anda. Disana juga ada penjelasan mengenai struktur bangunan candi sehingga Anda bisa dengan lebih memahami tentang struktur bangunan candi.

Sarana Beribadah


Tidak sedikit para wisatawan yang beragama hindu datang ke candi perambanan ini untuk beribadah. Mereka sangat menghormati candi ini sebagai sarana mereka untuk beribadah. Meskipun sekarang ini sudah menjadi sebuah tempat wisata, akan tetapi candi ini masih tetap menjadi tempat beribadah bagi mereka umat hindu. Sehingga banyak aturan yang harus dipakai ketika mengunjungi Candi Prambanan ini. Salah satunya adalah Anda tidak diperkenankan menggunakan celana pendek ketika mengunjungi candi ini.

Bersepeda


Banyak aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan disini. karena telah di bangun banyak spot – spot wisata. Disana tersedia tempat sewa sepeda untuk para wisatawan yang ingin berkeliling wilayah candi menggunakan sepeda, tempat outbound dan yang lainya. Sehingga membawa rombongan keluarga kesini adalah pilihan yang tepat.

Sendratari Ramayana Prambanan


Di Candi Prambanan ini juga sering diadakan banyak sekali upacara adat. Biasanya dilaksanakan pada hari selasa, kamis dan jum’at. Salah satu upacara adatnya bernama Sendratari Ramayanan Prambanan. Upacara ini dilakukan untuk memperingati terbentuknya candi hindu ini. Anda bisa menyaksikan pergelaran seni ini karena pergelarannya sangat seru dan juga menarik.

Berburu Oleh-Oleh


Yang terakhir mungkin yang bisa Anda lakukan di candi ini selama melaksanakan aktivitas wisata adalah berburu oleh-oleh untuk di bawah pulang ke rumah. Banyak tersedia warung dan juga sudah ada pasar disini. Dari mulai jajanan makanan hingga berbagai oleh-oleh kerajinan menarik. Seperti kerajinan tangan bangunan candi, kalung, gelang dan banyak lagi yang lainya.

Lokasi


Candi Prambanan ini beralamat lengkap di Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya bisa melihat di google masp berikut ini !

Tempat wisata ini buka pmulai pukul 06. 00 WIB sampai 17.00 WIB. Saran atau bisa tips dari kami, Anda bisa berkunjung ke objek wisata ini pada sore hari menginat suasana atau cuaca disana apabila sore hari sangat panas.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan


Untuk bisa menikmati seluruh wahana yang tersedia di Candi Prambanan ini, Anda diharuskan untuk membayar harga tiket masuk Rp. 30.000 / orang untuk wisatawan lokal dan diharuskan membayar sebesar $18 dolar untuk wisatawan asing. Sedangkan untuk anak-anak diharuskan membayar Rp. 12.500,- / anak.

KOMENTAR