Ajak Temanmu Untuk Touring ke Curug Nyogong & Rasakan Sensasinya !!!

370

Bagi Anda teman yang suka touring bareng kawan-kawan untuk melakukan wisata, ada kabar baik nih. 🙂 Di Garut terdapat salah satu wisata yang cukup oke yang bisa Anda dan kawan-kawan kunjungi. Namanya Curug Nyogong, cukup nyeleneh memang namanya, akan tetapi pemandangannya indah bangeet lho. Gak percaya ? Coba saja buktikan informasinya di bawah ini !

Sekilas Tentang Curug Nyogong


Keindahan Curuh Nyogong Dari Kejauhan

Curug Nyogong merupakan salah satu objek wisata ari terjun yang ada di Garut, Jawa Barat. Lokasi terdapat di kawasan yang juah dari pusat kota Garut yaitu di wilayah Cihurip, Cikajang. Untuk Anda orang lokal Garut kebangetan kalau gak kenal daerah Cihurip. Sedangkan untuk Anda wisataan luar kota Garut yang pernah main ke Pameungpeuk, daerah cihurip ini terlewati.

Curug Nyogong memiliki arti ” Air Terjun Yang Menikung ” karena diambil dari serapan bahasa sunda, Curug artinya Air terjun dan Nyogong artinya menikung. Dinamai curug nyogong karena memang air yang turun dari air terjun ini berkelok-kelok atau menikung. Sumber air Curug Nyogong ini juga berasal dari air terjun diatasnya yang bernama Curug Cialeuan. Sedangkan untuk aliran dari kedua curug ini berasal dari Sungai Cisanggiri yang berhulu di sekitaran Gunung Gelap.

Suara gemuruh dari jatuhan curug nyogong ini adalah ciri khasnya. Kesejukan alam dari kawasan curug ini merupakan sensasi yang bisa Anda dan kawan-kawan rasakan. Saat perjalanan turun dari tempat parkir ke lokasi curug Anda akan melihat bagaimana keindahan curug nyogong ini yang sesungguhnya.

Keindahan Area Wisata Curug Nyogong


Keindahan Curug Nyogong

Saat Anda dalam perjalanan menuju Curug Nyogong, Anda juga akan menemukan curug lainya yang juga cukup indah pemandangannya yaitu Curug Cibadak. (Untuk pembahasan Curuk Cibadak ini akan saya bahas di artikel selanjutnya). Curug nyogong mulai terlihat indah dari atastempat parkiran motor Anda. Dimana aliran air terjunnya terlihat dengan jelas melewati bebatuan besar dan berbelok-belok.

Curug nyogong ini menawarkan pemandangan air terjun yang sangat bersih dan sangat indah dengan udara sejuk yang menyegarkan. Perjalanan touring jauh Anda aka terbayar ketika sampai disana. Apalagi ketika Anda memutuskan untuk menikmati berenang di bawah ari terjun ini. Sensasinya sungguh luar biasa, penat dan semua masalah Anda rasanya akan terasa hilang sejenak.

Kegiatan touring bareng teman akan menambah kesan seru liburan Anda. Pemandangan pegunungan yang sangat hijau alami juga membuat Anda merasakan betah untuk berlama-lama disini. Apalagi jika ditemani pacar atau sang istri tercinya yah pasti semuanya akan terasa lebih indah tentunya. :).

Fasiltas & Kebersihan


Curug nyogong merupakan kawasan wisata alam yang masih belum terkelola cukup. Oleh karena itu fasilitas untuk wisata ini masih sangat terbatas. Disana mungkin hanya ada warung-warung kecil yang masih masuk area kawasan wisata. Akses jalannya pun tidak begitu baik, Anda perlu turun ke jalan yang banyak lumpurnya kalau terjadi hujan sebelumnya. Namun itulah biasanya wisata yang di cari oleh anak muda yang suka touring.

Soal kebersihannya di kawasan wisata ini alhamdulilah masih sangat terjaga. Kealamian dari tempat ini memang tidak boleh kita kotori. Saran dan tips saat mengunjungi wisata ini adalah Anda perlu membawa jaket yang tebal. Anda tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan.

Akses Jalan


Untuk bisa menikmati touring baik itu dari wilayah Bandung ataupun dari wilayah yang lainya, Anda disarankan untuk melewati jalur kota Garut. Saat Anda sudah sampai di kota Garut, Anda bisa mengambil akses jalan yang menuju ke Pameungpeuk. Namun jika Anda ingin mengikuti rambu-rambu jalan, dari kota Garut mungkin Anda lihat rambu-rambu yang menunjukan arah ke Cikajang atau ke Bayongbong.

Akses jalan dari kota Garut ke wilayah Bayongbong dan Cikajang terbilang masih bagus dan jalannya lurus. Ketika sudah sampai di Bayongbong, Anda lurus terus menuju ke Simpang. Nanti Anda akan menemukan pertigaan dan Anda ambil jalur ke kiri yang arah ke Cikajang. Anda ambil terus jalan utama dari sana hingga nanti akan sampai ke wilayah Cijakang.

Masuk Wilayah Cikajang


Mungkin nanti selama dalam perjalanan menuju cikajang, Anda nanti akan melewati 2 pertigaan yaitu di daerah Cisurupan dan juga kawasan wilayah Papanggungan. Dari kedua pertigaan tersebut, Anda ambil jalur yang ke kiri. Atau jika Anda ingin lebih yakin Anda mengambil jalur yang benar, Anda lebih baik tanya kepada orang di jalan.

Nah, setelah masuk wilayah Cikajang Anda akan langsung melewati daerah pegunungan dan jalannya cukup berbelok-belok. Ikuti terus jalur utama cikajang dan nanti Anda akan dibawa sampai ke wilayah perkebunan teh. Patokan dari sini Anda tanya ke orang di jalan Batu Tumpang Cikajang. Nah sesudah sampai disana, Anda teruskan jalan ke jalur utama hingga nanti masuk ke wilayah gunung gelap. Itu yang menjadi patokan dari sini hingga nanti Anda akan masuk ke wilayah Cihurip.

Saat melewati cihurip ini sebenarnnya dari jalan sudah terlihat arah yang mau ke cihurip. Anda ambil jalur Cihurip ke arah kiri dan Anda akan masuk ke Desa Mekarwangi. Bagi yang membawa motor atau kendaraan Anda bisa parkir di Desa tersebut. Dari sana perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga nanti sampai ke tempat tujuan. Jaraknya sekitar 2 KM atau sekitar 30 menit perjalanan.

Lokasi


Curug nyogong beralamat lengkap di Kampung Sawah, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Jarak dari pusat kota Garut menuju lokasi adalah sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan. Berikut jalur untuk google mapsnya !

 

KOMENTAR