Curug Sang Hyang Taraje Garut

101

Bila Anda berencana melaksanakan liburan ke Garut bareng kawan, disini saya mempunyai rekomendasi tempat wisata yang akan bikin liburan Anda menjadi lebih berkesan. Curug Sang Hyang Taraje merupakan rekomendasi saya untuk liburan Anda tersebut. Biasanya Anda para pecinta wisata tidak ingin wisata adventurenya biasanya saja. Apalagi jika Anda adalah seorang anak muda yang suka adventure petualangan kesini akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan dalam hidup Anda.

Curug Sanghyang Taraje Garut


Lokasinya terletak di Kecamatan Pakenjeng Garut Jawa Barat, bila Anda pernah mengunjungi Curug Orok maka jalan menuju ke Curug Sang Hyang Taraje ini satu arah menuju ke Curug Orok. Lokasinya sekitar 15 menit perjalanan dari lokasi Curug Orok Cikajang Garut.

Curug Sanghyang Taraje di boomingkan oleh para pecinta wisata di media-media social seperti Facebook terutama di Instagram. Tempatnya memang benar-benar begitu indah seperti yang diberitakan di “Instagram“. Namun disetiap keindahan pasti harus ada kerja keras kita untuk mendapatkannya. ūüôā

Curug Sang Hyang Taraje 1

Yah, jalur menuju ke Curug Sang Hyang Taraje ini lumayan agak ekstreem. Maksud saya ekstreem disini bukan berarti jalannya jelak tetapi perjalanannya yang cukup jauh. Dan ada sebagian jalan yang jelek pula di pengujung jalan menuju ke Curug Sanghyang Taraje. Keindahan salah satu tempat wisata di Garut ini sangat cocok untuk Anda melaksanakan hunting foto. Instagrammable bangeet deh pokoknya.

Sebelum saya menjelaskan lebih detail tentang tempat wisata Curug Sang Hyang Taraje ini, ada baiknya Anda mengetahui sejarah ataupun mitos tentang tempat ini.

Sejarah Curug Sang Hyang Taraje


Sejarah ini akan membuktikan dari mana masyarakat setempat mendapatkan nama untuk air terjun ini sebagai Curug Sang Hyang Taraje. Anda juga pasti sudah tahu, nama curug itu sendiri diambil dari mana ?

Yah, nama curug di ambil dari nama air terjun yang bila di artikan dalam bahasa Sunda berarti Curug. Sedangkan nama Sang Hyang di dapatkan dari nama Dewa / Raja Pada jaman dahulu. Yang terakhir adalah nama Taraje yang kalo di artikan dalam bahasa Sunda berarti Tangga.

Bila disatukan nama Curug Sang Hyang Taraje ini bisa diartikan sebagai Air Terjun yang menjadi tangga bagi para raja dan dewa untuk menuju kahyangan. Dalam mitos yang dipercaya masyarakat setempat dari jaman dahulu hingga sekarang air terjun ini memang merupakan tangga tempat dewa-dewa menuju kahyangan. Namun ada pula yang menyebutnya sebagai Air Terjun tempat Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi.

Itulah sedikit sejarah tentang tempat wisata ini dinamai sebagai Curug Sang Hyang Taraje. Yang jelas curug ini memiliki air terjun kembar yang apabila dari kejauhan mirip seterti tangga.

Lokasi 


Sesuai dengan yang saya jelaskan di atas, bahwa lokasi Curug Sanghyang Taraje ini terletak di Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut. Alamat lengkapnya berada di Kecamatan Pamulihan Desa Pakenjeng, Garut Jawa Barat. Berikut ini jalur di Google mapsnya !

Fasilitas 


Bulan kemarin saya sempat berkunjung kesana bersama 1 teman saya di kantor. Ketika saya berkunjung kesana, saya melihat disana fasilitas tempat wisatanya masih kurang. Masih banyak fasiltias seperti Penginapan, Toilet, dan yang lainya masih belum tersedia. Hanya yang saya lihat, disana itu hanya tersedia fasilitas seperti :

  • Gerbang Masuk
  • Warung di Dekat Gerbang Masuk
  • Bangku di Sekitar Air Terjun
  • Gazebo¬†di Sekitar Air Terjun

Mungkin hanya itu saja fasilitas yang tersedia di Curug Sanghyang Taraje. Mungkin untuk Anda yang ingin menginap disana, bisa Anda mendirikan tenda disana dengan memakai biaya tambahan yang tidak mahal.

Untuk Anda yang ingin menginap di penginapan ataupun hotel, Anda bisa saja sekalian berkunjung ke Curug Orok Garut karena disana sudah tersedia penginapan dengan jumlah kamar ada 6 Kamar.

Harga Tiket Masuk / HTM Curug Sanghyang Taraje


Banyak orang yang menduga-duga untuk menuju ke objek wisata ini tiket masuknya mahal ataupun murah. Tidak seperti ke Curug Orok yang tiket masuknya memang cukup mahal bisa sampai Rp. 30.000,- / orang. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir HTM Curug Sang Hyang Taraje ini hanya mencapai Rp. 6.000,- / orang bila weekdays, dan mungkin bila Weekend tiket masuknya bisa sampai Rp. 10.000,-.

Namun Anda tidak boleh membawa uang pas-pasan kesana. Mungkin Anda tahu sendiri bagaimana kota Garut. Ada baiknya Anda membawa uang lebih supaya bila ada apa-apa Anda tak repot.

Apalagi bila long weekend dan juga hari-hari besar seperti hari lebaran, mungkin tiket masuk objek wisata ini bisa sampai Rp. 15.000,- / orang. Jadi bila Anda ingin liburan Adventure kesini Anda harus membawa uang sedikitnya Rp. 35.000,- / orang, untuk biaya makan dan hanya sekedar  nongkrong di warung.

Jalan Menuju Curug Sang Hyang Taraje


Sebenarnya akses jalan menuju ke Curug Sanghyang Taraje ini sangat bagus dari Garut kota menuju ke Curug Orok. Mungkin hanya dari dekat Curug Orok menuju ke Lokasi Sang Hyang Tarajenya yang agak rusak. Banyak jalan-jalan bolong, sehingga Anda harus berhati-hati saat mengendaraai kendaraan. Ada baiknya Anda bila ingin berpetualang kesini menggunakan kendaraan motor.

Jalurnya apabila dari Garut kota, Anda ikutin jalur yang menuju ke Bayongbong – Cisurupan. Bila sudah sampai di Cisurupan nanti ambil belok yang ke kiri menuju jalur yang menuju ke Pertigaan Bungbulang. Dari Pertigaan yang meu ke Bungbulang, Anda ambil jalur yang ke kanan, itu artinya ke Bungbulang. Sedangkan bila Anda mengambil jalur yang ke kiri itu artinya Anda mengambil jalur yang ke Pantai Santolo.

Dari sana Anda lurus terus, dan nanti ada belokan lokasinya sebelum curuk orok, Anda ambil ke kanan. Luruss Kemudian nanti akan ada belokan lagi di depan dan Anda bisa ambil jalur yang ke kiri. Lurus dari sana dan Anda nanti akan sampai di Gerbang Curug Sang Hyang Taraje.

Supaya Anda tidak ribet mengenali jalan, Anda bisa lihat salah satu video dari native indonesia, berikut ini !

 

Harus Anda ketahui bahwa selama dalam perjalanan menuju ke Curug ini, Anda akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan disana. Jadi Anda tak perlu khawatir BT di jalan karena rasa BT karean perjalanan jauh tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah selama dalam perjalanan dan pemandangan indah di lokasi air terjun.

KOMENTAR