Gunung Papandayan Garut

2592

Gunung Papandayan Garut, siapa yang tidak mengenal ke elokan tempat wisata di Garut Jawa Barat ini ? Gunung Papandayan Garut merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Garut yang terletak di Kecamatan Cisurupan Garut. Gunung ini memiliki ketinggian 2665 Meter diatas permukaan laut. Gunung ini memang sangat mempesona bagi siapa saja yang mengunjunginya, dengan didukung beberapa tempat wisata yang berada di sekitarnya menjadikan tempat wisata di Garut ini menjadi tempat buat liburan yang unik dan juga asyik.

Gunung Papandayan Garut

Gunung Papandayan merupakan salah satu objek wisata yang sangat direkomendasikan kami untuk menjadi tempat liburan yang paling menarik di Garut. Sudah banyak perbaikan dan juga fasilitasnya semakin terus ditingkatkan untuk menjaring wisatawan untuk terus datang dan berkunjung ke objek wisata ini.

Gunung Papandayan Pindah Pihak Pengelola

Dahulu objek wisata gunung papandayan ini adalah yang paling terpopuler di Garut ketika masih dikelola oleh pihak masyarakat setempat. Bahkan wisatawan yang datang ke objek wisata ini dahulu jauh lebih banyak dari kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Darajat Pass . Namun ketika Gunung Papandayan ini pindah pihak pengelola menjadi di kelola oleh pihak PT. Ail, objek wisata ini menjadi kurang diminati karena biaya masuknya yang cukup mahal bahkan ada yang menyebutnya sangat mahal.

Dari yang biasanya banyak yang melaksanakan camping disana menjadi sepi. Bahkan banyak wisatawan yang merasa kecewa dengan hal tersebut. Namun dibalik itu semua, pihak PT. Ail juga tidak semata – mata menaikan harga tiket masuknya akan tetapi juga memperbaiki banyak fasilitas sehingga objek wisata ini semakin layak untuk dikunjungi. Mulai dari fasilitas jalan yang diperbaiki sehingga lebih nyaman, fasilitas toilet yang terdapat di atas gunung hingga sekarang bahkan adanya fasilitas kolam rendam yang di desain sedemikian rupa sehingga wisatawan yang berkunjung menjadi lebih betah berlama – lama di gunung ini.

Wisata Gunung Papandayan

Setelah banyak kontroversi antra pihak yang pro dan juga kontra, kini gunung papandayan masih tetap menjadi destinasi wisata yang paling keren untuk dikunjungi. Bahkan bila dilihat dari pemandangan alamnya wisata, tiada yang lebih bagus dari gunung ini. Itulah mengapa saya sangat merekomendasikan untuk Anda yang ingin mencari tempat wisata di Garut yang jarang Anda temui di kota lain keindahannya, untuk mengunjungi Gununung Papandayan Garut ini.

Wisata ke Gunung Papandayan ini bersama rombongan teman dari perusahaan Anda atau bersama keluarga maupun pacar adalah kegitan yang tepat dilaksanakan supaya kegitan liburan Anda semakin berkesan. Bahkan tak jarang sekarang objek wisata ini dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan gathering di garut dari berbagai perusahaan.

Melaksankan tracking disana adalah hal yang akan membuat Anda berkesan karena disana Anda akan menemukan Kawah, padang edelweiss, hutan mati dan masih banyak lagi yang lainya. Semua akan saya bahas lengkap disini!

Kawah Gunung Papandayan

Bagi Anda yang sudah pernah mengunjungi gunung papandayan ini pasti akan sedikit ketagihan untuk melaksanakan tracking ke Kawah Papandayan yang sungguh eksotis. Dari kejauhan kawah gunung papandayan ini terlihat begitu elok sehingga orang yang melihatnya akan tergiur untuk mengunjunginya. Kawah ini juga bisa Anda lihat langsung secara dekat.

Bumi Perkemahan

Setiap gunung pasti memiliki bumi perkemahan atau tempat melaksanakan camping dan mendirikan tenda. Nah, di gunung ini juga Anda bisa melaksanakannya. Bahkan ketika melaksanakan camping disini Anda akan mendapat plus pemandangan yang begitu indah. yaitu latar belakang papandayan dan juga terdapat sungai kecil dengan aliran air yang bersih. Berlokasi dibelakang kantor informasi, buper cocok bagi petualang yang membawa anggota keluarga karena sangat mudah di capai.

Ghober Hoet

Ghober Hoet adalah salah satu tempat di gunung papandayan dengan pemandangan kawah secara terbuka, area ini merupakan tempat untuk melihat kawah secara jelas dan juga dekat sehingga pemandangannya akan terlihat begitu indah dan juga mempesona. Selain itu, Ghober Hoet juga adalah tempat untuk melihat pemandangan matahari terbit atau (sunrise) dengan hanya membuka pintu tenda Anda.

Pondok Saladah

Inilah mungkin yang ditunggu – tunggu, di gunung papandayan Anda akan melihat pondok saladah yang sangat luas sehingga berfoto selfie di kawasan ini gambar Anda akan kelihatan sangat exciting. Pondok saladah ini merupakan area yang sangat luas sehingga sangat cocok untuk Anda mendirikan tenda di area ini. Lokasinya berada dekat dengan kebun edelweiss dan tidak terlalu jauh ke Hutan Mati.

Hutan Mati

Hutan Mati merupakan area wisata di Gunung Papandayan yang sangat diminati oleh kalangan wisatawan terutama kalangan photography karena pemandangan di hutan mati ini sungguh indah. Melaksanakan foto model disini adalah tempat yang tepat sehingga backround dan gambar yang akan Anda dapatkan akan sangat menarik. Hutan Mati Gunung Papandayan terkenal karena keindahan pemandangannya, yaitu berdirinya pohon – pohon kayu yang mati terbakar akibat letusan Gunung Papandayan tahun 2002.

Aktivitas Wisata

Sekarang di objek wisata gunung papandayan Garut ini sudah banyak sekali aktivitas wisata yang Anda dapat lakukan disana, diantaranya :

  1. Eksplor Kawah
  2. Tracking & Berpetualang
  3. Fotografi
  4. Berkemah
  5. Sepeda Gunung
  6. Piknik

Ohh iyah hampir saya lupa di gunung papandayan juga terdapat Wisata Air yang sangat menarik yaitu Danau yang hampir serupa dengan talaga bodas yang ada di Garut. Airnya disini berwarna kehijauan dan bisa berubah sewaktu waktu tergantung cuaca.

Fasilitas

Sesuai dengan yang saya sebutkan diatas bahwa bukan semata – mata pihak PT. Ail menaikan harga tiket masuk ke gunung papandayan ini, tapi juga memperbanyak fasilitas di objek wisata ini, fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Gerbang Utama
  2. Tugu Selamat Datang
  3. Shelter
  4. Saung Bambu
  5. Toilet
  6. Mesjid & K. Informasi
  7. Security 24 Jam
  8. Menara Pandang
  9. Kolam Rendam Air Panas (In Progres)

Tiket Masuk Gunung Papandayan Garut

Harga Tiket masuk Gunung Papandayan Garut terupdate untuk sekarang adalah Rp. 30.000,- / orang + Tiket Masuk Kendaraan Rp. 5.000 untuk motor dan mobil Rp. 20.000 dan bus Rp. 50.000,-.

KOMENTAR