Tempat Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan

Balikpapan adalah salah satu provinsi yang terkenal dengan biaya hidup yang tinggi. Namun terkenal juga dengan objek wisatanya yang indah juga mempesona. Setelah kemarin ada Pantai Manggar Segara Sari, juga ada Tempat Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain di Balikpapan.

Kedua tempat wisata ini merupakan tempat yang indah yang harus coba Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Namun sebelum berkunjung kesana ada baiknya simak dulu informasi lengkap tentang Hutan Lindung Sungai Wein Balikpapan dibawah ini !

Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan


Hutan Lindung sungai wain
Hutan Lindung sungai wain

Jika Anda ingin bertemu dengan maskot kota Balikpapan. Disinilah tempatnya. Kalau kita melihat di Televisi atau gambar-gambar beruang sepertinya hewan yang bersahabat baik dan lain sebagainya. Tapi kalau liar tentu saja tidak bisa kita dekati sembarangan.

Hutan Lindung Sungai Wain ini menjadi rumah bagi beraneka ragam macam satwa seperti orang utan, beruang madu bekantan, kantong semar dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan. Luas Hutan Hujan Tropis ini sekitar 10.000 Ha.

Hutan ini ada di KM 23 Jalan Balikpapan – Samarinda. Jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan flora dan fauna hutan ini. Anda dapat mengambil 4 pilihan paket kunjungan. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan hutan lindung. Biayanya mulai dari Rp. 350.000,- untuk paket A (1-6 Tamu).

Tersedia dua tuor yang dapat Anda pilih. Yakni Tour “Track Eko-PLA-Kebun Raya” dan Tour “Mangrove dan Selok Puda”. Juga, ada pemandu wisata yang akan membantu Anda dalam menyusuri hutan lindung tersebut.

Hutan lindung sungai wain, 5 hal yang wajib di ketahui


Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) merupakan wisata alam di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. HLSW adalah wisata alam hutan dan wisata alam sungai indah. tidak lupa varien satwa yang berada di sana. Kali ini balikpapanguede akan mereview kawasan ini, sebagai alternatif berwisata dan berlibur bagi warga kota balikpapan.

Potensi kawasan yang di lindungi oleh pemerintah daerah ini sangat besar , karena keaslian flora dan fauna yang ada disana. Keseluruhan luas HLSW adalah 10.025 hektar dan terdapat sungai Wain yang panjangnya kurang lebih 18.300 m dengan airnya yang jernih dengan rimbunnya hutan bakau dan habitat beberapa burung, ikan , kepiting dan orang hutan.

Hutan lindung sungai wain, 5 hal yang wajib di ketahui

  • (menurut wikipedia) Hutan Lindung Sungai Wain secara Administratif Pemerintahan terletak di Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara dan Kelurahan Kariangau Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.
  • Letak Secara geografis terletak antara 116º47′ – 116º55′ Bujur Timur dan 01º02′ – 01º10′ Lintang Selatan.
Batas-batas antara lain :
  1. Sebelah Utara: berbatasan dengan HPHTI PT. INHUTANI I Unit Batu Ampar.
  2. Sebelah Barat: ± 1 hingga 2 km. dari Teluk kota Balikpapan dibatasi hutan mangrove dan hutan sekunder rendah.
  3. Selatan dan Timur: ebrbatasan dengan lahan pertanian.
  4. Sebelah Timur Laut: dibatasi oleh jalan raya Balikpapan – Samarinda (antara km 20 hingga km 24) dengan jarak lebih kurang 4 km.
  • Ini panduan jika anda ingin mengunjungi HLSW :

1. pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat melalui Kota Balikpapan yang berjarak sekitar 15 km ke arah utara.

2. Lokasinya pintu gerbang persis di pinggir jalan raya Balikpapan-Samarinda.

3. Pengunjung bisa menikmati Sungai Wain yang panjangnya 18.300 meter, jernih,terdapat hutan bakau.

  • Apa saja yang binatang di Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW)?

yaitu orangutan, kera, burung, ikan, beruang, dan lainnya. Sekarang Kondisi HLSW yang sebagiannya merupakan rawa-rawa, memerlukan persiapan yang matang bagi para pengunjung. Pengunjung di sarankan menggunakan atau membawa sepatu boots agar lebih nyaman ketika menelusuri kawasan HLSW ini.

  • Apa saja yang bisa di lakukan di Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW)?

1. pengunjung dapat menikmati trekking melintasi jalur sepanjang 400 meter di atas titian kayu, yaitu jembatan pajang yang ada Sungai Wain.

2. Pengunjung juga bisa menikmati trekking sepanjang 3 km dan melihat tumbuhan langka, seperti Kantung Semar.

3. dapat menikmati aneka ragam tumbuhan dan binatang langka,

4. beruang madu yang berjumlah 60 ekor, pengunjung perlu mendapatkan ijin khusus dari pihak pengelola.

Jika ingin menikmati pemandangan pedalaman kawasan HLSW yang lebih menantang lagi, pengujung perlu melakukan trekking sepanjang 8 km hingga sampai di base camp Jamaluddin. Disarankan agar pengunjung menetap di sana selama beberapa hari sambil menelusuri dan mengamati pemandangan yang ada di sekitarnya.

KOMENTAR