Hutan Mangrove Margomulyo

Setelah kemarin saya ajak Anda untuk jalan-jalan ke Wisata Caribbean Island Waterpark. Sekarang saatnya saya juga akan ajak Anda untuk mengenal Hutan Mangrove Margomulyo. Keduanya masih merupakan tempat wisata di balikpapan rekomendasi terbaik untuk tujuan liburan Anda.

Sekilas Tentang Hutan Mangrove Margomulyo


Banyak juga yang menyebut hutan mangrove margomulyo ini sebagai hutan bakau. Wisata ini merupakan habitat dari aneka burung, ikan dan hewan lainya. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini adalah berupa sebuah hutan lindung yang terletak di dibelakang SMU Negeri 8. Di jalan AMD Gunung Empat, RT 42, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Hutan Mangrove Margomulyo

Bila dari pusat kota Balikpapan, lokasinya berjarak sekitar 9 KM. Untuk akses kesini wisata disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Karena masih belum ada akses angkutan kota menuju ke lokasi ini. Alternatif terbaik jika Anda tidak ingin membawa kendaraan sendiri adalah dengan menggunakan ojek dari pasar inpers kebun sayur.

Udara di hutan bakau or hutan mangrove ini masih sangat asri, menyejukan mata dan udaranya tentu masih segar. Cocok bagi Anda yang sedang ingin menenangkan pikiran. Terdapat hewan yang khas disini yaitu Bekantan. Luas hutan bakau ini adalah sekitar 16,8 hektare. Telah dibebaskan oleh pemerintah kota Balikpapan, dan dijadikan kawasan konservasi tumbuhan bakau.

Persiapan


Sebelum menyusuri hutan bakau margomulyo ini, Anda disarankan menyiapkan dan mengetahui beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan. Supaya nantinya disana wisata Anda sudah benar-benar terencana matang. Adapun beberapa hal penting tersebut diantaranya :

  • Yang Pertama adalah, jangan lupa berdoa sebelum keberangkatan.
  • Ada baiknya rencanakan wisata Anda kesini tidak sendirian paling tidak berdua atau lebih bagus bareng rombongan supaya lebih seru, Mengingat tempat ini adalah hutan.
  • Disarankan bawa orang yang sudah pernah dateng kesini sebelumnya. atau minimalnya tanya-tanya kepada meraka yang sudah pernah wisata ke hutan mangrove ini.
  • Tidak disarankan bawa makanan dari luar karena takutnya nanti di dalam sampahnya bisa berserakan.
  • Pada saat wisata di Hutan bakau ini, Anda jangan sekali-kali mengambil apapun dari lokasi.
  • Persiapkan uang jika Anda ingin menyusuri hutan mangrove center balik papan menggunakan perahu.
  • Jangan lupa bawa perlengkapan seperti Kamera atau handpone untuk mendokumentasikan kegiatan liburan Anda disana.

Menyusuri Hutan Mangrove Margomulyo


Harus di ingat yah, untuk memasuki hutan mangrove, nantinya Anda akan masuk gang yang jalannya terbuat dari kayu. Pokoknya gang tersebut berada di samping gedung SMU Negri 8.

Hutan Mangrove Margomulyo

Untuk menyusuri hutan mangrove ini, Anda hanya perlu mengikuti jalan yang terbuat dari kayu tersebut. Nantinya Anda bakal menemukan bilik kecil sebagai tempat loket atau tempat penjualan tiket. Namun harus diingat, sebenarnya tidak ada tiket masuk resmi kesini. hanya saja Anda disarankan memberi uang seiklasnya ke loket tersebut sebagai penghargaan kepada warga yang menjaganya. Disini kewajiban Anda hanya dilarang membuang sampah sembarangan juga dilarang mengambil apapun, kecuali mengambil gambar.

Anda harus ketahui juga bahwa yang membuat hutan mangrove ini adalah warga hutan mangrove RT 42 yang dinamai kelompok tani tepian lestari. Kelompok tersebut bekerja sama dengan BLH (Balai Lingkungan Hidup). Sehingga terciptalah hutan mangraove ditahun 2002.

Konservasi tumbuhan bakau disini dibuat oleh masyarakat kelompok tersebut yang menggantungkan hidupnya dari habitat yang ada di bilik rerimbunan mangrove. Pohon tersebut telah lama tumbuh di kawasan ini.

Namun tak hanya bergenti di pohon lama, banyak juga pohon-pohon baru sejenis bibit yang merupakan hasil sumbangan dari berbagai pihak. Hutan mangrove ini juga memiliki fungsi sebagai :

1. Taman kota
2. Wisata Alam
3. Pendidikan Lingkungan
4. Penelitian
5. Pengembangan
6. Menambah habitat bagi flora dan fauna.

Apa saja yang ada di hutan mangrove ini ?


Anda mungkin penasaran bukan, apa saja hewan ataupun tumbuhan yang bisa Anda temukan di hutan mangrove margomulyo ini. Disini Anda bakal menemukan beragam tumbuh-tumbuhan seperti :

Hutan Mangrove Margomulyo

Beragam Tumbuhan
  • Berbagai jenis tumbuhan bakau
  • Berbagai jenis tumbuhan api-api hitam
  • Pohon-pohon nipah
  • Pidada
  • Bintaro
  • Dll.

Vegetasi tumbuhan tersebut tumbuh dengan subur dan rapat di tanah lumpur berair yang pasang surut.

Beragam Satwa

Adapun berbagai satwa yang akan Anda temui ketika melaksanakan wisat akesini diantaranya :

  • Kepiting berwarna-warni unik
  • Ikan-ikan tempakul
  • Beragam burung
  • Satwa khas Bekantan

Sebenarnya satwa-satwa yang ada disini sangat unik-unik. Seperti contohnya kepiting yang berwarna-warni pada capitnya. Ada yang berwarna biru, ungu dan juga merah. Contoh lainya adalah ikan tempakul masyarakat sana menyebutnya. Ikan ini pandai memanjat pohon. Adapun yang lebih unik lagi adalah satwa khas disana yaitu Bekantan.

Anda pasti belum tahu bukan, Bekantan itu apa ?

Bekantan adalah monyet berhidung besar. Mungkin gambar spesifiknya seperti patung monyet yang ada di dupan, seperti itulah kira-kira.

Lanjut Menyusuri Hutan Mangrove Margomulyo


Ketika Anda terus menyusuri jalan kayu, nantinya Anda bakal menemukan dua jalur kiri dan kanan. Satu arah menuju ke suara pemantau setinggi 5 meter satunya lagi menuju hutan bakau yang lebih rimbun. Biasanya disana Anda bakal menemukan anak-anak sekolah yang sedang main atau pacaran.

Uhh gak nyaman gimana tempat ini dijadikan tempat pacaran, selain rimbun oleh pepohonan, tempatnya gelap lagi … hhee

Udara disini juga sejuk. Dari jembatan, Anda dapat melihat atau memotret kapal-kapak kayu bermesin maupun kelotok yang lalu lalang keluar masuk sungai sidomulyo.

Selepas menyeberang jembatan masukilah kantung kedua kawasan mangrove yang tentu suasananya tak kalah eksotik dan rimbun. Sekadar wanti-wanti, sepanjang petualangan itu pelancong harus hati-hati dengan dahan-dahan pohon melintang ke sana kemari di atas ulin. Kebanyakan setinggi bahu orang dewasa. Bila tidak hati-hati kepala bisa terantuk karenanya.

KOMENTAR