Info Lengkap Kawah Kamojang Garut

418

Bila Anda sedang malaksanakan liburan ke Garut, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Kawah Kamojang Garut. Objek wisata yang cukup terkenal di kalangan wisatawan dari berbagai kota di Indonesia. Dapat menjadi alternatif wisata Anda bersama keluarga di kota Garut.

Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang terletak di perbatasan antara Garut dan juga Bandung. Sebenarnya tempat wisata ini sudah masuk ke daerah Bandung akan tetapi karena lokasinya lebih dekat ke kota Garut jadi banyak yang menyebut kawah kamojang ini sebagai bagian dari tempat wisata di Garut.

Anda tentunya pasti tahu Geothermal PLTU Kamojang dan kawah kamojang ini masih masik kedalam area PLTU Tersebut. Anda pasti penasaran apa sih sebenarnya yang membuat objek wisata ini populer ?

Menurut saya pribadi, tidak ada yang begitu istimewa di kawah kamojang Garut ini. Hanya saja disini terdapat beberapa kawah yang bisa dikunjungi dan juga nama serta bentuk kawahnya tersebut cukup unik. Seperti Kawah Hujan, Kawah Kereta Api serta Kawah Manuk.

Kawah Hujan Kamojang Garut

Kawah ini disebut kawah hujan karena di kawah ini Anda bisa bermain air bahkan Anda bisa mandi uap. Konon uap disini bukan sembarang uap, dengan mandi di uap kawah hujan ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit asma serta reumatik. katanya :).

Terkadang di kawah uap ini juga ada hal yang unik yang bisa Anda lihat. Yaitu Ada penjual telor mateng yang memasak telornya tersebut dengan cara disimpan di kawah hujan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Hal lainya yang lebih menarik adalah Anda bisa melaksanakan terapi disini dengan cipratan-cipratan dari air kawah tersebut. Hal itulah yang dipercaya masyarakat setempat bisa menyembuhkan segala macem penyakit yang ada di dalam tubuh.

Penasaran dengan kebenarannya tentang kawah tersebut ? Ayoo segera berkunjung ke kawah hujan !

Kawah Manuk

Yang kedua adalah kawah manuk. Wisatawan yang mengunjungi kawah kamojang biasanya ingin mengunjungi beberapa area seperti kawah manauk. Lokasi kawahnya berada di pinggir jalan sebelum pintu gerbang masuk. Jadi bagi Anda yang hanya sekedar ingin melihat kawah manuk ini, tidak perlu bayar.

Kawah manuk ini berupa seperti kolam yang diisi penuh dengan lumpur panas. Bagi Anda yang ingin melihat lebih dekat tentang kawah ini disarankan untuk berhati-hati. Karena Meskipun sering terlihat kering, lumpur dibawahnya masih lumayan bisa menjebak kaki dan panas juga.

Kawah Kereta Api

Sebenarnya kawah inilah yang selalu menjadi pusat perhatian dari para wisatawan yang berkunjung ke kawah kamojang. Kawah Kereta Api adalah berupa area kawah yang menyemburkan uap yang panas dengan bunyi siulan seperti layaknya kereta api. Tutttt… tuutttt… tuuttt…

 

Bunyi siulan tersebut muncul karena tekanan dari uap panas bumi sehingga suaranya akan sangat kencang. Kawah ini dahulunya adalah bekas penggalian uap panas bumi yang dibuat di zaman Belanda. Jika Anda membawa rombongan biasanya suka ada si kakek yang menjadi pawang dari kawah tersebut. Si Kakek bisa memainkan suara siulan dengan bermacam-macam suara sehingga kelihatan menarik.

Terkadang Anda juga bisa menyimpan sebuah bola atau karung diatas kawah tersebut dan bola atau karung tersebut bisa terbang keatas. Hal itu sangat mudah lho dan cukup seru dilakukan.

Fasilitas di Lokasi Kawah Kamojang

Kalo untuk fasilitas di lokasi kawah kamojang ini cukup komplit untuk sebuah tempat wisata. Mungkin karena lokasinya masih di area PLTU Kamojang jadi mendapat banyak bantuan dari pihak tersebut. fasilitas tersebut diantaranya :

  • Banyak warung-warung kecil menjual jajanan dan minuman. Warung kopi, warung mie dan lain sebagainya.
  • Parkir yang sangat luas mampu menampung sampe 20 bus
  • Banyak toilet yang tersedia, diparkiran 1 dan satunya lagi di dekat kawah hujan
  • Tersedia Gazebo atau tempat duduk gratis gk banyar
  • Musola dan juga kamar tempat mandi juga tersedia hanya perlu banyar Rp. 4.000,-

Untuk kebersihan dan juga suasananya disana terbilang cukup rapi dan bersih. Jalannya juga terbilang cukup bagus, hanya ada sedikit jalan yang rusak. Akan tetapi tidak terlalu rusak dan aman untuk semua kendaraan.

Harga Tiket Masuk

Mengenai harga tiket masuknya untuk objek wisata ini, Anda tak perlu khawatir karena terbilang murah kok. Hanya Rp. 10.000,- orang dan kalo membawa 2 orang dalam 1 motor bisa 18.000,- / motor. Biaya lainya Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk motor Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 20.000,- untuk bus.

Lokasi

Kawah Kamojang Garut beralamat lengkap di Gn. Kamojang, Loa, Paseh, Bandung, Jawa Barat. Bila dari pusat kota Garut berjarak kurang lebih sekitar 27 Km atau sekitar 1 Jam perjalanan.

Jalur

Aksesnya cukup mudah kok, baik itu menggunakan jalur Garut kali dari Bandung dan Jakarta maupun menggunakan Jalur Majalaya. Berikut kedua jalur tersebut

  • Jalur Garut

Rutenya Garut-Samarang-Kamojang. Dari Bandung Anda menuju terlebih dahulu ke Alun-alun tarogong. Kemudian Ambil arah yang ke simpang lima Garut. sesampainya di pertigaan sebelum simpang lima disana Anda bisa memasuki jalur yang ke samarang Garut. Setelah sampai di Samarang, nanti ada pasar dan sebelum pasar ada jalur yang mau ke Kampung Sampireun itu belok kanan.

Hotel di dekat Kawah Kamojang Garut

Ada beberapa Hotel di Garut yang cukup bagus berada satu jalur dengan kawah Kamojang Garut salah satunya adalah Mulih ka Desa. Kalo anda pernah mengunjungi Kampung Sampireun atau Kamojang Green Hotel & Resort Atau Ke Kebun Mawar, jalurnya yah kesitu. Cuman kalo lokasi kawah kamojang ini berada terus diatas, kurang lebih 25 – 45 menit perjalanan dari belokan Indomart yang menuju mulih ka Desa. Selain beberapa destinasi dan akomodasi diatas, kita akan melewati Konservasi Elang yang berada di sebelum Indonesian Power.

  • Jalur Majalaya

Rutenya Bandung-Majalaya-Ibun-Kamojang. Kalo dulu sih jalur yang mau kesini itu sangat sempit, rusak berat, dan juga nanjak. Tapi kalo sekarang karena sudah ada jalur yang melalui Jembatan Kuning atau Jembatan hill Bridge Anda bis amenggunakan jalur tersebut. Kondisi jalannya sangat bagus, lebar tapi kalo tanjakannya sih masih tetap nanjak. Tapi enak kok kalo sekarang melalui jalur ini. pasalnya lebih dekat dan juga jalannya bagus.

Udah yah kawan segitu aja informasinya tentang Kawah Kamojang Garut :). Soalnya saya juga bingung apalagi yah yang perlu Anda ketahui. Ya udah nanti kalo udah kepikiran apalagi yang perlu Anda ketahui tentang objek wisata ini informasinya akan langsung saya update. Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu Anda para pembaca. Bila ada yang salah menurut pendapat para pembaca saya mohon sekali untuk ketersediaanya memberi tahu kami dalam kolom komentar dibawah!

KOMENTAR