Kawah Talaga Bodas Garut

39

Tahukah Anda bahwa di Garut ada satu lagi objek wisata pegunungan yang tidak kalah menarik dari Kawah Putih Ciwidey Bandung yaitu Kawah Talaga Bodas Garut. Kawah ini terletak tepatnya di Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut Jawa barat. Objek wisata ini berbentuk sebuah danau kecil atau talaga. Talaga ini terbentuk dengan sendirinya akibat kawah panas dari gunung talaga bodas. Review lengkapnya bisa Anda baca dibawah ini !

Kawah Talaga Bodas Garut

Mengapa dinamai dengan Kawah Talaga Bodas Garut ?. Mungkin Anda juga para pembaca ingin tahu alasannya. Objek wisata ini dinamai Talaga Bodas Garut karena bentuk tempatnya seperti Talaga dengan warna bodas atau putih. Itulah sebabnya mengapa dinamai dengan Kawah Talaga Bodas Garut.

Objek wisata ini merupakan satu dari banyaknya objek wisata yang populer di Garut seperti Gunung Papandayan, Pantai Santolo dan juga Kebun Mawar Situhapa. Selalu dipenuhi para wisatawan dari berbagai kota seperti Bandung dan Jakarta. Selain itu tempat ini juga tak jarang menjadi lokasi untuk kegiatan kunjungan dari para perusahaan yang melaksanakan gathering di Garut.

Apabila weekend sudah tentu objek wisata ini selalu penuh terutama oleh para pemuda dan juga pemudi lokal. Selalu menjadi tempat yang cocok untuk berfoto selpie dan juga sebagai tempat untuk foto preewed. Nah apabila kebutulan Anda para pembaca ingin melaksanakan foto preewed tempat wisata ini dapat menjadi rekomendasi saya. Karena background yang akan didapat nantinya akan sangat keren dan membuat Anda tampil sangat keren pula.

Ohh iyah sangat disayangkan, meskipun tempat wisatanya memiliki pemandangan yang keren akan tetapi fasilitasnya sangat kurang. Mungkin belum ada pengelola pihak setempat yang bisa memanfaatkan hal tersebut. Kendala lainya adalah akses jalan yang sempit dan juga kurang bagus membuat Anda mungkin akan setengah hati mengunjunginya. Mudah-mudahan kedepannya kedua hal tersebut sudah diperbaiki oleh pengelola setempat. Amiin

Wisata Talaga Bodas Garut

Kawah Talaga Bodas Garut memang masih mempunyai aktivitas vulkanik. Akan tetapi tempatnya sudah sangat aman dan juga tidak berbahaya. Jadi untuk Anda yang ingin berwisata kesini jangan khawatirkan hal tersebut. Kawasannya yang masih hijau dan juga rimbun serta berbatasan dengan hutan mungkin akan membuat Anda wisatawan dari kota-kota besar betah.

Anda akan menemukan suasana yang segar serta pemandangan yang menyegarkan mata Anda sehingga penat Anda akan sedikit terobati. Kemarin juga saya beserta kawan-kawan HDG Sempat melaksanakan kunjungan wisata kesini. Kemarin itu pada saat ada kegiatan offroad di Garut yang jalurnya melalui Kawah Talaga Bodas ini. Disana saya juga sempat membuat sebuah cuplikan video singkat preewed dan hasilnya bisa Anda lihat di video dibawah ini.

Ingat yah sebelum Anda melanjutkan membaca lihat dulu videonya. hhee,, Mungkin videonya sih tidak bagus akan tetapi cukuplah untuk membuat Anda tertarik mengunjunginya. Nah berikut ini juga saya memiliki beberapa dokumentasi foto tentang kawah talaga bodas Garut ini.

Tempat Wisata Yang Bisa di Kunjungi

Berkunjung ke objek wisata Kawah Talaga Bodas Garut dengan membawa keluarga ataupun pasangan adalah hal yang tepat. Mengingat objek wisata ini adalah tempat yang romantis. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi disini selain area kawah, beberapa diantaranya seperti : Kolam Rendam Air Panas dan Pancuran 7.

Bila Anda ingin mengunjungi kolam rendam air panas alami ini, Anda bisa berjalan ke arah kanan dari area kawah. Lokasinya berjarak kurang lebih 200 Meter. Anda bisa berjalan kaki atau bisa juga dengan menggunakan ojeg. Karena biasanya ada ojeg yang juga melewat dan menawarkan tumpangan ke area kolam rendam tersebut.

Sedangkan bila Anda ingin mengunjungi Pancuran 7 dari area kawah, Anda bisa berjalan kesebelah kiri. Kolam rendam ini dipercaya oleh masyarakat setempat akan keberkahannya. Dari lokasi area parkir, lokasi pancuran 7 ini terletak sekitar 1 KM.

Ohh iyah saya lupa menyebutkan bahwa di area kawah sudah tidak terdapat warung – warung kecil ataupun semua yang menjual makanan. Maka dari itu ada baiknya sebelum naik ke atas, Anda membeli makanan terlebih dahulu di bawah. Tepatnya di 500 – 700 dari warung tersebut ke area kawah.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk objek wisatanya, mungkin saya tidak akan terlalu panjang lebar menjalaskan. Hanya dengan membayar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 7.000,- / orang untuk wisatawan lokal Anda sudah bisa menikmati seluruh kawasan area tempat wisata ini. sedangkan bila untuk wisatawan asing, hanya perlu membayar Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 150.000,- / orang.

Biaya parkir / lainya

  • Sepeda Rp 2000 (hari biasa), dan Rp 3000 (hari libur)
  • Kendaraan Roda 2 atau motor Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
  • Mobil Rp 10.000 (hari biasa), dan Rp 15.000 (hari libur)
  • Bus 6 Rp 50.000 (hari biasa), dan Rp 75.000 (hari libur)
  • Rombongan pelajar/mahasiswa Rp 4000 per orang (hari biasa), dan Rp 4500 per orang (hari libur)
  • Foto komersial atau pre wedding Rp 250.000

Lokasi

Alamat lengkap kawah talaga bodas garut terletak di Wanajaya, Jalan Telaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183. Berjarak sekitar 28 Km dari pusat kota Garut. Bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 dan juga kendaraan roda 4. Berikut google mapsnya.

 

KOMENTAR