Kebun Binatang Cikembulan Garut

604

Kota Garut memang merupakan salah satu kota dengan beragam objek wisata yang lengkap. Selain objek wisata alam, pegunungan, pantai terdapat juga objek wisata buatan yang menarik. Diantara banyaknya objek wisata buatan yang ada di Garut, kali ini saya akan membahas salah satunya yaitu Kebun Binatang Cikembulan.

Kebun Binatang Cikembulan Garut


Kebun Binatang Cikembulan adalah salah satu tempat wisata di Garut yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Objek wisata ini juga dikenal dengan nama Taman Satwa Cikembulan. Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini adalah keluarga ataupun rombongan sekolah. Akan tetapi meskipun kebanyakan yang datang adalah wisatawan lokal, wisatawan luar kota Garut pun seperti Bandung dan Jakarta sering melakukan kunjungan wisata kesini.

Kebun binatang ini dibangun dengan konsep nuansa alami sehingga wisatawan yang datangpun akan merasakan seperti berada di sebuah hutan. Disini anak-anak bisa belajar memahami berbagai jenis spesies. Mengenalkan anak-anak kita terhadap berbagai jenis hewan adalah pilihan yang tepat disini. Oleh karena itu, konsep belajar sambil bermain bisa Anda terapkan disini.

Kebun Binatang Cikembulan kebanyakan dikunjungi oleh anak-anak sekolah baik itu lokal maupun luar kota. Mulai dari anak sekolah PAUD, SD, SPM, sampai SMA. Hal ini dilakukan supaya para murid tidak terlalu ketika belajar di sekolah. Karena menurut mereka bukan hanya para pekerja saja yang butuh hiburan tapi anak-anak sekolahpun sangat memerlukannya.

Terkadang ada beberapa keluarga yang memang juga sering sengaja mengjak anak-anaknya liburan ke kebun binatang ini. Seperti pada hari weekend dan juga hari-hari libur sekolah lainya. Oleh karena itu sudah jelas objek wisata ini selalu penuh dikunjungi pada hari-hari tersebut. Akan tetapi rekomendasi bagi Anda jika ingin mengajak anak Anda liburan di kebun binatang ini memang seharusnya pada hari-hari tersebut. Karena anak biasanya suka dengan keramaian.

Berbagai Spesies Hewan Yang Ada di Cikembulan


Bukan hanya anak saja yang perlu mengetahui berbagai jenis spesies hewan disini. Akan tetapi kita juga mungkin sebagai orang dewasa bisa lebih mengenal berbagai jenis hewan spesies tersebut serta dapat melihatnya secara langsung. Berbagagai spesies hewan yang berada disini diantaranya :

  1. Spesies Mamalia diantaranya : Kangguru, kuda poni, beruang madu, anjing pitbull, landak, kijang dan rusa tutul.
  2. Reftilia diantaranya : Buaya dan ular
  3. Primata diantaranya : Lutung merah, wau – wau, siamang, orang utan dan kera jawa
  4. Pisces yaitu Ikan
  5. Jenis Apes dan juga Burung diantaranya : Belibis, angsa putih dan hitam, elang, kasuari, burung rangkong, merak, pelican dan berbagai burung lainya.
  6. Hewan langka diantaranya : Macan tutul jawa serta harimau sumatera.

Berbagai jenis spesies hewan diatas, bisa Anda lihat langsung di kebun binatang ini. Hewan-hewan yang langka pun bisa Anda kenalkan ke anak-anak Anda. Karena mungkin suatu saat ketika anak Anda dewasan hewan langka tersebut sudah punah. Ada sebanyak 159 satwa dengan 40 jenis spesies disini yang mungkin bisa Anda pelajari.

Fasilitas


Nah selain Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk bisa mengenal lebih dekat dengan berbagai spesies. Di Taman Satwa Cikembulan ini juga, Anda bisa benar-benar mengajak anak Anda untuk happy yaitu dengan bermain di berbagai arena permainan yang disediakan disana. Arena tersebut sengaja dibuat untuk memaksimalkan kebutuhan yang diperlukan untuk wisatawan. Arena permainan tersebut diantaranya :

  • Seluncuran
  • Kuda tunggang
  • ATV
  • Masih banyak fasilitas lainnya

Di berbagai fasilitas yang disediakan disini, anak-anak Anda benar-benar akan merasakan liburan. Keuntungannya selain anak Anda bisa belajar, Anak Anda juga bisa senang karena liburannya seru.

Jika Anda kurang puas dengan arena permainan diatas, disini juga disediakan berbagai fasilitas yang lainya seperti Gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Lelah seharian mengelilingi kawasan wisata ini, tentunya istirahat di tempat yang teduh sangat Anda perlukan.

Paket Wisata / Gathering di Cikembulan

Bagi Anda rombongan yang ingin melaksanakan gathering, tidak menutup kemungkinan untuk melaksanakan kunjungan wisata kesini. Karena bukan hanya sekali rombongan wisata yang melakukan wisata ke kebun binatang cikembulan ini. Disini juga sudah disediakan tempat yang cukup luas untuk outbound. Kegiatan gathering disinipun didukung dengan tersedianya pendopo yang mampu memuat sampai 100 orang.

Pendukung kedua adalah adanya penginapan yang disewakan juga disini. Jadi untuk Anda keluarga yang kurang puas mengajak anaknya main atau liburan disini selama 1 hari, Anda bisa menginap disini dengan harga sewa Rp. 300.000,- / malam. Pastinya liburan Anda akan semakin berkesan bukan. Pokoknya untuk fasilitas, semuanya tersedia disini sobat sehingga akan mencukupi segala kebutuhan Anda.

Anda yang merasa lapar, tak perlu jauh-jauh makan diluar sana, karena disediakan juga disini Restoran yang mampu menampung banyak orang. Sehingga kegitan gathering dengan makan siang atau makan malam disini pun bisa dilakukan.

Lokasi


Mungkin dari tadi Anda sudah bosan mendengar kata-kata saya. mohon di maklum yah hhee. Adapun lokasi dari objek wisata cikembulan ini terletak di Kampung Jati, Ds. Cikembulan, Kec. Kadungora, Kab. Garut, Jawa Barat. Lokasinya cukup dekat dengan Bandung dan bisa di bilang perbatasan antara Garut dan juga Bandung. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat di google maps berikut ini !

 

Harga Tiket Masuk


Berbicara harga tiket masuk, sebenarnya tempat-tempat wisata yang ada di Garut selain objek wisata ini terbilang cukup mahal. Mohon di maklum yah 🙂 Anda sudah pasti tahu, isu tentang tempat kota Garut bahwa merupakan kota termahal. Dan itu memang benar sobat terbukti dengan berbagai tempat wisata dan juga hotelnya yang mahal-mahal.

Sementara menurut saya untuk tiket masuk objek wisata yang satu ini tidak terbilang mahal lho sobat. Hanya Rp. 12.000,- / orang untuk orang dewasa dan Rp. 6.000,-/orang untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam dan juga melihat langsung berbagai jenis hewan yang ada disaana.

KOMENTAR