Keindahan Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Wonosobo

654

Tempat Wisata di Wonosobo, Daerah ini adalah salah satu Kabupaten yang masuk Provinsi Jawa Tengah. Meskipun luas daerahnya tidak sebanding dengan kabupaten lainnya Wonosobo memiliki pesona alam yang indah. Tidak heran jika potensi wisata Wonosobo menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara. Wonosobo juga menjadi tujuan wisata kedua setelah Kabupaten Magelang dengan Borobudur yang sudah mendunia dan dijadikan sebagai wisata andalan Provinsi Jawa Tengah.

Sebagian orang tahu dan mengenal kabupaten Wonosobo karena memiliki tempat wisata alam Dieng yang mempesona dan indah yang syarat akan budaya. Namun masih banyak yang belum tahu jika Wonosobo masih menyimpan banyak sekali wisata alam yang menarik dan wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Wonosobo

Wonosobo sendiri dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tingi, diantaranya adalah Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Perahu yang sedang hits dan masih banyak pegunungan lainnya yang tidak kalah indah.

Untuk Anda yang berencana liburan ke Kabupaten Wonosobo ini, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan referensi untuk liburan Anda, diantaranya adalah sebagai berikut.

Daftar Tempat Wisata di Wonosobo

1. Wisata Curug Sikarim

Tempat wisata alam pertama yang ada di Wonosobo adalah objek wisata Curug Sikarim yang lokasinya tidak jauh dari Telaga Menjer. Curug Sikarim ini berada di Desa Mlandi, di Kecamatajn Garung, Kabupaten Wonosobo. Namun perlu Anda ketahui akses menuju ke objek wisata Curug Sikarim ini masih sangat ekstrem dan membutuhkan tenaga ekstra, karena Anda harus melewati hutan dengan berjalan kaki.

Curug Sikarim ini masih terjaga keasrianya, sehingga air dan juga pepohonan yang ada di Curug ini sejuk dan sangat mempesona. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke wisata Curug Sikarim ini, sebaiknya menyewa guide yang bisa didapatkan dari warga lokal terlebih ketika waktu sudah mulai sore.

2. Kebun Teh Tambi

Selanjutnya ada Kebun Teh Tambi yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat karena objek wisata ini jauh dari kebisingan dan jauh dari polusi. Sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan dengan hamparan kebun teh yang didominasi warna hijau membuat suasana hati pun menjadi tenang dan tenteram.

Lokasi Tempat Wisata di Wonosobo ini ada di Kecamatan Garung. Yakni berada di jalan arah menuju ke wisata Dieng. Tidak hanya hamparan kebun teh saja yang ada di sana, Anda juga bisa mengunjungi wisata industri karena terdapat pabrik teh tambi. Di pabrik tersebut Anda diperbolehkan melihat semua proses pengolahan dari pembuatan teh tambi yang sudah terkenal.

Wisata alam kebun tambi ini terhampar luas berada di lereng Gunung Sindoro, dengan ketinggian sekitar 1.200 sampai 2.000 mdpl atau meter di atas permukaan laut. Sementara untuk suhu rata-rata di wisata teh tambi ini minimal 15 derajat celcius sampai dengan suhu maksimal 24 derajat Celcius.

Fasilitas di kebun teh tambi juga sudah bisa dibilang lengkap, karena di sana Anda bisa melihat kolam pemancingan, pondok wisata, taman bermain, lapangan tenis, kebun dan juga pabrik teh Agrowisata Tambi yang menjadi andalan para wisatawan.

3. Telaga Menjer

Tempat Wisata di Wonosobo Telaga Menjer. Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, jika Curug Sikarim letaknya tidak jauh dari Telaga Menjer. Telaga Menjer bisa menjadi tempat wisata andalan untuk Anda yang akan berkunjung ke Wonosobo. Karena Telaga Menjer ini memiliki panorama yang indah nan sejuk.

Telaga Menjer ini sebenarnya sudah terbentuk sejak dahulu kala yang disebabkan letusan vulkanik yang terjadi di kaki Gunung Pakuwaja. Dahulu air yang ada di Telaga Menjer ini hanya dari beberapa sumber mata air kecil yang terdapat di Telaga dan hanya mengandalkan curah hujan yang kebetulan cukup tinggi di daerah tersebut.

Letaknya ada di Desa Maron, di kecamatan Garung masuk Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Uniknya Anda bisa berkeliling Telaga Menjer ini dengan menggunakan perahu warga setempat dengan dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mengelilingi Telaga Menjer sembari menikmati pemandangan yang indah nan mempesona.

4. Waduk Wadaslintang

Waduk ini memiliki luas sekitar 3.000 ha yang terletak di perbatasan antara Kebumen dan Kabupaten Wonosobo. CekDAM tersebut merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Selain dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik, transportasi air dan irigasi, Waduk Wadalintang juga menjadi tempat wisata andalan yang ramai dikunjungi wisatawan.

5. Arum Jeram Serayu

Selanjutnya ada tempat Wisata di Wonosobo yang populer dengan sebutan Alam Arum Jeram Serayu. Objek wisata ini cocok sekali untuk Anda yang suka memacu adrenalin. Arung jeram ini semakin lama semakin populer dan juga diminati oleh anak muda yang suka tantangan untuk memacu adrenalin dalam menaklukkan keganasan aliran sungai Serayu.

Sungai ini sendiri terletak di Kabupaten Wonosobo dan kabup0aten Banjarnegara. Sungai ini berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut yang sangat mudah dijangkau karena letaknya yang berada di pinggir jalan raya, dimana jalan raya tersebut adalah jalan yang menghubungkan kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

6. Pemandaian Air Panas Kalianget

Setelah berkunjung ke tempat wisata Dieng ddan sekitarnya, perjalanan pulang bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Pemandian Air panas Kalianget. Di tempat wisata ini Anda bisa mandi untuk menghilangkan penat dan juga lelah setelah seharian jalan-jalan di tempat-tempat wisata. Lokasinya ada di jalan Dieng Km 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

Di tempat ini juga disediakan taman rekreasi dan lapangan olahraga yang berada di dalam satu kompleks, dengan dilengkapi fasilitas seperti kolam renang, lapangan bola atau stadion, lapangan tenis, hutan kota, taman bermain dan pemandian air panas dan dingin.

7. Telaga Warna

Selain Telaga Menjer, Wonosobo juga memiliki tempat wisata yang keindahannya sudah menyebar ke berbagai belahan dunia yaitu Telaga Warna. Hampir setiap orang tahu tempat wisata ini meskipun belum tentu tahu bahwa telaga warna tersebut berada di Kabupaten Wonosobo.

Telaga Warna ini menjadi salah satu ikon wisata Wonosobo khususnya daerah Dieng. Menurut legenda warna yang muncul di telaga warna ini karena pada zaman dahulu kala ada sebuah cincin yang dimiliki oleh bangsawan jatuh ke dalam Telaga Warna tersebut. namun secara ilmiah warna yang ada di telaga warna ini merupakan pembiasan cahaya pada endapan dari belerang yang ada di dasar telaga.

8. Bukit Sikunir

Siapa yang tidak mengenal Tempat Wisata di Wonosobo yang bernama Sikunir?. Rasanya hampir semua orang mengenal dan pernah ke Bukit Sikunir. Namun bagi yang belum pernah tentu sangat penasaran, seindah apakah Bukti Sikunir sampai setiap harinya dipadati oleh wisatawan.
Bukit Sikunir merupakan sebuah bukit yang berada di Desa Sembungan yang merupakan desa paling tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Bukit yang memikiki keitinggian 2.200 mdpl ini dinamakan bukit sikunir karena dengan jelas bisa melihat golden sunrisenya yang sangat mempesona.

Pesona golden sunrisenya inilah yang membuat siapa saja penasaran untuk mengunjungi bukit yang sinar mataharinya berwarna kekuningan, tidak heran jika bukit ini dinamakan Sikunir. Dimana nama kunir ini adalah bahasa jawa dari kunyit.

Bagi yang suka mendaki, Anda bisa melakukan pendakian ke Gunung Sindoro dengan melalui jalur Sigedang atau bisa mendaki ke Gunung Perahu yang berada di Desa Patak Banteng. Selain dua gunung tersebut Anda juga bisa mendaki Gunung Sumbing, Gunung Pakuwaja dan gunung-gunung lainnya.

Sudah 3 Kabupaten yang HdG Team sampaikan, Tempat Wisata di Kebumen, Tempat Wisata di Tegal dan kali ini Wonosobo. Sudah dipastikan nanti akan ada postingan mengenai hotel dan penginapan di Wonosobo.

Peta Lokasi Kabupaten Wonosobo

Save

KOMENTAR