Leuwi Tonjong Garut, Untuk Spot Foto Yang Keren

1070

Sedang mencari tempat wisata di Garut yang paling cocok untuk di eksplor bareng teman ? Mencari tempat yang paling cuco untuk koleksi foto pribadimu. Ingin mengajak teman-teman untuk touring seru-seruan mencari tempat wisata yang jarang orang kunjungi. ? Pilihan yang tepat, Anda bisa melakukan touring atau wisata ke Leuwi Tonjong Garut.

Garut memang salah satu kota dengan objek wisata yang lengkap. Selain banyak wisata populer di Garut yang menasional, ada pula wisata di Garut yang tersembunyi. Mungkin bukan hanya satu akan tetapi ada beberapa yang pemandangannya bisa menandingi tempat wisata manapun. Salah satunya adalah yang akan saya ulas berikut ini yaitu, Leuwi Tonjong Garut.

Sekilas Tentang Leuwi Tonjong Garut


Nama-nama tempat wisata yang tersembunyi di Garut memang banyak yang unik, setelah ada leuwi jurig, ada juga leuwi tonjong. Pengambilan dari nama leuwi tonjong ini sebenarnya saya juga tak mengerti dari mana asalnya. Akan tetepi ada sebagian yang berpendapat nama ini diambil karena aliran air dari sungai yang mengalir tenang. Nah sungai itulah yang disebut oleh masyarakat sana sebagai leuwi. Sedangkan nama tonjong sendiri katanya, ” ini baru katanya yah, gak tahu pastinya ” diambil dari apitan dua tebing dari sungai tersebut. Maka disebutlah oleh masyarakat sana sebagai Leuwi Tonjong.

Leuwi Tonjong Apitan dua tebing Berenang di Leuwi Tonjong Garut

Mungkin agak sedikit ngaco memang, akan tetapi apa boleh buat. masyarakat sana  yang mengelolanya, jadi hak mereka ingin menamai tempat wisata tersebut dengan nama apapun. Sebenarnya ada sebuah air terjun kecil disana dengan aliran sungai yang cukup deras. Akan tetapi tidak dinamai Curug seperti layaknya air terjun yang lain karena air terjun disini ukurannya sangat kecil. Oleh karena itu masyarakat sana lebih pantas menyebutnya sebagai leuwi.

Leuwi Tonjong Memiliki Pemandangan Untuk Spot Foto Yang Keren


Pemandangan Leuwi Tonjong Garut

Coba Anda lihat foto diatas, keren bukan pemandangannya ? Saat Anda berfoto disini orang yang tidak tahu tempatnya gak bakal nyangka Anda berfoto di kota Garut. Mungkin orang lain akan menganggapnya Anda berfoto di sebuah tempat wisata yang jauh disana. Aliran air sungai yang bening dengan udara yang sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

Leuwi Tonjong adalah salah salah satu surga yang tersembunyi di Garut. Sebenarnya yang membuat tempat wisata ini menjadi spot foto yang keren abis adalah keuda tebing tinggi yang mengapit sungai atau leuwi tersebut. Selain itu ada juga air terjun kecilnya yang menambah kesan indah di foto.

Touring Ke Leuwi Tonjong Garut

Tempat ini juga merupakan pilihan yang cocok untuk Anda yang suka touring bareng teman, mencari tempat wisata yang jarang orang kunjungi. Bagi mereka mungkin sebuah perjalanan yang jauh dan juga berat bukan merupakan sebuah halangan. Akan tetapi itulah yang mereka cari. Keseruan touring menggunakan motor bareng teman untuk mengunjungi leuwi tonjong supaya bisa mendapatkan foto yang keren abis untuk di upload ke instagram, adalah suatu kepuasan bagi mereka.

” Tips dari saya untuk Anda yang ingin melakukan wisata ke sini jangan lupa untuk untuk membawa baju ganti dan juga kamera yah teman !!!

Wisatawan Yang Sering Berkunjung


Leuwi juring adalah tempat wisata yang tercembunyi di Garut. Jadi tidak sembarang orang bisa menemukan tempat wisata yang satu ini. Lokasinya terletak di Kecamatan Cihurip Garut yang akses perjalanannya mungkin cukup jauh dan juga berat. Wisatawan yang datang kesini kebanyakan adalah orang lokal Garut. Akan tetapi banyak juga wisatawan dari kota Bandung dan sekitarnya yang melaksanakan touring kesini.

Tempat wisata kurang cocok untuk mereka yang membawa rombongan yang cukup banyak untuk melakukan gathering ataupun outing. Mungkin tempat ini sangat cocok untuk anak-anak motor dan mereka anak-anak muda yang suka mengeksplor tempat wisata. Anda harus tahu, membawa pasangan ke tempat ini adalah pilihan yang tepat karena tempatnya cukup romantis.

Oleh karena itu, kebanyakan wisatawan yang datang kesini merupakan anak muda bersama pacarnya, anak-anak motor bareng rombongannya. Dan banyak juga blogger-blogger yang datang dengan sengaja untuk mengeksplor tempat wisata yang tersembunyi di Garut ini.

Fasilitas


Leuwi Tonjong Garut adalah tempat yang belum begitu terkenal dan juga populer di Garut. Oleh karena itu, pihak pengelola tempat wisata ini pun masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, fasilitas disini masih apa adanya. Fasilitas yang disediakan di tempat ini mungkin hanya ada Mushola, Toilet dan juga Warung Makan. Jadi Anda mungkin memaklumi, fasilitas disini masih belum memadai.

Untuk fasilitas tempat menginap jelas belum tersedia disini. Paling untuk Anda yang memang ingin menikmati leuwi Tonjong ini di malam hari, Anda bisa melaksanakan camping disini.

Akses Jalan


Untuk mengjangakau lokasi Leuwi Tonjong Garut ini, memang perjalanan yang Anda perlukan cukup lumayan jauh dan treck nya lumayan berat. Apalagi untuk Anda wisatawan dari luar kota Garut. Lokasinya dari pusat kota Garut kurang lebih 1 jam 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Oleh karena itu tipsnya kali ini jangan lupa untuk mengisi full bensin kendaraan Anda.

Bila Anda pernah mengunjungi Curug Nyogong dan Curug Cibadak, akses jalan ke leuwi Tonjong ini pun sama. Memang cukup tersembunyi tempatnya, oleh karena itu saat akan sampai ke lokasi Anda akan dihadapkan dengan kondisi jalan yang sempit, berbatu, curam serta menanjak. Dikala musim hujan, saya tidak menyarankan untuk Anda berkunjung kesini, karena jalannya cukup licin dan juga sangat becek.

Untuk akses jalanya sendiri Anda yang suka menggunakan GPS atau Google Maps bisa menggunakannya. Anda bisa cari di google maps dengan kata “Leuwi Tonjong”. Jaraknya sekitar 58,2 KM dari pusat kota Garut. Perlu di ingat bahwa lokasi leuwi juring ini cukup membingungkan bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya. Jadi perlu berhati-hati yah saat mengunjunginya.

Tiket Masuk Leuwi Jurig


Saat Anda ingin melaksanakan kunjungan kesini, jangan lupa untuk menyiapkan biaya masuknya yaitu Rp. 15.000,- /orang. Memang agak cukup mahal sih untuk tempat wisata yang fasilitasnya seperti ini. Tapi soal pemandangannya dijamin tiada duanya.

Lokasi


Leuwi Tonjong beralamat lengkap di kampung Rentog, Ds. Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab, Garut, Jawa Barat. Berikut Jalur di Google Mapsnya !

KOMENTAR