Info Lengkap Wisata Museum Purbakala Sangiran Jawa Tengah

125

Hotel di Indonesia terus membahas beberapa informasi mengenai Tempat Wisata di Kabupaten Sragen. Kali ini pembahasan sudah sampai pada Museum Purbakala Sangiran, artikel sebelumnya pembahasan dilakukan mengenai wisata Technopark ganesha sukowati. Informasinya bisa Anda lihat selengkapnya DISINI!.

Nah dibawah ini saya akan uraikan lengkap tentang informasi museum purbakala sanggiran yang merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal disana. Simak informasinya di bawah ini !

Sekilas Tentang Museum Purbakala Sangiran


Museum Purbakala Sangiran namanya, tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib untuk Anda ketahui dan tentunya wajib Anda kunjungi. Rugi apabila sedang main ke kabupaten Srigen, Jawa Tengah namun tidak main ke tempat wisata yang satu ini. Museum sangiran ini merupakan salah satu tempat penyimpanan fosil-fosil manusia jaman dahulu (Purba).

Disini Anda bakal menemukan banyak fosil kehidupan di jaman purba. Baik itu fosil manusia, fosil-fosil budaya manusia purba hingga tanaman dan binatang purba fosilnya. Oleh karena itu tempat ini sangat cocok untuk Anda jadikan tempat liburan sekaligus tempat pendidikan Anda sekeluarga. Jadi bukan hanya liburan yang hanya Anda dapatkan ditempat ini namun ada juga pendidikannya.

Museum ini juga merupakan salah satu museum dengan fosil insan purba yang paling lengkap di Jawa Tengah. Berlokasi di Ds. Krikilan Kec. Kalijambe Kab. Sragen Prof. Jawa Tengah. Memiliki lahan yang sangat luas yaitu mencapai 56 Kilo Meter Persegi. Salah satu wisata di sragen ini juga terletak di lokasi yang strategis yaitu mencakup 4 kecamatan diantaranya : Gemolong, Kalijambe, Plupuh serta kecamatan Gondang Rejo.

Daya Tarik Wisata


Museum purbakala termasuk salah satu kawasan wisata nasional di Jawa tengah. Oleh karena itu setiap harinya banyak wisatawan yang sering berkunjung. Kunjungan wisatawan yang datang bisa naik 2 kali lipat di libur weekend dan hari libur besar lainya. Ada beberapa daya tarik yang membuat wisatawan baik itu lokal maupun luar kota Jawa Tengah sengaja jauh-jauh datang.

Museum ini merupakan sebuah tempat dimana perkembangan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk penelitian di bidang Antropologi, Biologi, Paleoantropologi, Geologi dan Pariwisata. Oleh karena itu banyak hal yang bisa didapatkan wisatawan disini, jadi bukan hanya hiburan semata.

Adanya museum purbakala ini merupakan manfaat bagi kehidupan masyarakat Jawa Tengah. Masyarakat sragen jawa tengah dan juga setiap wisatawan yang berkunjung dapat mempelajari kehidupan manusia prasejarah. Museum ini dilengkapi dengan fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya.

Dari Mana Fosil-Fosil Itu Ditemukan ?


Mungkin diantara Anda ada yang bertanya dari mana fosil-fosil itu datang atau ditemukan ?

Fosil Manusia Purba di Sangiran
Fosil Manusia Purba di Sangiran

Di daerah Sangiran kab. sragen, Jawa Tengah tempat museum ini berada terdapat sebuah sungai atau kali yang memiliki pemandangan yang lumayan indah. Kali atau sungai itu bernama Kali Cemoro dengan muara di Bengawan Solo. Ada hal yang tak terduga di daerah tersebut, yaitu di daerah tersebut selalu mengalami pengikisan tanah sehingga terbentuk dengan terang.

Dari kikisan lapisan tanah itulah akhirnya banyak fosil manusia prasejarah ditemukan. Bukan hanya itu dilapisan tanah itu juga banyak ditemukan fosil hewan purba. Pemerintah setempat dan pengelola terkait akhirnya membuat sebuah museum bernama Purbakala Sangiran. Nah tempat itulah yang dipakai untuk menyimpan fosil-fosil unik tersebut.

Pada peringatan 20 tahun di Merida, Meksiko Museum Purbakala Sangiran akhirnya dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia nomor 593 oleh komite World Heritage. Dan pada saat itulah museum ini menjadi tempat bersejarah yang mempunyai tugas yang sangat penting dalam memahami proses evolusi insan. Juga yang menarik adalah museum purbakala menjadi sutus purbakala yang paling lengkap se asia bahkan dunia.

Sejarah Singkat Museum Purbakala Sangiran


Fosil yang Ditemukan di Museum Purbakala1
Fosil yang Ditemukan di Museum Purbakala1

Awal mula museum purbakala ini dimulai adalah ketika adanya ekplorasi fosil manusia purba di sangiran oleh P.E.C Schemulling di tahun 1883. Penelitian itu sempat terhenti dan dilanjutkan oleh Eugene Dubois.

Karena penelitian Eugene Dubois berasa tidak terlalu insentif, penelitian tersebut dilakukan kembali di tahun 1934 oleh Gustav Heinrich Ralph Von Goeningswald. Ada beberapa fosil yang berhasil ditemukan pada saat itu diantaranya :

  • Pithecantropus erectus
  • Meganthropus palaeojavanicus
  • Dan berbagai fosil binatang

Pada tahun 1977 Pemerintah Indonesia menetapkan kawasan sekitar Sangiran seluas 56 km2 sebagai daerah cagar budaya. Kemudian pada tahun 1988 didirikan museum sederhana di lokasi kawasan sangiran. Pada tahun 1996 Situs Sangiran ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. tempat ini sampai sekarang slalu di kunjungi pengunjung.

Koleksi Yang Ada Sampai Saat Ini di Sangiran


Fosil yang Ditemukan di Museum Purbakala
Fosil yang Ditemukan di Museum Purbakala

Nah setelah mengalami penelitian sampai beberapa tahun hingga saat ini, akhirnya banyak fosil lain yang banyak di temukan di museum ini. Adapun berbagai fosil yang berhasil ditemukan dan sekarang sudah ada di museum purbakala sangiran diantaranya :

Fosil Tumbuhan Laut 

  • diatomit yaitu endapan dari ganggang laut diatomea.

Batuan

  • Rijang
  • Kalsedon
  • Agate, merupakan bahan pembuatan alat-alat dari batu yang banyak ditemukan di daerah Sangiran maupun di sekitar Pegunungan Kendeng.

Fosil Binatang Air

  • Crocodillus sp. (buaya)
  • Ikan
  • Kepiting
  • Gigi ikan hiu
  • Hippopotamus sp (kuda nil)
  • Moluska (kelas Pelecypoda dan Gastropoda)
  • Foraminifera dan Chelonia sp(kura-kura)

Ket. Binatang-binatang ini merupakan sisa-sisa binatang yang muncul sejak zaman Akhir Pliosen.

Fosil Manusia Homo Sapiens

  • Fosil Hewan Bertulang Belakang (Vertebrata)
  • Elephas namadicus (gajah)
  • Stegodon trigonocephalus (gajah purba)
  • Mastodon sp (gajah)
  • Bubalus palaeokarabau (kerbau)
  • Felis palaejavanica (harimau)
  • Sus sp. (babi)
  • Rhinocerous sondaicus (Badak)
  • Bovidae (sapi, banteng)
  • Cervus sp (rusa).

Cetakan Fosil Manusia Purba

  • Australopithecus Africanus
  • Phithecanthropus Modjokertensis
  • Homo Neanderthal Eropa
  • Pithecanthropus erectus
  • Pithecanthropus Soloensis
  • Homo Neanderthal Asia
  • Homo Sapiens sapiens.

Harga Tiket Masuk Wisata

Bagaimana sobat apakah Anda sudah tertarik untuk melakukan kunjungan wisata kesana ?

Jika memang iya, Anda pasti ingin mengetahui harga tiket masuk wisatanya kesana. Tentu pasti karena Anda juga tentunya harus menghibung berapa dana atau budget yang perlu Anda keluarkan ketika mengajak liburan keluarga, teman, pacar ataupun rombongan.

Anda tak perlu mengkhawatirkan kalau uang Anda akan habis hanya untuk biaya tiketnya. Karena biaya masuk kesini sangat murah kok hanya Rp. 5.000,- / orang bagi wisatawan domestik. Dan Rp. 11.500,- / orang untuk wisatawan absurd.

Lokasi


Untuk lokasi Museum purbakala ini beralamat lengkap di Ds. Krikilan Kec. Kalijambe Kab. Sragen Prof. Jawa Tengah.

Tips & Saran


Ada beberapa tips dan saran nih dari hoteldiindonesia.net jika Anda hendak berwisata ke museum sangiran ini.

  1. Jangan lupa bawa bekal makanan dari rumah apabila melaksanakan liburannya bareng keluarga. Atau kalau tidak beli makanannya di perjalanan baik itu di alfamart ataupun di warung. Karena di dalam kawasan museum ini belum tersedia warung.
  2. Jangan membuang sampah sembarangan di kawasan museum. Buanglah sampah pada tempatnya !
  3. Jangan lupa bawa Hp atau kamera untuk dokumentasi foto Anda. Kalo HP saya gak usah sarankan lagi yah, masa lupa.
  4. Disarankan juga bawa bekal obat-obatan dari rumah seperti P3K untuk jaga-jaga apabila terjadi sesuatu selama diperjalanan ataupun di lokasi wisata.
  5. Catat nama-nama untuk fosil yang Anda eksplot untuk bahan pembelajaran untuk Anda
  6. Hati-hati selama dalam perjalanan menuju lokasi wisata.
  7. Jangan lupa upload foto Anda ketika sedang berada di lokasi dan jangan lupa hastag nama objek wisatanya.
  8. Terakhir Selamat Berwisata !

KOMENTAR