Paket Wisata Pantai Santolo, Sayang Heulang + Rancabuaya Garut

Entah apa yang membuat Garut Selatan sekarang banyak diminati oleh wisatawan untuk melaksanakan kegiatan paket wisata. Mungkin saat ini pantai di Garut selatan sudah banyak diketahui potensi wisatanya oleh wisatawan. Karena promosi wisatanya melalui blog, website atau media social sudah tersebar luas. Disini sebelum saya membagikan informasi Paket Wisata Pantai santolo, sayang heulang dan Rancabuaya. Saya akan uraikan terlebih dahulu kegiatan seperti apa yang akan dilakukan untuk paket wisata ini.

Kegiatan Paket Wisata Pantai Santolo


Sudah beberapa kali kami HDG Team (Trip Planner & Event Organizer) melaksanakan paket wisata ke Garut Selatan. Nah kali ini saya akan share kepada Anda salah satu pengalaman saya saat mendampingi rombongan wisata yang melaksanakan paket wisata ke Garut Selatan.

Rombongan wisatawan ini adalah dari SMKN 1 Cimahi dengan yang berwisatanya bukanlah murid akan tetapi guru dan stap sekolah. Jumlah rombongannya mencapai 150 orang dengan melakukan wisata ke Pantai Santolo & Pantai Rancabuaya. Penginapan yang dipilih sebagai tempat bermalamnya adalah Villa Jaya Sakti 4 dan 3 yang berlokasi di Pantai Rancabuaya.

Catatan :

Pilihan menginap di villa jaya sakti ini dilakukan mengingat di kawasan pantai santolo tidak ada penginapan dengan jumlah kamar yang banyak. Selain itu penginapannya di kawasan pantai santolo bertipe guest house. Jadi akan kurang nyaman untuk tempat beristirahat dari guru-guru.

Bus yang kami gunakan untuk membawa rombongan adalah mini bus atau bus 3/4. mengingat jalan yang akan dilalui agak berkelok-kelok dan kecil jadi lebih aman menggunakan mini bus.

Keberangkatan Dari SMKN 1 Cimahi


Kegiatan dimulai dengan keberangkatan dari rombongan guru dan stap dari SMKN 1 Cimahi degan menggunakan mini bus hiace dengan jumlah 4 bus. Perjalanan pertama rombongan berhenti di SBR III (Sumber Rezeki) tempat penjualan oleh-oleh yang berlokasi di tanjung Garut.

Dari SBR III ini tour guide dari HDG Team mulai melakukan penjemputan untuk meneruskan perjalanan menuju ke lokasi pantai. Ada 3 tour Guide yang mendampingi selama perjalan dan masing-masing tour guide masuk ke bus 1,2, dan 3. Setelah semuanya kembali siap perjalananpun dilanjutkan tentunya dengan adanya pengawalan menggunakan 1 motor di depan dan 1 motor di belakang.

Hal ini dilakukan supaya meminimalisir hal buruk terjadi selama dalam perjalanan. Mengingat jalan yang dilalui cukup sulit. Untuk moment ini mohon maaf tidak keburu saya ambil fotonya.

Perjalanan Menuju Hotel ANB (Makan Siang)


Perjalanan pun dimulai, lokasi yang berikutnya akan kita tuju adalah Hotel ANB untuk melaksanakan makan siang disana. Setengah perjalanan kita sudah sampai di Cikajang dan setiap bus mulai memasuki SPBU untuk berhenti sejenak mengisi BBM busnya. Perjalanan dari SBR sampai ke Cikajang ini masih aman, jalan masih agak besar dan juga masih lurus tidak banyak berkelok-kelok.

Rombongan pun masih terlihat aman-aman saja paling ada beberapa yang kebelet ingin buang air kecil. Sebenarnya perjalanan yang berat akan di mulai dari Cikajang menuju lokasi pantai. Setelah semuanya selesai perjalanan pun dilanjutkan, saya pun sebagai tour guide mulai mempersiapkan kantong keresek untuk persiapan siapa tahu ada yang mabuk kendaraan.

Sampai di Batu Numpang, perjalanan mulai terasa berkelo-kelok dengan jalan yang agak sempit. Dari sini lah terlihat beberapa rombongan di bus yang saya tumpangi mulai terasa mual katanya :). Hhee. bus masih terus berjalan dan perjalanan semakin berkelok-kelok dan ada beberapa rombongan yang mulai mabuk kendaraan (muntah).

Satu demi satu beberapa orang muli pusing dengan kondisi jalan dan dari sana mulai banyak yang muntah. Sehinga akhirnya kantong keresek yang saya bagikan pun mulai berguna. 🙂 hhee. Perjalan yang berat tersebut memang agak panjang sehingga mulai banyak dari guru-guru dan stapnya yang mulai tumbang.

Sampai di Lokasi ANB Hotel (Makan Siang)


Setelah beberapa jam perjalanan saya dan rombongan dari SMKN 1 Cimahi sudah sampai di ANB Hotel. Disini tamu rombongan mulai beristirahat sejenak dan ada yang langsung makan pula. Karena makanan sebelumnya sudah dipersiapkan oleh beberapa team kami HDG yang beberapa orang sudah stay dari pagi disana.

Beginilah suasana saat sedang makan di hotel ANB !

Hampir seluruh rombongan dari wisatawan ini beragama muslim. Sehingga selesai beres makan siang mereka langsung melanjutkan kegiatannya dengan shalat dzuhur terlebih dahulu.

Sedikit info. ANB Hotel merupakan salah satu hotel paling bagus yang terdapat di Garut Selatan. Hotel ini bisa dikatakan hotel paling mewah yang ada disana.

Melanjutkan Perjalanan ke Pantai Santolo


Setelah selesai shalat Dzuhur kegiatan dilanjutkan dengan berwisata ke pantai santolo Garut. Perjalanan dari hotel ANB ke Pantai Santolo adalah sekitar 10 – 15 menit perjalanan. Sesampainya di pantai santolo, kami mulai mengarahkan wisatawan untuk langsung menuju pulau santolo. Berikut beberapa dokumentasinya !

Disini beberapa wisatawan ada yang ingin difoto dengan background perhu dan muaranya. Foto diatas merupakan lokasi muara santolo dan ciri dari muara santolo adanya adanya banyak perahu nelayan. Dari muara santolo ini kita melakukan perjalanan menyebrang ke pulau santolo.

Sengaja kami tidak membawa rombongan tamu ke Pantai Santolonya mengingat ombak di pantai ini sekarang sedang pasang sehingga agak besar ombaknya. Jadi kami membawa ke Pulau santolo yang ombaknya berada di tengah. Jadi wisatawan bisa bermain air di pulau santolo tersebut hingga ke lokasi agak ke tengah.

Di pulau santolo ini kami mulai melakukan beberapa foto sesi foto bersama untuk kenang-kenangan rombongan wisatawan. Di pulau santolo ini Anda dan anak-anak bisa bebas bermain air sepuasnya. Namun jika Anda ingin melihat pantai yang ombaknya agak besar dan juga banyak pasir putihnya, Anda bisa mengunjungi spot pantai santolonya.

Lokasi dari pulau santolo ini tidak terlalu jauh kok menuju ke pantainya. Di pantai santolo biasanya disukai oleh orang dewasa atau remaja yang ingin bermain dengan ombak dan juga pasir. Soal pemandangan, pulau santolo ini tidak kalah menariknya dari pada pantai.

Kembali ke Bus Melanjutkan Perjalanan Menuju Pantai Rancabuaya


Bermain air di pulau santolo tersebut rombongan yang melakukan paket wisata pantai santolo ini diberi waktu sampai pukul 16.00 WIB. Setelah selesai dan waktu menunjukan pukul tersebut kami mulai kembali ke lokasi parkir bus. Yaitu berada di pantai santolo berarti kita harus naik perahu kembali untuk menuju bus.

Dan ini beberapa dokumentasi foto saat kita kembali ke bus !

Pada paket wisata Pantai santolo dari SMKN 1 Cimahi ini, mereka tidak melakukan kegiatan menarik lainya. Seperti fun games, banana boot dan lampion harapan. Namun jika Anda ingin melakukan paket wisata yang sama, kegiatan seru tersebut bisa dimasukan ke rancangan kegiatan wisata Anda.

Berikut beberapa dokumentasi foto wisatawan yang pernah mengadakan kegiatan seperti fun games, banan boot dan lampion harapan. !

Kegiatan seru diatas bisa Anda dapatkan hanya di HDG Team. Kegiatan ini juga pernah beberapa kali dilakukan pada kegiatan gathering dari rombongan gathering dari PT. Kasana dan Bank BIJ. Untuk informasi lebih lanjut paket wisata ini bisa Anda Hub. 089660271603 atau 081320405837.

Tiba di Villa Jaya Sakti dan Menikmati Wisata Pantai Rancabuaya


Setelah semuanya siap dan sudah kembali ke bus masing-masing, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi Villa Jaya Sakti yang berlokasi di pantai rancabuaya. Atau beralamat lengkap di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Perjalanan dari pantai santolo menuju villa jaya sakti ini memerlukan waktu selama 45 menit. Selama diperalanan kita akan disuguhi pemandangan yang sungguh keren dan indah saat menuju pantai rancabuaya. Akses jalanya sangat bagus hanya saja ada beberapa tanjakan yang lumayan curam. Jadi bagi Anda yang ingin berwisata kesana tetap harus berhati-hati.

Bisa saya katakan villa jaya sakti ini merupakan satu-satunya hotel yang cukup berkelas dan paling bagus untuk ukuran penginapan di wilayah rancabuaya dan santolo. Memiliki banyak kamar yang mampu menampung banyak wisatawan. Sesampainya di lokasi villa jaya sakti ini, rombongan wisatawan langsung diberikan kunci untuk masing-masing kamarnya.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan zona bebas. Bagi rombongan yang mau istirahat di kamar bisa beristirahat dan bagi yang mau main-main ke pantai juga di persilahkan. Sampai akhirnya kita masuk ke acara malam. Pada pukul 19.00 WIB acara dilanjutkan dengan makan malam lalu acara bebas lagi.

Berikut beberapa dokumentasi foto sisanya dari kegiatan paket wisata pantai santolo + Rancabuaya SMKN 1 Cimahi !

Paket Wisata Pantai Santolo Garut


Berikut ini saya berikan sedikit Intenerary untuk Paket Wisata Pantai Santolo ini.

Day 1

  • Berkumpul dan Persiapan Menuju Garut
  • Perjalanan Menuju Garut Meeting Point di Alun-Alun Taogong dengan Tour Leader HDG Team
  • Tiba di Hotel / Guest House
  • Check In
  • Makan Pagi
  • Free Zone
  • Banana Boat
  • Ishoma
  • Kelapa Muda & Rujak Time
  • Fun Games HDG Team Beach
  • Menikmati Sunset
  • Free Zone
  • Makan Malam
  • Api Unggun & Lampion Harapan
  • Live Music
  • Sleeping Beauty

Day 2

  • Free Zone
  • Makan Pagi
  • Check Out
  • Perjalanan Menuju RM. Asep Stroberi
  • Makan Siang di RM. Asep Stroberi
  • Perjalanan Menuju Sentra KuliT Sukaregang
  • Wisata Belanja Kulit Sukaregang
  • Perjalanan Menuju Sentra Belanja Oleh – Oleh Makanan SBR3
  • Wisata Belanja Oleh – Oleh Makanan SBR 3
  • Berpisah dengan Tour Leader, Bye – Bye Garut

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Paket Wisata Pantai Santolo Garut ini, anda dapat langsung menghubungi admin wisata di Garut di 089660271603 atau 081320405837. atau anda bisa mengirim e-mail langsung ke Email. hoteldigarut2@gmail.com.

KOMENTAR