Pantai Karang Paranje, Rekomendasi Wisata Pantai di Garut Selatan

826

Berlibur di Garut Selatan dengan mengunjungi Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang dan Pantai Rancabuaya sudah bosan Anda lakukan. Kali ini cobalah untuk mengunjungi Pantai Karang Paranje. Rekomendasi wisata pantai di Garut Selatan selain ketiga pantai yang terkenal diatas.

Pantai Karang Paranje Garut

Memang wisata pantai yang satu ini belum cukup terkenal di kalangan wisatawan karena promosi wisata pantainya yang masih kurang. Akan tetapi jika Anda melihat dari pemandangannya wisata ini tidak kalah indah dengan Pantai Santolo Garut maupun Pantai Rancabuaya. Bahkan ada seorang wisatawan terkenal yang pernah mengunjungi wisata ini menyebutnya sebagai pantai yang mirip dengan Pantai Tanah Lot yang ada di Bali. Sebutan ini diambil karena ciri khas dari pantai ini yaitu adanya bangunan saung yang mirip sebuah pura di pantai tanah lot Bali.

Pemandangan Pantai


Ciri khas dari sebuah pantai biasanya adalah memiliki pasir putih halus yang membentang. Pemandangan tersebut juga bisa Anda temukan disini. Akan tetapi pantai ini memiliki kelebihan dari pantai yang lainya yaitu adanya tebing batuan di tepi pantai. Sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dari tebing batuan tersebut.

pantai Karang Paranje Garut1

Tak berhenti disana, pemandangan laut yang sungguh eksotispun akan terlihat dari pantai ini. Warna air lautnya yang jernih serta kebiruan membuat seseorang akan terpesona ketika melihatnya. Apalagi ketika melihat air laut tersebut dari atas tebing batuan, pasti bisa merupakan moment yang tak bisa Anda lupakan dan harus pula Anda abadikan.

Tersedianya saung diatas tebing batuan membuat Anda akan betah dan nyaman berlama-lama disana. Dukuk sejenak melihat pemandangan dari lukisan yang maha kuasa akan membuat kita merenungkan bahwa tuhan benar-benar kuasa atas segala ciptaannya. Tak heran, meskipun belum begitu terkenal wisata pantai ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun meskipun begitu, sering ada juga wisatawan dari luar kota Garut yang datang ke pantai ini.

Para pelaku wisata sekarang ini terus mempromosikan pantai ini. Hal ini dilakukan supaya semua orang bisa tahu dan mengenal salah satu rekomendasi wisata pantai karang paranje ini. Apalagi para pelaku wisata dari masyarakat Garutnya sendiri seperti saya, hal ini harus terus dilakukan supaya sektor pariwisata Garut semakin meningkat. Alhamdulilah dengan ada postingan ini saya berharap wisatawan dari berbagai mancanegara bisa melihat dan mengenal wisata pantai ini. Harapan saya tidak hanya sampai disitu saja, semoga wisata pantai ini juga bisa terkenal seperti layaknya pantai santolo dan pantai yang lainya.

Pengelolaan Wisata Pantai Karang Paranje


Pengelolaan wisata pantai karang paranje ini memang belum begitu terkelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Sangat disayangkan memang, tapi mungkin kita harus berpikirnya positive. Mungkin pihak pemerintah belum meninjau sampai sejauh pantai ini karena terlalu banyaknya pantai di Garut selatan tersebut.

pantai Karang Paranje Garut

Fasilitas yang masih seadanya saja mungkin membuat wisatawan juga enggan mengunjungi pantai ini. Kecuali bagi mereka wisatawan yang memang benar-benar ingin merasakan wisata adventure ke tempat wisata yang jarang orang kunjungi. Mudah-mudahan kedepannya saya juga berharap, fasilitas dan pelayanan di objek wisata pantai ini terus ditingkatkan supaya saat seseorang mempromosikan wisata pantai ini tidak ragu lagi.

Lokasi & Jalur Ke Pantai 


Pantai Karang Paranje berlokasi di Garut Selatan, alamat lengkapnya terletak di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut Jawa Barat. Jika Anda ingin berkunjung kesana dengan menggunakan google maps, Anda bisa cari di google maps dengan keyword atau kata ” Pantai Karang Paranje ” atau Anda bisa lihat jalur di google maps berikut ini !

 

Sedangkan untuk jalur yang bisa Anda lalui supaya bisa sampai ke lokasi pantai ini, ada 2 jalur yaitu :

Jalur Selatan = Bandung – Pangalengan – Cisewu – Rancabuaya – Pantai Karang Paranje

Jalur Garut Kota = Cileunyi – Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Pantai Karang Paranje

2 Jalur tersebut bisa Anda lalui. Namun saya sarankan untuk lebih memilih jalur Garut kota, meskipun agak jauh akan tetapi cukup aman dilalui. Jalannya tidak terlalu tajam saat tanjakan dan pudunan. Kalau berkelok-keloknya sama dengan jalur selatan. Lokasi Pantai ini, dari pusat kota Garut adalah sekitar 3 jam perjalanan.

Fasilitas Pantai


Untuk fasilitas di sekitar pantainya sudah saya sebutkan diatas bahwa masih sangat terbatas. Untuk fasilitas yang tersedianya hanya tersedia 1 saung di bebatuan dan juga warung-warung kecil serta tempat parkir yang cukup luas. Sedangkan untuk fasilitas lengkapnya, seperti rumah makan, penginapan, dan juga fasilitas lainya yang akan Anda butuhkan, bisa Anda temukan selama di perjalanan dari Pameungpeuk sampai ke Pantai Karang Paranje ini.

Untuk fasilitas penginapan dan juga rumah makan, saya sarankan Anda untuk mencarinya di sekitar Pameungpeuk ataupun di Rancabuaya. Disana tersedia fasilitas yang lengkap seperti penginapan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 500.000,- dan fasilitas rumah makan yang lengkap.

Harga Tiket Masuk 


Nah, mungkin ini yang Anda tunggu-tunggu. Anda ingin mengetahui harga tiket masuk pantai karang paranje ini. Harganya cukup murah kok sobat, tidak semahal saat Anda masuk ke Pantai Santolo dan tidak banyak premanismenya juga. Harga Tiket masuknya adalah Rp. 5.000/orang. Namun kadang lokasi tiketnya juga tidak ada yang jaga, jadi Anda bisa masuk dengan tidak membayar. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraannya untuk motor Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 5.000,-.

Untuk jam buka pantai ini adalah mulai dari pukul 05.00 pagi sampai pukul 17.00 WIB. Jadi disarankan untuk Anda tidak datang malam ke pantai ini.

Tips Berlibur ke Pantai Karang Paranje


Sobat, sebelum Anda melaksanakan kunjungan wisata ke Pantai Karang Paranje, Anda bisa memperhatikan tips yang saya berikan berikut ini.

  1. Jangan berkunjung kesana pada saat malam hari, karena mungkin selama diperjalanan masih sangat rawan akan longsor dan diperjalanannya cukup gelap, apalagi dengan menggunakan kendaraan bermotor.
  2. Persiapan dengan segala kebutuhan kamu berlibur disana. Misalkan minuman, makanan ringan dan lain sebagainya, usahakan membeli makanan terlebih dahulu selama dalam perjalanan.
  3. Siapkan HP dengan batrai yang penuh kalo ada powerbank bisa langsung di bawa atau kalo ada kamere digital, bisa langsung membawanya untuk mengabadikan moment terbaik Anda.
  4. Jalan menuju ke Pantai ini cukup jauh dan juga jalurnya cukup rumit untuk yang belum pernah berkunjung, jadi usahakan kalo bisa tidak boleh menggunakan angkutan umum, kalo bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil pribadi.

Itulah sedikit tips dan saran dari saya supaya Anda. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk Anda dan khususnya untuk semua para pembaca.

KOMENTAR