Pantai Sayang Heulang Garut

178

Pantai Sayang Heulang merupakan tetangga terdekat dari salah satu Pantai terpopuler yaitu Pantai Santolo. Seperti biasa Team Hotel di Indonesia selalu memberikan review sesuai fakta di lapangan. Beberapa tempat wisata di Garut yang bisa dijangkau dan dikunjungi kami datangi langsung.

Kami tidak tahu asal mulanya Pantai ini dinamakan Sayang Heulang. Karena dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Sarang Burung Elang. Apakah pada zaman dahulu kala memang tempat ini pernah dijadikan sebagai sarang burung Elang?. Seperti kita ketahui pada musim tertentu ada migrasi ribuan burung elang dari Australia dan melewati kabupaten Garut.

Pengalaman ke Pantai Sayang Heulang

Perjalanan dari markas HdG Team hanya memakan waktu kurang lebih 2,5 Jam dengan berkendaraan. Kondisi jalan cukup bagus, hanya ruas jalan agak kecil dan berkelok-kelok kurang lebih 43 km dari mulai kecamatan Cikajang. Kami sempat beristirahat sebentar di Badega untuk sekadar menghirup segelas kopi dan sebatang dji sam soe.

Saat melewati Curug Sanghyang Taraje, kami sempat berfoto sebentar di perkebunan teh yang berada di pinggir jalan. Cukup banyak spot-spot menarik untuk melakukan selfie ataupun welfie. Akan tetapi karena waktu sudah sore, perjalanan kami lanjutkan kembali.

Perjalanan dilanjutkan dan di sepanjang kita disuguhi pemandangan yang cukup indah. Untuk menghilangkan pusing karena jalan yang berbelok-belok. Saya isi dengan menyampaikan cerita-cerita lucu. Tak terasa kami sudah sampai, tujuan pertama yang dikunjungi adalah Hotel ANB Pameungpeuk Garut.

Hotel di sekitar Pantai Sayang Heulang dan Santolo

Ketika kami sampai di Hotel tersebut hal yang pertama dilakukan adalah makan siang. Karena Dado Bima dan Bejo yang badannya tambun sudah mulai keroncongan perutnya. Setelah menyantap makan siang yang harganya lumayan murah di resto ANB. Kami melanjutkan dengan melihat-lihat kondisi di Hotel di Garut yang berada tidak jauh dari Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang tersebut.

  • Hotel ANB Pameungpeuk Garut
  • Penginapan Karang Laut Sayang Heulang

Setelah selesai berkeliling dan foto-foto kami menelepon sahabat kami Dani. Tidak menunggu lama, sahabat kami Dani Sabila owner dari Penginapan Karang Laut Santolo dan Karang Laut Sayang Heulang datang ke lokasi.

Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Sayang Heulang Garut. Mobil diparkir di penginapan Karang Laut, kami ditawari untuk mencoba offroad susur pantai dengan memakai mobil Jimny Hijau milik kang Dani Sabila. Akhirny kami mencoba kendaraan tersebut dan menyusuri sampai ujung pantai yang berbatasan dengan Santolo.

Pantai Sayang Heulang

Kontur Pantai Sayang Heulang memang cukup dangkal. Ada banyak karang di pinggir pantai sehingga kurang direkomendasikan untuk berenang. Akan tetapi untuk sekadar jalan-jalan dan berfoto bisa dilakukan di tempat wisata di Garut yang cukup menarik tersebut.

Setelah puas bermain air dan berfoto, perjalanan kami lanjutkan kembali ke penginapan Karang Laut. Pantai Sayang Heulang sebetulnya cukup menarik, harga penginapan di sekitar destinasi tersebut masih cukup murah. Sayangnya pelayanan dan kondisi di lapangan masih belum bisa dibandingkan dengan Yogyakarta yang sudah lebih dulu sadar wisata.

Suasana Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang memang terletak di salah satu “Nagara Beling” yaitu Mancagahar. Seperti kita ketahui karakteristik orang Mancagahar memang cukup Gahar2. Jarak tempuh dari Garut kurang lebih 98,5 Km dari pusat kota dengan waktu tempuh 3 jam perjalanan.

Kendaraan yang ideal adalah kendaraan roda empat yang kecil atau maksimalnya elf wisata atau maksimalnya minibus hiace. Karena jika menggunakan Bis baik 3/4 atau Bis besar, kami sarankan untuk dikawal di depan Bus Pariwisata tersebut. Dikarenakan banyak tikungan-tikungan tajam yang cukup berbahaya jika tidak ada pengawalan di depan kendaraan besar.

Pantai ini memiliki pasir putih yang warnanya agak kecoklatan. Panjang pantainya lebih dari 2 km dan lebar tepi pantai kurang lebih 50 meter. Kondisi pantai cukup bersih, sayangnya pada hari libur atau okupansi tinggi memang kondisinya kurang terawat.

Sepanjang pinggiran pantai ditumbuhi dengan tumbuhan seperti pohon nyiur yang siap melambai serta pandan berduri. Deburan ombak di pantai Sayang heulang tergolong besar dan tinggi karena menghadap langsung ke samudera Hindia.

Keistimewaan Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang memiliki dua type pantai yaitu Pantai Berkarang dan Pantai tidak berkarang. Saat pantai surut, di bagian pantai berkarang akan terlihat ikan yang terjebak diantara celah karang. Kami menemukan salah satu karang yang kebetulan berbentuk “love” sehingga kami namakan Karang Cinta Sayang Heulang.

Keistimewaan yang kedua dari Pantai Sayang Heulang adalah air laut yang mengalir ke aliran sungai, bukan sebaliknya. Fenomena ini hanya terdapat 2 di dunia yaitu di Sayang Heulang tepatnya daerah muara Curugan Cilaut Eureun dan di Perancis.

Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

Harga untuk menikmati pantai sepanjang 2 km ini hanya sebesar 5 ribu rupiah pada hari biasa. Saat libur lebaran memang kadang ada perubahan harga yang tidak disangka, kami berharap di waktu ke depan bisa lebih teratur dan pasti tarifnya.

Rute Perjalanan ke Pantai Sayang Heulang

Jika memakai kendaraan umum, anda dari Jakarta bisa memakai bis yang menuju terminal Guntur Garut. Dari terminal Guntur naik Elf jurusan Pameungpeuk dan dari sana anda bisa menggunakan Ojek motor untuk menuju lokasi Pantai Sayang Heulang

Peta Lokasi Pantai Sayang Heulang

KOMENTAR