Pesona Wisata Kendal Mampu Memanjakan Mata Anda. Yuk Ke Kendal

44

Pesona Wisata Kendal – Ada sekitar 36 kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, dan salah satunya adalah Kabupaten Kendal. Kendal adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang di bagian timur. Bagian utara dengan Kota Semarang, kabupaten Temanggung di bagian selatan, dan dengan kabupaten Batang di bagian barat.

Selain terkenal dengan sebutan kota santri karena banyaknya pondok pesantren khususnya di Kaliwungu. Kendal juga terkenal dengan sebutan Kota Seni dan juga kota budaya. Secara umum, kondisi topografinya Kabupaten Kendal terbagi menjadi dua daerah dataran, yakni berupa dataran rendah dan dataran tinggi atau pengunungan.

Pesona Wisata Kendal

Pesona wisata Kendal

Tidak heran jika Kendal memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang indah dan menakjubkan, seperti pantai-pantainya, bukit-bukit, wisata air, dan juga wisata kotanya. Menariknya selain terkenal dengan keindahan wisata alamnya. Kendal menjadi salah satu kota Metrapolitan, dimana masuk dalam urutan ke 4 kota besar yang ada di Indonesia. Inilah Pesona Wisata Kendal yang sesungguhnya !

1. Curug sewu

Tempat wisata Kendal yang pertama adalah Curug Sewu. Curug ini adalah objek wisata yang sudah terkenal hingga ke daerah-daerah lain di Indonesia. Keindahannya mampu membuat siapa saja ingin berkunjung ke curug tersebut.

Curug Sewu atau artinya air terjun seribu ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Tidak hanya ada satu curug besar saja. akan tetapi di sekeliling air terjun tersebut terdapat air terjun kecil yang menjadi satu.

Air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar, sehingga Anda harus hati-hati ketika ingin berfoto di sekitar curug Sewu ini. Bahkan uniknya curug ini adalah curug yang memiliki debit air terbesar di Jawa Tengah. Selain bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah, Anda juga bisa menikmati kebun binatang mini yang ada di sekitar curug.

2. Pantai Sendang Sikucing

Wisata Kendal berikutnya adalah Pantai Sendang Sikucing. Pantai Sendang Sikucing ini terletak di Kecamatan Rowosari yang memiliki keindahan menakjubkan. pantai ini termasuk tempat wisata unggulan Kabupaten Kendal. Sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya. Selain pemandangannya yang indah, akses untuk menuju ke pantai ini juga terbilang mudah sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahan sunsetnya.

3. Curug Glawe

Selain ada Curug Sewu yang indah, Kendal juga memiliki Curug Galwe yang terletak di Cening, Singorojo, Kabupaten Kendal. Dengan memiliki ketinggian 20 meter dan memiliki 2 tingkatan, para wisatawan bisa dengan senang menikmati pemandangan dan juga udara sejuk di sekitar kawasan objek wisata tersebut.

Di curug ini Anda bisa bermain air dan berenang karena memiliki kedalaman air 1,5 meter. namun tetap harus hati-hati, terlebih ketika musim hujan.

4. Curug Panglebur Gongso

Wisata Kendal terkenal memiliki segudang tempat wisata ini, salah satunya adalah wisata  Kendal air terjun yang tersebar di daerah-daerah Kendal. Selain ada beberapa air terjun yang sudah disebutkan di atas, kendal juga memiliki Curug Panglebur Gongso yang memiliki tinggi sekitar 50 meter. letak curug ini berada di peratasan Kendal dengan Semarang yakni berada di kaki Gunung Ungaran.

Tentu saja udaranya sangat sejuk dan asri bukan? Selain Anda bisa menikmati keindahan curug ini, Anda juga bisa ke Candi Gedongsongo yang letaknya berdekatan. Anda juga bisa berenang dan bermain air di bawah air terjun terseut.

5. Perkebunan teh

Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang cocok untuk mengilangkan penat, perkebunan teh Kendal adalah tempatnya. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan hamparan hijauan teh yang terdapat di sini, selain itu udaranya juga masih sangat sejuk sehingga akan membuat Anda tenang dan nyaman.

Suasananya cukup sunyi, sehingga cocok dijadikan tempat istirahat ketika ingin sejenak melupakan hiruk pikuk kota. Perkebunan teh ini berada di ketinggian 1.500 mdpl yakni berada di kaki gunung ungaran yaitu tepatnya di desa Ngesrep Balong, Limbangan, Kendal.

6. Bukit Seloarjuno

Selanjutnya ada Bukit Seloarjuno yang merupakan objek wisata berupa perbukitan. Letaknya di Desa Kedungboto, Limbangan, Kendal. Bukit Seloarjuno ini memiliki pemandangan yang indah yang pas untuk melihat keindahan kota Kendal.

Di sini juga terdapat spot untuk berffoto selfie dengan pemandangan hijau nan indah di belakangnya. Objek wisata ini termasuk wisata alam yang tengah ngehits di Instagram, jadi tidak akan membuat kecewa jika Anda berkunjung ke Bukit Seloarjuno tersebut.

7. Desa wisata Kartika

Selain ada bukit Seloarjuno, curug sewu dan lainnya, Kendal juga memiliki tempat wisata yang tak kalah populer yakni Deda Wisata Kartika Beach di Kendal Pulau Tiba. Konsep dari desa wisata ini mengusung wisata laut dengan adanya kawasan Mangrove dan juga pantainya yang indah.

Di tempat wisata ini menyuguhkan panorama yang sangat menakjubkan, sehingga tak sedikit wisatawan yang berbondong-bondong ke tempat wisata ini untuk menikmati keindahan tersebut.

8. Pantai Jomblom

Kabupaten Kendal dikenal dengan kota yang memiliki keindahan pantai-pantainya yang cukup banyak. Objek wisata selanjutnya yang berupa pantai adalah Pantai Jomblom yang terletak di Kecamatan Cepiring, Desa Margorejo. Pantai Jomblom ini memiliki pemandangan yang unik diban dingkan dari pantai-pantai lain yang ada di daerah Jawa Tengah.

Di pantai ini selain bisa melihat indah pantainya, Anda juga bisa melihat hijaunya pepohonan bakau yang menjadi penangkal abrasi pantai karena hantaman ombak. Di pantai ini selain bisa untuk melihat pemandangan yang indah dengan pasirnya yang hitam juga bisa untuk memanacing.

9. The Sea Pantai Cahaya

Jika Anda berniat liburan bersama keluarga, The Sea Pantai Cahaya ini bisa menjadi destinasi yang cocok dan nyaman. Objek wisata ini terletak berdekatan dengan Pantai Kucing dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti wahanan permainan anak. Selain itu ada juga kolam waterpark, pentas hewan lumba-lumba, wahana taman untuk bermain anak-anak, dan wahana lainnya.

Di pantai ini Anda bisa melihat keindahan sunset dan sunrisenya, di samping itu juga terdapat sebuah kebun binatang dan sebuah hutan wanawisata yang masih dalam kawasan pantai ini. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan dan juga fasilitas di pantai ini yang bisa dijadikan sebagai media pendidikan untuk Anak-anak.

10. Pantai Ngebum

Pantai yang sangat populer di Kendal adalah Pantai Ngebum yang berada di Desa Mororejo, yakni di Kecamatan Kaliwungi, kabupaten Kendal. Tak heran jika Pantai ini ramai dikunjungi para wisatawan dari daerah lain. Di pantai ini Anda juga bisa bermain air serta berenang namun pastikan air tersebut tidak memiliki kedalaman yang terlalu dalam, karena berbahaya. Pantai yang berpasir coklat ini tidak hanya indah saja, namun juga memiliki suasana romantis.

Kendal adalah salah satu Kabupaten yang juga disebut sebagai kota Pantura, karena di Kendal terdapat jalan Pantura yang menghubungkan jakarta Semarang dan kota lainnya. Tak heran jika Kabupaten ini selalu ramai setiap harinya, karena selain memang jalur ramai Kendal juga memiliki pesona alam yang menggugah selera. Lebih menariknya Kendal dikenal sebagai kota santri, kota seni dan juga kota budaya. Kendal juga memiliki banyak sekali keunikan lainnya.

KOMENTAR