Potensi Wisata di Solo yang Cukup Populer di Kalangan Para Wisatawan

757

Potensi Wisata Di Solo Yang Cukup Populer Di Kalangan Para Wisatawan – Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Solo adalah salah satu kota atau Kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Selain dikenal akan wisata kulinernya, Solo juga terkenal akan tempat wisata dan budayanya. Budaya dan Wisata di Solo sangat menarik para wisatawan lokal atau wisatawan mancanegara. Sehingga tak heran memang jika Solo menjadi salah satu kota yang ramai.

Potensi Wisata Di Solo Yang Cukup Populer Di Kalangan Para Wisatawan

Untuk berkunjung ke Solo pun mudah karena Anda bisa memilih untuk menggunakan perjalanan apa, karena di kota ini sudah dilengkapi dengan transportasi darat seperti bus, kereta api, dan juga pesawat terbang.

Potensi Wisata Di Solo Yang Cukup Populer Di Kalangan Para Wisatawan

Perkembangan kota ini terbilang cukup pesat dalam kurun waktu sekitar 10 tahun terakhir ini. Dilihat dari sisi prekonomiannya, sebagian besar masyarakat Solo berkerja di bidang jasa dan juga perdagangan. Namun solo juga memiliki potensi wisata yang cukup populer. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Taman Balekambang

Tempat wisata pertama yang ada di Solo adalah Taman Balekambang yang berdiri seluas 10 hektar. Taman Balekambang ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga karena selain ada dua taman yaitu Hutan Partinah dan Taman Air Partini juga lokasinya yang bersih, asri, hijau, dan juga sejuk.

2. Pandawa Water World

Selanjutnya ada tempat wisata buatan yaitu Pandawa Water World yang merupakan wahana air dan menawarkan berbagai fasilitas menarik seperti wahana permainan anak, kolam renang, dan lain sebagainya. letaknya ada di Jln. Cernara Raya Solo Baru dengan jam buka hari Senin sampai dengan Jum’at pukul 10.00 hingga pukul 18.00, sedangkan untuk hari minggu, sabtu dan hari libur jam 08.00 hingga pukul 18.00. untuk tiket masuknya pun berbeda, jika di hari biasa dikenakan biaya Rp. 80.000 per orang, maka di hari libur berbeda yakni sekitar Rp. 100.000.

3. Keraton Kasunanan Surakarta

Selain bisa berwisata dan berlibur, di Solo juga terdapat sebuah tempat wisata budaya yang selalu ramai yaitu Keraton Kasunanan Surakarta. Keraton Kasunanan Surakarta ini dibangun oleh Pakoe Boewono di tahun 1745. Di keraton ini Anda akan melihat koleksi wayang kulit, macam-macam senjata, kereta kencana dan masih banyak sekali benda-benda kuno lainnya.

Keraton ini dibuka untuk Anda yang ingin melihat-lihat keindahan dan juga macam-macam koleksi yang ada di dalamnya di jam tertentu yaitu jam 08.30 hingga pukul 14.00 setiap harinya, sedangkan hari minggu hanya dibuka jam 8.30 sampai jam 13.00 saja.

4. Taman sriwedari

Taman Sriwedarri ini dibangun untuk tempat istirahat para keluarga kerajaan, namun sekarang kompleks wisata ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai sebuah tempat penyelenggaraan suatu tradisi yakni malam Slikuran.

Sejarahnya tempat ini pernah dimanfaatkan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan PON atau pekan Olahraga Nasional pertama di tahun 1948. Di Taman ini tersedia banyak fasilitas seperti stand kerajinan tangan, restoran, dan gedung wayang yang membuat tempat wisata ini banyak diserbu para wisatawan.

Jam bukanya sendiri ada jam-jam tertentu, yaitu hanya dibuka jam 10.00 hingga jam 22.00 dengan tarif yang sangat murah yaitu sekitar Rp. 3.000.

5. Pura Mangkunegaran

Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1757 yang merupakan sebuah kediaman Sri Paduka Mangkunegara yang bangunannya hampir mirip dengan keraton. Selain memiliki nilai arsitek kuno yang bagus, tempat wisata ini juga terdapat gamelan, wayang tari, dan barang yang kaya akan nilai sejarah lainnya. jam bukanya yakni 09.00 hingga jam 14.00 dan khusus hari jumat hanya dibuka dari jam 09.00 hingga jam 12.00

6. Museum Manusia Purba Sangiran

Selain terdapat wisata sejarah, Solo juga memiliki tempat wisata yang cocok untuk media pendidikan anak-anak maupun dewasa yaitu Museum Manusia Purbakala Sangiran. Di Museum ini dilengkapi dengan berbagai fosil manusia purba dengan jumlah 13.000, dimana fosil ini berumur dari jutaan tahun hingga yang berumur 200.000 tahun.

Disini juga terdapat fosil purba seperti hewan, batu dan juga tumbuhan, di Museum Manusia Purba Sangiran juga terdapat senjata atau alat-alat manusia pada zaman dahulu.

Harga tiketnya terbilang sangat murah yaitu Rp. 5.000, sehingga tempat wisata Museum ini termasuk wisata yang murah di Solo. Lokasinya sendiri ada di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Desa Krikilan, atau lebih tepatnya sekitar 15 KM dari arah Kota Solo.

7. Kebun Binatang Taru Jurug

Tidak hanya tempat wisata sejarah saja yang banyak dikunjungi para wisatawan, akan tetapi juga terdapat kebun binatang yang cocok untuk Anda dan keluarga. Kebun binatang ini terletak di Jl ir. Sutami No. 40 Kentingan Jebres, kebun binatang ini terbilang tempat wisata yang cukup ramai terlebih ketika hari libur nasional.

8. Grojogan Sewu Tawangmangu

Meskipun tidak memiliki tempat wisata pantai seperti daerah lain, Solo memiliki wisata alam yang tak kalah indah dengan tempat wisata daerah lain yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu. Lokasinya berada di 37 km dari arah Solo atau tepatnya terletak di Kabupaten Karanganyar. Untuk harga tiketnya sendiri sekitar Rp. 18.000.

9. Air terjun Jumog

Selain ada Grojogan sewu yang menawan, tempat wisata lainnya yang berupa wisata air adalah Air terjun Jumog yang berlokasi kurang lebih sekitar 40 km dari pusat Kota Solo. Dengan harga Rp. 5.000 tempat wisata menyuguhkan wisata alam yang menakjubkan dan sangat rekomended untuk Anda.

10. Museum Batik Danar Hadi

Solo juga termasuk salah satu kota dengan penghasil batik terbesar seperti Kabupaten Pekalongan, tak heran jika di Solo terdapat sebuah Museum batik yang bernama Museum Batik Danar Hadi. Di tempat ini Anda bisa melihat-lihat koleksi batik dan juga bisa membeli oleh-oleh khas kota Solo.

11. Pasar Klewer

Apakah Anda termasuk para wisatawan yang suka berbelanja khas daerah yang Anda datangi? Jika iya sempatkanlah untuk berkunjung ke Pasar Klewer jika Anda sedang ada di Kota Solo. Di pasar klewer ini Anda bisa dengan bebas memilih batik serta pakaian murah untuk oleh-oleh keluarga Anda di rumah. Pasar ini termasuk pasar terbesar yang ada di solo.

Selain ada 11 tempat wisata di Solo tersebut, jika Anda suka barang-barang antik bisa datang ke pasar Antik Triwindhu. Di pasar ini menyediakan berbagai macam barang antik dna kuno yang kaya akan nilai sejarah. Selain itu terdapat pula benteng Vestenburg, Weangan pendopo dan lain sebagainya.

Di Solo juga terdapat wisata kuliner yang wajib Anda coba. Disini terdapat nasi liwet, klewer, susu shijack, wedang dongo, gudeg ceker, sate sapi dan makanan khas lainnya yang tentu saja akan membuat Anda ketagihan.

Ke 11 tempat wisata di Solo tersebut merupakan tempat wisata yang rekomended dan juga memiliki pemandangan dan juga keindahan yang menakjubkan. jadi kapan mau ke Solo? Yuk berwisata ke Solo.

KOMENTAR