Taman Wisata Buah Mekarsari Bogor, Serunya Rekreasi Agrowisata

311

Taman Wisata Buah Mekarsari Bogor adalah salah satu tempat rekreasi agrowisata paling terbesar yang terkenal di Bogor. Tempat ini dijadikan sebagai pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika dari seluruh indonesia. Taman wisata ini memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan 1000 pohon yang terdiri dari tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman hias, tanaman hias dan lainnya. Yang menjadi keunikan tersendiri Taman Wisata Buah Mekarsari Bogor ini merupakan tempat penelitian budidaya, pemuliaan hingga perbanyakan bibit untuk disebarluaskan.

Melihat dari sejarah Taman Buah Mekarsari ini digagas olej Almarhum Ibu Tien Soeharto yang dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1995 yang awalnya hanya bernama Taman Buah Mekarsari. Namun seiring bertambahnya varian tanaman yang dibudidayakan tidak hanya jenis buah-buahan saja, melainkan juga jenis sayur-mayur serta tanaman hias, maka pada tahun 2004 Taman Wisata Buah Mekarsari berganti nama menjadi Taman Wisata Mekarsari. Selain itu, di area wisata dengan luas total 264 hektar ini, sekarang telah disediakan wahana permainan menarik untuk menambah kegembiraan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Taman ini seluas 264 hektar ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman buah ini didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, diantaranya Family Garden bertujuan untuk belajar menanam tabulampot. Kemudian ada rekreasi danau yang memiliki luas 25 hektar untuk menikmatio keindahan danau yang disertai dengan aktraksi air dikawasan danau ini.   Ada Kids Fun Valley yang cocok untuk memenjakan anak-anak dengan permainan yang seru. Pongo Show adlah pertunjukan 4 Dimensi dengan skala international dan pertama di indonesia. Terakkhir ada water kingdom yaitu wisata taman air yang menyediakan wahana untuk berenang.

Jam buka dan Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mekarsari

  1. Jam Buka

Senin sampai dengan Jumat (kecuali hari libur) buka pada jam 10.00 – 16.30 wib
Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional buka pada jam 09.00 – 16.30 wib

2. Harga Tiket Masuk

Senin sampai dengan Jumat: Rp.25.000,- (Dewasa dan anak-anak)
Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional: Rp.25.000,- (Dewasa dan anak-anak)

Fasilitas Taman Wisata Taman Buah

  • Hotel dan Penginanpan
  • Retaurant
  • Area Parking
  • Toilet Umum
  • Toko Souvenir

Lokasi Taman Wisata Taman Buah

Taman Wisata Buah Mekarsari berlokasi di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Untuk ke tempat ini bisa di capai dengan beberapa transportasi umum. Akses yang cukup mudah untuk mobil pribadi keluar dari tol cibubur jika menggunakan tol jagorawi. kemudian untuk angkutan umum tinggal mengarah ke Jonggol dan turun di depan gerbang Taman Wisata Buah Mekarsari.

KOMENTAR