7 Tempat Wisata Terpopuler di Kabupaten Banjarnegara

127

Tempat wisata di Banjarnegara yang tersebar di beberapa lokasi dan banyak dikunjungi wisatawan. Selain Terkenal Dengan Bahasanya Yang Ngapak, Banjar Negara Mempunya Pesono Wisata Yang Menawan. Selain Terkenal Dengan Bahasanya Yang Ngapak, Banjar Negara Mempunya Pesono Wisata Yang Menawan.

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten yang masuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten Banjarnegara memiliki luas wilayah 106.970,997 ha atau sekitar 3,10% dari luas wilayah Provinsi Jawa Tengah. Banjarnegara berbatasan langsung dengan kabupaten Pekalongan dan juga kabupaten Batang di bagian utara.

Sedangkan di bagian Timur berbataan dengan kabupaten Wonosobo, dan kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas di bagian barat. Banjarnegara juga merupakan kabupaten yang menyimpan banyak sekali keindahan alam dan pesona dataran tingginya.

Khusus untuk Anda yang hobi travelling, Banjarnegara cocok dijadikan referensi untuk berpetualang karena di Kabupaten ini banyak sekali dataran tinggi yang terbentang dari pelosok daerahnya.

Jika Anda pernah mendengar dataran tinggi Dieng itu adalah salah satunya, meskipun secara administratif Dieng masuk dalam kawasan Kabupaten Banajarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Destinasi wisata Dieng pun masuk ke dua kabupaten tersebut, yakni Dieng wetan masuk Kabupaten Wonosobo, Dieng Kulon masuk Kabupaten Banjarnegara.

Namun bukan hanya dataran tingginya saja yang menjadi wisata andalan Kabupaten Banjarnegara, karena di Kabupaten Banjarnegara juga masih banyak wisata lain seperti curug-curug dan objek lainnya yang tidak kalah eksotis.  Berikut adalah ulasan beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara yang wajib Anda kunjungi.

7 Tempat Wisata di Banjarnegara yang terkenal

1. Curug Pitu

Destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi ketika ke Banjarnegara adalah curug Pitu. Pitu dalam bahasa Jawa sendiri artinya tujuh, tidak heran jika Curug ini dinamakan curug Pitu. Karena memang di curug ini ada tujuh tingkatan.  Curug Pitu ini terletak di desa Sigaluh, dan kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda akan menaiki anak tangga yang sudah disediakan. Pemandangannya indah nan asri dengan hantaman air yang jatuh dari atas ke sungai yang ada di bawahnya menambah keeksotisan curug ini.

2. Curug Mrawu

Selain curug Pitu, Banjarnegara juga memiliki curug yang keindahannya tidak bisa disepelekan begitu saja. Namanya Curug Mrawu yang merupakan curug dengan akses yang cukup ekstrem, cocok sekali untuk Anda yang suka trecking. Karena untuk sampai di Curug Mrawu ini Anda harus melewati jalanan ekstrem yang merupakan jalan setapak. Dalam perjalanan menuju ke lokasi tempat wisata di Banjarnegara ini. Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa hutan dan persawahan yang akan membuat mata Anda kembali segar. Meskipun treknya cukup ekstrem, namun tidak akan terasa lelah karena udaranya yang sejuk dan hijaunya pepohonan.

Lokasi wisata Curug Mrawu ini jauh dari padatnya pemukiman, jadi cocok sekali untuk dijadikana sebagai tempat untuk melepas penat dan lelah Anda. Sesampainya di Curug Mrawu, Anda tidak hanya disuguhi pemandangan Curug Mrawu saja melainkan juga terdapat Curug Genting dan mata air Giritirta yang memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Ketiga objek wisata ini berada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran dan Kabupaten Banjarnegara.

3. Curug Pundung Sewu

Seperti tidak ada habisnya tempat wisata di Banjarnegara ini, karena masih ada beberapa curug seperti Curug Pundung Sewu ini yang terletak di Desa Petir, di Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara. Namun curug Pundung Sewu ini belum banyak tersentuh oleh pihak setempak. Sehingga masih sangat asri dan masih terjaga kelestariannya. Tempat wisata curug Pundung Sewu ini cocok sekali untuk Anda yang tidak suka dengan tempat ramai.

4. Curug Sikopel

Tempat wisata tak sedikit yang menyimpan mitos yang terkadang tidak tahu asal mulanya dari mana namun tetap menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Yang membuat objek wisata tersebut semakin diminati, karena terkadang wisatawan penasaran akan kebenaran mitos yang berhembus tersebut. Salah satu tempat wisata di Banjarnegara yang juga terdapat cerita mitosnya adalah Curug Sikopel. Mitosnya seperti mitos-mitos yang sering Anda dengar, yaitu jika mandi atau cuci muka di Curug Sikopel ini akan membuat awet muda.

Mitos-mitos seperti ini tentu saja menarik dan membuat siapa saja penasaran untuk mengunjungi tempat wisata di Banjarnegara ini. Namun keindahannya juga tidak kalah menarik dari mito-mitos yang beredar tersebut.Curug Sikopel ini berada di Desa Babadan, di kecamatan Pagentan dan kabupaten Banjarnegara.

Untuk akses menuju curug yang memiliki tinggi 70 meter ini masih bisa dibilang ekstream. Karena melalui jalur Banjarnegara atau pun melalui Kabupaten Wonosobo relatif sama ekstreamnya. Akan tetapi jalan yang melalui Kabupaten Wonosobolah yang paling ekstream, karena melewati hutan-hutan dengan tekstur jalan yang masih bebatuan, Turunan dan tanjakannya pun sangat tajam, jadi harus berhati-hati jika ingin berkunjung ke Curug Sikopel tersebut.

5. Waduk Mrica

Selain Curug, Kabupaten Banjarnegara juga memiliki objek wisata menarik lainnya seperti Waduk Mrica. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati hamparan air yang begitu luasnya. Waduk Mrica ini merupakan sebuah danau buatan yang juga termasuk danau buatan terbesar di Asia Tenggara. Waduk ini adalah waduk yang dibuat membendung Sungai Serayu yang panoramanya sangat indah dan menarik untuk dinikmati dengan berbagai fasilitas wisata yang disediakan.  Tempat wisata Waduk Mrica ini termasuk tempat wisata untuk keluarga karena tempatya yang nyaman untuk bersantai bersama. Fasilitas yang tersedia diantaranya bisa menaiki perahu, bisa memancing hingga bisa bermain golf. Uniknya waduk Mrica ini adalah waduk yang dijadikan sebagai pemasok listrik untuk Pulau Jawa dan Pulau Bali, hebat bukan?.

6. Surya Yudha Park

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi Negara Singapore atau Negara Amerika? Jika belum jangan khawatir, karena di Surya Yudha Park ini Anda bisa berfoto di depan Patung Liberti dan patung Merlion yang berdekatan. Meskipun patung tersebut terbilang kecil, namun Surya Yudha Park ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Banjarnegara karena termasuk tempat wisata yang ramai pengunjung setiap harinya.  Surya Yudha Park ini merupakan sebuah taman rekreasi air terlengkap yang ada di Kabupaten Banjarnegara. Konsep dari objek wisata Surya Yudha Park ini mengusung konsep wisata terpadu yang dibarengi dengan fasilitas lengkap seperti hotel berbintang, rafting, outbond, dan juga arena olahraga.

7. Komplek Percandian Arjuna

Selain curug-curug dan waduk serta objek wisata terpadu Surya Yudha Park, Kabupaten Banjarnegara juga memiliki tempat wisata sejarah yang setiap harinya ramai wisatawan yakni Komplek Percandian Arjuna. Komplek candi ini masih termasuk kawasan Dieng, dimana kompleks tersebut berbatasan langsung dengan Dieng Kabupaten Wonosobo. Kompleks Candi Arjuna ini merupakan salah satu candi yang digunakan untuk acara Dieng Culture Festival yang biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Di kawasan kompleks candi Arjuna ini juga masih terdapat beberapa candi, seperti candi Bima, Candi Srikandi, Candi Sembadra dan candi-candi lainnya.Pemandangan disini sangat indah dan menawan, Anda bisa berfoto-foto di depan candi bersama badut-badut Teletubies atau orang yang berdandan mirip dengan tokoh pewayangan. Selain itu juga bisa menaiki kuda yang disediakan di sekitar area candi tersebut.

Tempat wisata yang populer ini adalah 7 tempat wisata dari banyaknya tempat wisata di Banjarnegara. Selain itu jika Anda berniat liburan ke Banjarnegara bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi kebun binatang Serulingmas. Dimana di tempat wisata ini Anda bisa mengajak keluarga untuk melihat berbagai flora dan fauna yang terdapat di dalamnya.

Pencarian Masuk:

  • tempat bagus di banjarnegara

KOMENTAR