10 Tempat Wisata di Blora paling Keren

1318

Saat ini HdG Team akan berbagi informasi mengenai Tempat Wisata di Blora. Blora merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang langsung berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya kami sudah membahas beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Cilacap, Kebumen, Tegal, Malang dan Wonosobo. Walaupun mayoritas kunjungan saat ini lebih banyak dari daerah Jawa Barat. Pencarian untuk beberapa Hotel di Garut dan Tempat Wisata di Garut cukup ramai.

Mungkin dikarenakan situs ini memberikan informasi sangat detail mengenai berbagai jenis Paket Wisata Garut dan varian akomodasi di salah satu kabupaten Jawa Barat bagian selatan tersebut. Karena memang markas www.hoteldiindonesia.net berada di kota dodol tersebut.

Kondisi geografis Kabupaten Blora tergolong dataran rendah dan perbukitan di 20 sampai 280 meter di atas permukaan laut. Blora juga terkenal dengan kawasan hutan jatinya yang membuat kota Blora ini menjadi salah satu pengexsport kayu jati paling besar dari daerah lain di Indonesia.

Tempat Wisata di Blora

Bukan hanya itu saja, kota Blora juga terkenal dengan suku Samin yang merupakan penduduk asli kota Blora yang sebagian besar pekerjaanya adalah petani. Namun meskipun kebanyakan menjadi petani, perekonomian Blora yang terbesar ada pada exspor kayu jati yang memiliki kualitas terbaik.

Selain menjadi pengexspor kayu jati terbesar, kota Blora juga menjadi salah satu penghasil migas yang paling besar yang ada di Pulau Jawa, yakni berada di kawasan Cepu.Blora terkenal dengan kayu jati dan migas dan menjadikan perekonomian masyarakat Blora semakin berkembang dan maju.

Namun bukan hanya dari sektor itu saja, Blora juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan daerah lain yang ada di Jawa Tengah, berikut adalah ulasan beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Blora.

Sepuluh Tempat Wisata di Blora

1. Goa Trawang Todanan

Bagi masyarakat Kabupaten Demak, Pati, Kudus, Ngawi, Bojonegoro, dan Kabupaten Blora khususnya Goa  Trawang Todanan adalah tempat wisata yang sudah tidak begitu asing lagi. Tempat wisata yang memiliki keindahan alam ini memukau para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Goa ini terbentuk dari endapan bebatuan gamping sekitar 10 juta tahun lalu yang sering kali dijadikan sebagai tempat penelitian orang Indonesia ataupun mancanegara.

Letak Goa Trawang Todanan ini berada di Kecamatan Todanan, Desa Kedungwungu, kabupaten Blora dengan luas 13 hektar. Dimana di lokasi ini juga terdapat Goa Manuk, Goa kidang, Goa Suru yang juga tidak kalah indahnya.

2. Waduk Bentolo

Selain Tempat Wisata di Blora Goa Trawang Todanan. Blora juga memiliki tempat wisata berupa waduk Bentolo yang dijadikan sebagai irigasi persawahan oleh warga sektar. Namun tempat ini beg9itu ramai dikunjungi para wisatawan, terlebih ketika hari libur. Lokasi objek wisata ini berdekatan dengan lokasi wisata Goa Trawang dan juga bumi perkemahan Pancasona.

3. Waduk Tempuran

Sama seperti Waduk Bentolo, Waduk Tempuran juga difungsikan sebagai irigasi dan juga sebagai tempat wisata di Blora. Selain itu tempat wisata ini juga dijadikan sebagai wahanan pembinaan para atlet internasional. Di samping itu Waduk Tempuran juga dijadikan sebagai tempat pembudidayaan ikan keramba, tentu saja tempat ini juga cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan memancing bagi Anda yang menyukainya.

4. Waduk Greneng

Selain ada waduk Bentolo dan Waduk Tempuran, Blora juga memiliki waduk Greneng yang juga menarik untuk dikunjungi. Wisata ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata andalan untuk kabupaten Blora. Selain masih terlihat asri dan alami, tempat wisata ini juga terbilang cukup ramai khususnya ketika hari libur. Lokasinya ada di Desa Tunjungan, Dukuh Greneng, Kecamatan Tunjungan dan kabupaten Blora. Waduh Greneng termasuk salah satu Tempat Wisata di Blora yang wajib dikunjungi.

5. Lokomotif Wisata Cepu

Sebuah wisata yang merupakan peninggalan zaman Belanda yakni tempat wisata Lokomotif Kuno yang kini semakin ramai dikunjungi para wisatawan. Lokomotif yang dibuat oleh Jerman ini dulunya dimanfaatkan sebagai media alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut pohon jati. Namun sekarang ini dikelola oleh perhutani KPH Cepu dan menjadi salah satu Tempat Wisata di Blora. Dikarenakan biaya operasional untuk menghidupkan lokomotif ini mahal menjadikan tiket untuk naik loko ini pun ikut mahal.

6. Water Splash Blora

Tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Selain terdaoat wahanan permainan anak, di tempat wisata ini juga ada beberapa fasilitas seperti edukasi yang berupa patung binatang, perpustakaan, mainan anak dan lain sebagainya.

Tiket untuk masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, sehingga tidak heran jika selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang jauh-jauh dari Pati, Rembang, dan daerah lainnya. lokasinya ada di Kecamatan Blora Kota, tepatnya di Tempelan dan Kabupaten Blora.

7. Monumen Hutan Jati Alam

Selain wisata waduknya, Blora juga memiliki wisata andalanh yakni Hutan Jati Alam yang berupa monumen hutan jati. Hutan jati ini biasa dikenal dengan nama Gubug Payung yang dikelola oleh pihak Perhutani KPH Cepu. Hal menarik yang terdapat di sini adalah pohon jati dengan umur ratusan juta tahun dan ukurannya lebih dari 80 cm.

8. Wisata Geologi Blora

Selain memiliki wisata alam, Blora juga memiliki wisata edukasi yakni wisata Geologi di bidang ilmu gas bumi dan perminyakan. Mungkin Tempat Wisata di Blora terdengar sangat asing bukan?. Di Blora sendiri terdapat sebuah tempat wisata Geologi yang pernah dikemukakan oleh BPM di tahun 1890.

Jumlah sumur yang terdapat di tempat wisata ini bisa dikatakan cukup banyak yaitu sekitar 648. Sekitar 112 nya bisa menghasilkan minyak dengan jumlah yang cukup banyak yaitu 16.550.790 m2. Selain menjadi pengeboran minyak yang terbesar di Kawasan Cepu. Warga setempat juga sering melakukan pengeboran dengan jumlah kecil dengan menggunakan timba dan tali. Untuk Anda yang tertarik dengan bidang Geologi, tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

9. Taman Budaya Seni Tirtonadi

Selanjutnya ada taman budaya dan juga seni Tirtonadi yang merupakan salah satu Tempat wisata yang ada di Blora. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang ramai ketika akhir pekan atau libur panjang.

Tempat yang dibangun di tahun 1960 ini sering disebut sebagai sebuah Kebun Binatang Taman Tirtonadi kabupaten Blora karena di sini banyak hewan. Untuk menambah minat wisatawan. Destinasi rekreasi ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti taman, kolam renang anak dan lain sebagainya. Lokasinya ada di Jalan Sudarman Kabupaten Blora.

10. Wisata Kuliner Blora

Yang tidak kalah menarik dari tempat wisata lainnya adalah objek wisata kuliner Blora yang tidak akan Anda temukan di daerah lain. Seperti Soto Blora yang merupakan soto dari Solo yang kemudian dikemas dengan tambahan potongan singkong yang sudah terlebih dulu dikukus atau biasa disebut dengan istilah kletuk.

Selain itu ada juga dumbeg yang merupakan makanan khas Blora yang bisa dengan mudah ditemukan. Ketika acara sakral seperti acara tasyakuran sedekah bumi atau acara sepasar manten.

Selain ada 10 tempat wisata yang sudah disebutkan di atas, ada juga taman seribu lampu Cepu yang dibangun sebagai sebuah pemisah antara dua jalur. Dimana jalur ini adalah jalur berlawanan. Taman ini dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Blora yang sekarang kian menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Ada juga Gunung Pencu yang banyak dilirik oleh para wisatawan dari berbagai daerah, dimana pegunungan ini berupa pegunungan kapur yang keindahannya tidak kalah dari pegunungan dari daerah lain.

KOMENTAR