Tempat Wisata Di Boyolali Yang Selalu Ramai Diserbu Wisatawan

423

Tempat Wisata Di Boyolali Yang Selalu Ramai Diserbu Wisatawan. – Kabupaten Boyolali adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang letak kotanya berada di sebelah utara dari Kota Solo. Jika dari arah Semarang atau kota Solo dari arah timur, Anda akan melewati kabupaten yang terkenal dengan penghasil susu sapinya.

Anda bisa dengan mudah menemukan penjual susu segar di sepanjang jalanan Kabupaten Boyolali ini. Selain menjadi kota penghasil susu sapi, Boyolali juga masih sangat asri dan juga alami karena belum banyak pembangunan. Tidak heran jika banyak daerah di Kabupaten Boyolali ini memiliki potensi wisata alam yang menjanjikan.

Kabupaten Boyolali berbatasan langsung dengan kabupaten Sragen, kabupaten Sukoharjo, kabupaten Surakarta. dan kabupaten Karanganyar di sebelah timur, sedangkan bagian utara berbatasan dengan kabupaten Grobogan dan Kabupaten Semarrang. dan kabupaten Magelang, kabupaten Semarang serta Daerah Istimewa Yogyakarta di sebelah barat.

Tempat Wisata Di Boyolali Yang Selalu Ramai Diserbu Wisatawan

Terkenal dengan sebutan Kota susu menjadikan sebagian besar masyarakat kota Boyolali merupakan peternak sapi perah. Selain dijual langsung berupa susu murni, susu Boyolali juga bisa diolah menjadi keju yang diberi nama keju Indrakila. Namun bukan hanya terkenal dengan sebutan kota susu saja. Kota ini juga terkenal dengan wisatanya yang tidak kalah dengan wisata di daerah-daerah lain.

Tempat Wisata Di Boyolali Yang Selalu Ramai Diserbu Wisatawan

Untuk Anda yang berniat ingin mengunjungi kota Boyolali. Berikut ada beberapa tempat wisata yang sangat rekomended karena memiliki keindahan yang mempesona. Berikut adalah daftar tempat wisata di Boyolali.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Desa Klalah adalah salah satu nama daerah yang ada di kabupaten Boyolali. Di Desa ini ada sebuah objek wisata berupa air terjun yang memiliki pemandangan alam yang sangat memukau. Namanya adalah air terjun Kedung Kayang dengan ketinggian 30 meter. Letaknya sendiri ada di dua kabupaten yakni kabupaten Boyolali dan kabupaten Magelang.

Tempat wisata air terjun kedung Kayang ini masih terbilang sangat alami. Belum tersentuh banyak tangan atau belum tereksploitasi secara besar-besaran. Untuk menuju ke lokasi tersebut medan yang dilaluinya masih jalanan daerah perkampungan.

Anda juga bisa bercamping di sekitar air terjun kedung kayang ini karena terdapat area datar yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup memadai dengan adanya penginapan atau home stay, warung dan area perkemahan.

2. Waduk Badhe

Selain terdapat air terjun yang indah, di Kabupaten Boyolali juga terdapat sebuah waduk yang dinamakan waduk Badhe, dimana fungsi dari waduk ini adalah untuk sistem irigasi persawahan dan perikanan masyarakat di sekitar waduk tersebut. Letaknya ada di desa Bade yaitu salah satu desa di Kecamatan Klego, atau sekitar 40 km jarak dari arah utara kota Boyolali.

Di waduk Badhe ini pemandangannya sangat indah dan sejuk dengan dilengkapi beberapa fasilitas memadai seperti wisata air, area lomba burung, rumah makan, dan juga tempat pemancingan.

3. Gunung Merbabu Dan Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi atau gunung teraktif di dunia, terletak sekitar 25 km dari Kabupaten Boyolali ke arah barat Gunung Merapi memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami dan indah. Bagi para pendaki gunung, untuk mendaki Gunung merapi membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan dengan jalan yang cukup sulit dan 8 jam untuk sampai di Puncak Gunung Merbabu.

Uniknya setiap tanggal 1 malam Suro rutin diadakan sebuah upacara tradisional sedekah Gunung yang menjadi upacara sebagai perwujudan atas rasa syukur masyarakat setempat kepada Tuhan. Gunung Merapi dan Merbabu selalu ramai setiap harinya dan akan lebih ramai ketika hari libur atau malam 1 Suro tersebut. Para wisatawan yang datang pun bukan hanya masyarakat lokal saja, akan tetapi para pendaki dari daerah lain yang ada di Indonesia.

4. Gardu Pandang New Selo

Dari tempat wisata Gardu Pandang New Selo ini Anda akan disuguhkan panorama indah dengan pemandangan dua gunung, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang sangat menakjubkan. selain ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Gunung Merapi dari kejauhan, objek wisata ini juga menjadi salah satu jalur pendakian untuk menuju Gunung Merapi. Selain terdapat pemandangan yang indah dua gunung tersebut, Anda juga bisa menikmati kawasan hutan di sekitarnya, joglo dna juga tempat makan dari objek wisata tersebut.

5. Omah Bambu Merapi

Bagi Anda orang Boyolali dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan tempat wisata yang satu ini?. Namanya adalah Omah Bambu Merapi yang merupakan pilihan tepat untuk liburan Anda. selain disuguhi pemandangan menarik, Anda juga bisa menikmati omah bambu dna juga gardu pandang yang terdapat di objek wisata ini. Di tempat ini Anda akan merasakan ketenangan dan kesejukan. ketenangan dan kesejukan seakan menyatu dengan alam karena memang udaranya sejuk dan juga pemandangan yang indah.

Omah bambu Merapi ini menjadi salah satu spot untuk berfoto selfie dengan background Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang keindahannya sudah terkenal hingga ke pelosok negeri. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berwisata ke tempat ini. Biayanya sendiri sekitar Rp. 5.000 saja, biaya tersebut dikenakan untuk satu motor.

6. Bukit Gancik

Selain memiliki Omah Bambu Merapi yang sangat cantik, Kabupaten Boyolali juga memiliki bukit Gancik yang hampir mirip dan menjadi saingan objek wisata New Selo. Bukit Gancik ini terbilang masih baru di Kabupaten Boyolali ini. Bukit Gancik ini terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl sehingga pemandangan dari gardu pandang ini sangat mempesona dan menakjubkan.

7. Candi Lawang

Yang selanjutnya ada tempat wisata di Boyolali yang berupa Candi Lawang. Keindahannya tidak kalah dengan candi-candi yang ada di Magelang, Yogyakarta dan daerah-daerah lainnya. Candi Lawang ini merupakan bangunan yang sangat bersejarah yang dibangun oleh kaum hindu pada zaman dahulu. Letaknya aa di Kabupaten Boyolali, yaitu tepatnya di Kecamatan Cepogo, Desa Gedangan. Untuk rute terdekat menuju candi ini adalah dari arah Jogja menuju ke kabupaten Klaten baru kemudian langsung menuju ke Kabupaten Boyolali.

8. Pemandian Umbul Pengging

Tempat Wisata di Boyolali lainnya yang ramai dikunjungi para wisatawan adalah Pemandian Umbul Pengging. Jadi bukan hanya Klaten saja yang memiliki tempat pemandian umbulnya yang populer bukan?. Kabupaten Boyolali juga punya, dan tentu saja keindahannya tidak kalah dengan pemandian Umbul yang terdapat di kabupaten Klaten.

Menurut sejarah, umbul Pengging ini adalah tempat yang dulunya dijadikan sebagai tempat untuk mandi keluarga keraton Kasunan Surakarta. Nama pemandian Umbul Pengging ini dulunya adalah pemandian Tirto Marto. Merupakan tempat pemandian keluarga ningrat, sehingga jangan heran jika bangunan Umbul Pengging ini memiliki nilai seni tinggi khas arsitektur Jawa zaman dahulu.

Selain banyak terdapat wisata alam, di Kabupaten Boyolali juga terdapat wisata budaya seperti kirab gunung. Kirab Gunung ini yang selalu diadakan setiap tanggal 1 malam Suro di Gunung, atau kirab budayanya yang ada di Kecamatan Selo. Selain itu juga terdapat sadranan yang merupakan sebuah tradisi masyarakat setempat untuk ziarah kubur dan membersihkan makan para leluhur.

KOMENTAR