8 Tempat Wisata di Cilacap yang Terkenal

100

Tempat Wisata di Cilacap yang Sayang Untuk Dilewatkan. Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kabupaten Cilacap Jawa Tengah?. Tentunya tidak sedikit yang mengira bahwa kabupaten Cilacap adalah kabupaten yang menyeramkan. Karena di Cilacap terdapat penjara khusus untuk tahanan dengan kejahatan paling berat yang letak penjaranya tersebut berada di Pulau Nusakambangan.

Cilacap adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luasan wilayah terbesar di Jawa Tengah dan Pulau Nusakambangan masuk ke dalam bagian Kabupaten Cilacap. Bagi yang sudah mengetahuinya tentu sudah tidak asing lagi dengan potensi-potensi wisata yang ada di Kabupaten tersebut. Kami mencoba menelusuri beberapa destinasi populer yang masuk kategori Tempat Wisata di Cilacap.

Tempat Wisata di Cilacap

Namun bagi yang belum pernah mengunjungi Kabupaten ini tentu tidak mengira bahwa Cilacap memiliki tempat wisata. Padahal beberapa tempat wisata di Cilacap keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata populer seperti pantai yang ada di Bali.  Cilacap adalah sebuah Kabupaten yang berada di bagian selatan dari Pulau Jawa. Sehingga menjadikan kabupaten Cilacap ini memiliki beberapa pesona alam yang keindahannya bisa memanjakan mata khususnya pantainya.

Destinasi atau tempat tujuan wisata alam yang ada di Cilacap sendiri ada banyak. Diantaranya ada objek wisata sejarah yakni benteng-benteng peninggalan penjajah Belanda. Sampai sekarang masih terjaga dengan baik karena pengelolaan cukup baik yang dilakukan oleh pemerintah.  Jika Anda akan berkunjung ke Kabupaten Cilacap, berikut adalah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi karena pesonanya yang luar biasa indah

Daftar Tempat Wisata di Cilacap yang Terkenal

1. Pantai Teluk Penyu Cilacap

Tempat wisata di Cilacap pertama yang sudah terkenal di Cilacap adalah Pantai Teluk Penyu. Asal usul dinamakan teluk Penyu adalah pada zaman dahulu banyak dijumpai penyu liar di sekitar tempat tersebut. Namun lama kelamaan penyu-penyu liar hilang dan tidak datang lagi.
Pantai Teluk Penyu ini tergolong pantai dengan ombak yang cukup besar, namun masih dalam batas aman untuk Anda melakukan banyak kegiatan di pantai ini. Di Pantai Teluk Penyu ini tersedia beberapa wahana seperti speed boat dan banana boat yang aman untuk Anda coba.
Di sepanjang pantai ini juga terdapat banyak warung yang bisa Anda coba ketika merasa lapar dan tersedia pula banyak lapak yang menjual berbagai oleh-oleh khas Kabupaten Cilacap.

2. Pulau Nusakambangan

Hampir setiap orang tentu sudah tahu tentang Nusakambangan yang terkenal dengan buinya untuk para penjahat kelas kakap. Namun dibalik kisah yang menyeramkan tersebut Nusakambangan juga memiliki pesona alam yang memukau. Lalu pertanyaannya apa saja yang ada di Pulau tersebut? selain memiliki keindahan pasir putihnya, pulau Nusakambangan juga dikelilingi hutan yang bisa Anda nikmati ketika mengunjungi Pulau ini.

Tidak hanya itu, di Pulau Nusakambangan juga terdapat benteng yang merupakan peninggalan jajahan bangsa Belanda yang dapat disusuri sekaligus belajar tentang sejarah yang terjadi pada masa lampau.  Untuk akses menuju Pulau Nusakambangan tersebut bisa dengan menggunakan kapal yang banyak tersedia di Pantai Teluk Penyu dengan waktu tempuh sekitar 5 menit

3. Kampung Laut Cilacap

Selain memiliki pantai yang indah, Cilacap juga memiliki objek wisata lainnya seperti Kampung Laut Cilacap. Namun masih banyak yang belum tahu keberadaan tempat wisata ini yang ternyata ada banyak keindahan tersembunyi di dalamnya.  Kampung Laut Cilacap yang menyuguhkan keindahan dan panorama seperti kehidupan masyarakat setempat yang hidup di atas laut, terdapat pula Gua Karst dan juga hutan bakau yang bisa dikunjungi.

Untuk akses menuju tempat wisata di Cilacap ini. Anda bisa menggunakan kapal melalui dermaga yang terdapat di Cilacap, atau bisa dengan melalui Nusakambangan yakni dengan menyusuri hutan bakau menggunakan kapal boat lagi. Ketika musim kemarau objek wisata kampung Laut ini akan terlihat lebih indah.

4. Pantai Karang Pandan

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata alam yang masih sepi, Pantai Karang Pandan menjadi destinasi yang cocok untuk Anda. karena Pantai Karang Pandan ini masih belum terkenal sehingga masih cukup sepi.

Namun keindahan Pantai ini tidak boleh disepelekan begitu saja karena air laut di Pantai ini jernih, memiliki pasir putih dan juga ombak yang lumayan tenang. sehingga cocok sekali untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam di Pantai ini karena suasanya bisa membuat pikiran tenang.

5. Benteng Pendem Cilacap

Jika sudah berada di Teluk Penyu, sayang sekali jika Anda tidak menyempatkan waktu berkunjung ke tempat wisata Benteng Pendem. Salah satu tempat wisata di Cilacap yang terdapat di Kabupaten Cilacap karena letaknya tidak jauh dari Pantai Teluk Penyu. Benteng yang merupakan peninggalan jajahan bangsa Belanda dulu hingga sekarang masih terjaga karena dikelola oleh Pemerintah setempat.

Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai bangunan bersejarah ini Anda bisa menyewa tour guide untuk menemani mengenai informasi sembari menyusuri keindahannya.  Seperti yang tercatat dalam Sejarah, Benteng Pendem ini sudah dibangun sejak tahun 1861 yang memiliki beberapa spot penting seperti benteng pengintai, terowongan, ruangan amunisi, ruang tembak serta senjata bom yang sampai sekarang masih berdiri tegakdi sisi bukit dekat dengan benteng.

6. Pantai Pasir Putih Permisan Nusakambangan

Masih di dalam Nusakambangan, Pantai Pasir Putih Permisan ini memiliki keindahan yang cukup memukau. Tepatnya di sisi selatan Pulau Nusakambangan, sedangkan untuk mencapai lokasi Anda harus menggunakan kapal feri yang terdapat di Pelabuhan Lo Manis untuk menuju ke Pelabuhan Sodong. Sesampainya di Sodong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan alat transportasi yang disediakan untuk menuju ke Pantai ini. Yang menjadikan Pantai ini indah adalah ombaknya yang cukup besar dengan pasir putih serta angin yang berhembus kencang sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama bermain di pantai Pusir Permisan ini.

7. Curug Cimandaway

Tempat wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Curuh Cimandaway yang memiliki keindahan memukau. Curug Cimandaway berada di bagian sebelah barat Cilacap yang merupakan perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 65 meter yang sudah resmi dibuka sebagai objek wisata yang ada di Cilacap Provinsi Jawa Tengah di athun 2012.

8. Pantai Widarapayung

Selanjutnya ada Pantai Widarapayung yang memiliki deburan ombak yang besar dan cocok dijadikan spot untuk peselancar. Bahkan pada tahun 2010 Pantai Widarapayung ini pernah dijadikan sebagai tempat untuk event selancar Nasional karena ombaknya yang sangat besar.

Selain bisa dijadikan tempat bagus untuk berselancar, Anda juga bisa bermain-main di sekitar pantai sembari menikmati keindahan yang mempesona dengan menaiki seekor kuda.
Selain ada 8 tempat wisata tersebut, Cilacap juga masih memiliki banyak tempat wisata yang sayang sekali untuk Anda lewatkan. Seperti Benteng Karang Bolong yang masih berada di kawasan Pantai Teluk Penyu, Gung Srandil yang merupakan tempat wisata religi, atau jika beruntung Anda akan menemui acara adat Sedekah laut Cilacap, atau bisa juga bersantai-santai di Alun-alun Kota Cilacap yang juga tidak kalah indah dan ramai pengunjung.

Namun yang perlu diingat ketika Anda mengunjungi tempat wisata adalah jangan merusak apapun yang ada di objek wisata tersebut. Anda harus ikut menjaga dan melestarikan tempat wisata yang sudah Tuhan berikan untuk dinikmati serta lestarikan Bangunan seperti Benteng yang merupakan peninggalan sejarah agar tetap utuh dan terjaga.

Untuk yang memerlukan Paket Wisata untuk mendapatkan pendampingan dan informasi harga serta kondisi secara detail. Bisa langsung menghubungi HdG Team, kemanapun tujuan wisata anda di Indonesia. Untuk destinasi populer seperti Lombok, Bali, Belitung, Yogyakarta, Sukabumi, Bandung dan Garut serta lokasi lainnya.

Peta Lokasi Kabupaten Cilacap

Save

KOMENTAR