Inilah Tempat Wisata Di Kabupaten Brebes Yang Ngehits

820

Tempat Wisata di Kabupaten Brebes. – Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang cukup padat, dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak sekali pulau-pulau. Dari pulau yang tidak berpenghuni sampai dengan pulau yang padat seperti Pulau Jawa. Pulau Jawa sendiri terbagi menjadi 3 daerah yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Dari ketiga daerah ini saja sudah terhitung ada banyak sekali suku, budaya dan juga bahasa, tentu tidak mengherankan jika Indonesia memiliki banyak sekali suku, bahasa, dan juga budayanya yang merupakan kebanggaan bangsa.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan jumlah suku bangsanya, bahasanya, budayanya, dan juga kekayaan alamnya yang melimpah. Tidak heran jika Indonesia memiliki potensi wisata yang harus diperhatikan, salah satunya adalah Provinsi Jawa Tengah.

Inilah Tempat Wisata Di Kabupaten Brebes Yang Ngehits

Tempat Wisata di Kabupaten Brebes1

Provinsi Jawa Tengah merupakan sebuah daerah yang termasuk memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan, sebut saja daerah Kabupaten Brebes. Di Kabupaten Brebes ini terdapat Banyak tempat Wisata di Brebes yang ngehits dan asyik untuk dijadikan tempat liburan di Garut.

Selain terkenal dengan bawang dan telur asinnya, Kabupaten Brebes juga patut dibanggakan karena memiliki potensi wisata dengan keindahan yang mempesona. Letak Kabupaten Brebes ini yakni berbatasan langsung dengan salah satu kota di Jawa Barat yakni Cirebon.

Dalam kehidupan sehari-harinya, sebagian masyarakat Brebes ini menggunakan bahasa Sunda yang merupakan bahasa Jawa Barat namun tetap saja ada yang menggunakan bahasa dialek ngapaknya karena memang masih masuk bagian Jawa Tengah.

Terlepas dari dua bahasa yang digunakan, Brebes memiliki daya tarik tersendiri di bidang pariwisata. Banyak sekali destinasi wisata yang sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, dan berikut adalah tempat wisata di Kabupaten Brebes yang rekomended.

1. Kaligua Brebes

Kaligua merupakan salah satu tempat wisata yang berada di dataran tinggi dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan, selain itu udara yang masih sejuk dna dingin menjadikan Kaligua ini menjadi destinasi wajib para wisatawan. Tidak heran jika objek wisata Kaligua ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.
Di tempat wisata Kaligua ini Anda bisa menikmati keindahan alam seperti Goa Jepang dan mata air tuk bening. Lokasinya sendiri berada di Kabupaten Brebes, yakni di Kecamatan Paguyangan, Desa Pandansari.

2. Ciblon waterboom

Selain terdapat wisata alamnya, Brebes juga memiliki tempat wisata yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga di hari libur. Wahana Pemandian Ciblon Waterboom ini berdiri diatas lahan seluas 1,5 h dengan dilengkapi fasilitas lengkap seperti permainan ember tumpah, lintasan kolam, kolam renang, tempat senam aerobik, sauna dan masih banyak wahana lain yang bisa Anda nikmati.

3. Curug Putri

Selanjutnya ada tempat wisata air yakni Curug Putri, uniknya curug yang dulunya mmeiliki dua sumber pancuran atau yang terkenal dengan sebutan curug Kembar ini sekarang hanya ada satu curug saja.

Curug Putri ini memiliki tinggi sekitar 35 meter, meskipun terbilang pendek curug Putri ini memiliki pemandangan yang eksotis karena dikelilingi pepohonan rimbun dan juga dikelilingi tebing bebatuan yang merupakab tebing alami. Lokasinya ada di Kecamatan Sirampog, Desa Mendala, Brebes.

4. Pemandian air panas Tirta Husada

Untuk Anda yang suka sekali bermain air, wahana pemandian air panas Tirta Husada ini cocok dijadikan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Selain mengandung belerang yuang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit rematik dan kulit, air panas Tirta Husada juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas lengkap seperti cafe, karaoke, dan kolam renang. Lokasinya sendiri terletak di Kecamatan Paguyangan, di kabupaten Brebes, Dukuh Kedungoleng.

5. Waduk Malahayu Banjarharjo

Tempat Wisata di Kabupaten Brebes berikutnya adalah Waduk Malahayu Banjarharjo. Waduk yang merupakan salah satu tempat wisata di Brebes ini dulunya adalah sebuah waduk peninggalan penjajahan Belanda. Bisa dikatakan waduk ini adalah waduk bersejarah, dimana waduk menjadi saksi bisu atas penjajahan yang dilakukan Belanda pada zaman dahulu. Namun sekarg Waduk Malahayu Banjarharjo menjadi tempat wisata yang sangat potensial di Kabupaten Brebes.

Fungsinya sendiri sendiri sekarang dijadikan sebagai irigasi persawahan para warga sekitar waduk tersebut dan juga menjadi pengendali banjir. Selain menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan, waduk ini juga biasa dijadikan sebagai area perkemahan karena pemandangannya yang menakjubkan. letaknya ada di Kabupaten Brebes, Desa Malahayu, kecamatan Banjarharjo.

6. Waduk Penjalin

Selain ada waduk Malahayu Banjarharjo, Brebes juga memiliki waduk Penjalin yang juga merupakan salah satu tempat wisata berupa waduk dengan pemandangan yang mempesona. Waduk Penjalin ini memiliki luas sekitar 1,5 km2 yang juga dibangun ketika masa pemerintahan Bangsa Belanda di tahun 1930.

Fungsinya juga sama seperti waduk Malahayu Banjarharjo yakni menjadi irigasi dan pengendali banjir. Meskipun belum terlalu ramai dikunjungi para wisatawan dari daerah lain, Waduk Penjalin ini sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat wisata andalan karena pemandangannya yang indah. Waduk Penjalin ini terdapat di Desa Winduaji, yaitu di Kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes.

7. Pantai Randusanga

Selain ada beberapa tempat wisata yang berupa waduk, Brebes juga memiliki objek wisata Pantai seperti daerah lainnya di Jawa Tengah. Namanya adalah Pantai Randusanga yang pemandangan sunsetnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tidak sedikit wisatawan yang rela jauh-jauh dari daerah lain untuk melihat keindahan sunset di Pantai Randusanga ini secara langsung.

Selain pemandangan sunsetnya yang menjadi daya tariknya, Pantai ini juga memiliki pemandangan perkebunan bawang dan juga budidaya rumput lautnya serta ikan bandengnya juga menjadi andalan pantai ini. Pantai Randusanga ini letaknya dekat dengan jalan Pantura dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti arena balap motor, camping ground, mainan anak dan lain sebagainya.

8. Desa wisata Ciseureuh

Kabupaten Brebes tidak hanya terkenal dengan bawang dan telur asinnya saja, akan tetapi juga terkenal dengan budaya dan juga adatnya. Seperti upacara adat Ngasa yang merupakan adat di daerah Desa Ciseureuh yang dilaksanakan tiap selasa kliwon.

Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan pemandangan alam dan juga adat budayanya yang terbilang unik. Lebih uniknya lagi di desa ini ketika membangun sebuah rumah tidak diperbolehkan menggunakan tembok dan juga atap genting. Selain itu jika di desa lainnya di Kabupaten Brebes banyak ditanami bawang, di Desa Ciseureuh yang masuk ke dalam kecamatan Ketanggungan ini dilarang menanam tenaman bawang. Sungguh aneh bukan? Jika Anda tertarik dan penasaran, tidak akan mengecewakan jika datang langsung dan menikmati desa wisata ini.

9. Ranto CANYON

Yang selanjutnya ada tempat wisata menarik yaitu Ranto Canyon yang merupakan objek wisata alam dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. di tempat wisata ini Anda bisa menikmati pemandangan sembari berpetualang dan menantang adrenalin.

Awalnya tempat wisata ini disebut dengan Leuwih Ranto, namun kemudian diganti menjadi Ranto Canyon dikarenakan tempat wisata ini memiliki kemiripan dengan objek wisata Green Canyon yang ada di Pangandaran. Lokasinya ada di Kecamatan Salem, Desa Windusaari, Brebes.

Itulah daftar Tempat Wisata di Kabupaten Brebes yang mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk liburan Anda di weekend ini. Semoga informasi Tempat wisata di Kabupaten Brebes ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, terutama untuk para pembaca setia hoteldiindonesia.net.

Ketika berkunjung dan berwisata ke Kabupaten Brebes ini, tidak ada salahnya jika menyempatkan ke Toko oleh-oleh khas Brebes yang menyediakan banyak sekali makanan dan souvenir khas Brebes seperti telur asin dan lain sebagainya. semoga perjalanan liburan Anda menyenangkan.

KOMENTAR