Tempat Wisata Di Kabupaten Klaten Bersinar

630

Tempat Wisata Di Kabupaten Klaten Bersinar. – Kabupaten Klaten, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota kecil ini memiliki slogan yaitu “Klaten Bersinar”. Disini saya yang akan memberikan beberapa tempat wisata menarik dan menakjubkan untuk Anda datangi dan singgahi sementara.

Tempat Wisata Di Kabupaten Klaten Bersinar

Wisata Kabupaten Klaten di dominasi dengan wisata alam dam wisata lainya. Meskipun masih kalah dengan beberapa kota tetangganya seperti Solo dan Yogyakarta. Namun jangan anggap remeh Tempat wisata di Kabupaten Klaten ini. Karena bagi Anda sekeluarga beserta kerabat dekat yang sedang berlibur di Klaten masih kebingungan mencari wisata yang menarik. mari intip beberapa tempat wisata keren di bawah ini.

Tempat Wisata Di Kabupaten Klaten Bersinar

1. Umbul Ponggok

Tempat wisata pertama di Kabupaten Klaten yang bisa Anda kunjungi adalah Umbul Ponggok, bahkan kini Umbuk Ponggok sudah di kenal sampai ke luar negeri dan telah menjadi ikon wisata dari Kota Klaten. Jika dengan melihat foto kebanyakan orang mengira Umbul Ponggok adalah bukan kolam, namun sebenarnya tempat tersebut adalah sebuah kolam renang alami dengan sumber air yang langsung berasal dari mata air asli.

Jika Anda dan keluarga berada di Umbul Ponggok terdapat beberapa aktivitas yang asyik untuk dilakukan yaitu snorkelling dan juga mengambil gambar foto di bawah air dengan berbagai macam alat yang tersedia di dalamnya. Foto yang diambil akan menunjukkan aktivitas sehari-hari karena dilengkapi dengan fitur beda asli seperti laptop, motor, tenda, kursi dan meja yang terletak di dasar kolam.

Umbul Ponggok kini menjadi tempat wisata yang terpopuler di Klaten karena memiliki keunikan saat foto di bawah air. Selain itu akses untuk menuju di lokasi tersebut terbilang cukup mudah. Apabila Anda dan keluarga ataupun dengan kerabat sedang berada di Klaten jangan pernah lupa untuk mampir berkunjung sebentar di Umbul Ponggok.

2. Sumber Mata Air Cokro Tulung

Setelah membahas tempat wisata air dari sumber mata air asli sangat tidak lengkap jika tidak membahas objek wisata mata airnya juga. Akan tetapi objek wisata ini sangat berbeda dengan objek wisata air lainnya yang berada di Kabupaten Klaten namanya adalah Mata Air Cokro Tulung.

Mata Air Cokro Tulung mirip dengan waterpark kecil atau mini yang dilengkapi dengan beberapa wahana menarik yang patut dicoba. Suasana alam objek wisata Klaten satu ini bertambah lagi dengan air yang ada berasal dari mata air asli menyejukkan dan menjadikan terasa segar.

3. Umbul Kemanten

Wisata mata air populer kedua setelah Umbul Ponggok adalah Umbul Kemanten yang sering di sebut dengan Umbul Maten. Sedikit berbeda dengan Umbul Ponggok meski sama-sama berasal dari mata air asli. Pemandangan di sekitar Umbul Kemanten terlihat lebih alami karena dasar kolam bukanlah pasir melainkan bebatuan dan pada sekitar kota banyak tumbuh pohon besar.

Umbul Kemanten masih satu kecamatan dengan Umbul Ponggok yang akan memudahkan Anda dan keluarga untuk berekreasi. Karena apabila kebosanan akibat keramaian sudah datang ketika berada di Umbul Ponggok, maka Anda bisa datang ke Umbul Manten untuk mendapatkan kesunyian alami dan dapat berelaksasi.

4. Umbul Jolotundo

Masih seputar tentang wisata mata air di Klaten, salah satu objek wisata yang dapat menjadi alternatif Anda saat berada di Klaten adalah Umbul Jolotundo. Wisata air Jolotundo adalah sebuah kolam renang yang terbilang cukup tua di Kabupaten Klaten, karena berdasarkan informasi yang beredar Umbul Jolotundo dibangun pada tahun 1924.

Hal yang membuat berbeda kola, Umbul Jolotundo dengan yang lain adalah kedalamannya yang dipisahkan masing-masing sehingga sangat cocok buat Anda yang kesulitan dan tidak bisa berenang. Kesunyian akan Anda dapatkan karena wisata ini tidak seramai wisata Umbul Ponggok.

5. Museum Gula Jawa

Tak hanya menyuguhkan wisata air Kabupaten Klaten juga memiliki wisata sejarah yaitu Museum Gula Jawa. Wisata sejarah ini dikenal dengan sebutan Museum Gula Gondang Winangun, pasti Anda bingung wisata ini memiliki hal merakit apa. Museum gula pernah menjadi Museum terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan luas bangunan mencapai 100 hektar.

Jika berada di Museum Gula Anda dapat menemukan banyak koleksi yang akan menambah edukasi sejarah diantaranya adalah foto bersejarah, lokomotif kereta tebu alat komunikasi masa lampau, replika peralatan gula sampai diorama gula serta bangunan pabrik tebu. Bagi yang ingin untuk belajar lebih jauh lagi, Anda dapat mengunjungi Perpustakaan di Kawasan Museum ini.

6. Makam Sunan Pandanaran

Kabupaten Klaten ternyata memiliki wisata religi yaitu Makam Sunan Pandanaran atau biasa disebut Makam Tembayat. Kawasan Makam Tembayat merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Tembayat. Sunan Tembayat adalah salah seorang murid dari Kanjeng Sunan Kalijaga.

Keberadaan Makam Tembayat berlokasi di perbukitan Jabalkat, yang untuk bisa sampai di lokasi tersebut Anda harus menaiki beberapa ratus anak tangga seperti ketika Anda berjalan menuju ke Makam Sunan Muria dan Sunan Kudus.

7. Masjid Al Aqsa

Wisata religi lain yang berada di Klaten adalah Masjid Al Aqsa, sebuah masjid yang memiliki arsitektur yang indah dan berada di sebelah jalan raya utama untuk menuju ke pusat Kota Klaten. Lokasi yang strategis memudahkan para pengunjung untuk menemukannya dan berkunjung.

Desain arsitektur pada Masjid Al Aqsa didominasi dengan warna cokelat dan putih, warna tersebut menjadikan masjid terlihat sangat megah. Halaman atau peralatan masjid juga cukup luas apalagi ditambah dengan sebuah menara yang membuat Masjid Al Aqsa terlihat semakin megah,

8. Riverboarding Kali Pasur

Wisata alam ini sangat cocok untuk seseorang yang menyukai tempat wisata yang akan memacu adrenalin mereka. Ketika berada di Sungai Pasur Anda dapat mencoba Riverboarding dan menyusuri sungai tersebut. Saat menyusuri Sungai Pasur Anda akan melewati tiga desa dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Polanharjo dan Kecamatan Tulung.

9. Candi Lumbung

Tempat Wisata di Kabupaten Klaten yang berikutnya adalah Candi Lumbung. Beralih ke kecamatan lain dan beralih dari wisata religi serta wisata air, di Kecamatan Prambanan banyak sekali ditemui Candi yang bisa di Kunjungi. Salah satu candi yang dapat dikunjungi adalah Candi Lumbung yang lokasinya masih satu kompleks dengan Candi Prambanan dan bersebelahan dengan Candi Bubrah.

Keberadaan Candi Lumbung memang kalah dikenal para wisatawan jika dibandingkan dengan wisata lain di Klaten. Jika Anda pencinta sejarah maka tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke Candi Lumbung sebagai alternatif ketika Anda berada di kawasan Candi Prambanan.

10. Candi Plaosan

Tempat Wisata di Kabupaten Klaten yang terakhir adalah Masih seputar wisata Candi. Kali ini adalah wisata candi yang paling populer kedua di Klaten yaitu Candi Plaosan. Candi ini terletak tidak jauh dari kawasan Taman Wisata Candi Prambanan. Menurut masyarakat Klaten Candi Plaosan adalah salah satu Candi yang memiliki pemandangan cantik.

Selain itu Candi Plaosan dikenal dengan sebutan Candi Kembar. Hal ini dikarenakan berdirinya dua candi besar yang ukuran dan bentuk yang serupa. Sesuai dengan namanya candi yang berada di sebelah selatan. Disebut candi kidul dan candi yang berada di utara adalah candi lor. Dua bagian candi tersebut dipisahkan dengan dinding batu,

11. Warung Apung Rowo Jombor

Wisata lain yang unik di Kabupaten Klaten adalah warung apung. Lokasinya berada di Desa Jombor Kecamatan Krakitan Bayat. Berjarak sekitar enam kilo meter ke selatan dari kota Klaten. Tempat ini menyediakan banyak makanan yang menu dasarnya adalah ikan air tawar. Anda pasti lelah setelah berkeliling di Kota Klaten dan membutuhkan asupan, maka warung apunglah jawabannya.

Itulah Tempat Wisata di Kabupaten Klaten, Yuk rencanakan liburan ke Klaten.

 

KOMENTAR