Tempat Wisata Di Kabupaten Purbalingga Yang Wajib Anda Kunjungi

561

Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga РKabupaten Purbalingga adalah salah satu dari sekian banyaknya Kabupaten yang ada di Provinsi jawa Tengah. Purbalingga merupakan kabupaten yang berdekatan dengan Banyumas, Purwokerto sehingg tidak heran jika bahasanya atau dialeknya masih ngapak dan mirip dengan Kabupaten Purwokerto.

Di sebelah utara Kota Purbalingga sendiri berbatasan langsung dengan kabupaten Pemalang, sedangkan di sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyumas.

Tempat Wisata Di Kabupaten Purbalingga Yang Wajib Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Purbalingga1

Banyak yang tidak mengetahui jika Purbalingga juga memiliki tempat wisata menarik dan menakjubkan seperti daerah-daerah lain di Provinsi Jawa Tengah. Hanya saja tempat wisata ini belum banyak didengar wisatawan dari daerah lain. Jika Anda masih bingung dalam mencari tempat untuk berlibur, Purbalingga mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang tidak akan membuat Anda kecewa ketika mengunjunginya. Ada cukup banyak Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang wajib untuk Anda kunjungi diantaranya :

1. Sangaluri Park

Tempat wisata di Kabupaten Purbalingga yang pertama adalah Sanggauri Park yang merupakan salah satu tempat wisata di Purbalingga dengan banyak fasilitas di dalamnya. Di tempat wisata ini Anda bisa mengenal lebih jauh tentang reptil dan juga serangga di Taman Reptil, selain itu Anda juga bisa belajar fisika karena di kawasan objek wisata ini terdapat Wahana Iptek.

Di objek wisata ini juga terdapat Museum Uang, Museum Wayang dan Artefak sehingga Anda bisa berwisata sembari belajar mengenal sejarah Wayang, atau hanya sekadar melihat koleksi uang dari zaman dahulu.

Di Sanggaluri Park juga banyak sekali wahana bermain anak seperti istana balon, caraousel, swinger, trampolin raksasa, kereta kecil, taman lalu lintas dan berbagai wahana anak lainnya.Kawasan wisata Sanggaluri Park ini berada di Buper Munjuluhur, Kutasari, Purbalingga. Untuk menuju ke tempat wisata ini Anda membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit dari Pusat Kota Purbalingga.

2. Goa Lawa

Selanjutnya ada Goa Lawa yang merupaka tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Purbalingga. Goa Lawa ini memiliki luas sekitar 5 km dan panjang sekitar 1,5 km, Goa Lawa ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik karena proses pembetukan Goa ini terjadi karena pendinginan lava dan pembekuan lava.

Yang kemudian lava menjadi kerung dan berubah menjadi keras, uniknya lagi Goa ini tidak emngandung kapur namun tidak menghasilkan stalagtit dan stalagmit seperti Goa pada umumnya yang terletak di bebatuan kapur dna juga lereng bukit.Anda bisa mengunjungi tempat wisata Goa Lawa ini di hari biasa atau di hari libur, letaknya sendiri berada di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, di Desa Siwarak yang berjarak 25 km dari arah utara kota Purbalingga.

3. Air terjun Wana Tirta

Curug Wana Tirta ini memiliki ektinggian 16 meter, curug ini berada di Desa Panusupan, Kabupaten Purbalingga. Curug Wana Tirta ini merupakan salah satu wisata alam yang ada di Purbalingga yang memiliki pemandangan indah dan mempesona.

Selain diperbolehkan untuk beramin air yang ada di Curug ini, Anda juga bisa melakukan berbagai permainan seperti tracking ke Puncak Bukit Ardi Lawet. Selain itu Anda juga bisa menikmati proses pembuatan gula merah, atau melihat proses pembuatan souvenir khaas dari Desa Panusupan, outbound, dan camping serta river tacking yang dilakukan di Sungai Desa Panusupan tersebut.

4. Goa Lorong Kereta

Selain Goa Lawa, Purbalingga juga memiliki tempat wisata unik lainnya yakni Goa Lorong Kereta yang merupakan objek wisata dengan banyak jalan yang bervariasi, mulai dari jalan yang sempit, jalan lebar hingga jalan yang sangat sempit.

Sehingga ketika Anda berniat untuk masuk ke kawasan Goa Lorong Kereta ini, Anda akan dipandu oleh seorang Guide lokak yang sudah banyak tahu mengenai Goa ini.

Goa Lorong Kereta ini berada di kawasan Goa Lawa, hanya berjarak berapa meter dari pintu masuk tempat wisata Goa Lawa. Nama Goa Lorong Kereta sendiri diambil dari bentuknya Goa yang memang menyerupai Lorong kereta. Bagi Anda yang ingin berwisata di tempat yang menantang, Goa Lorong Kereta ini bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi yang menarik dan mempesona.

5. Monumen Jenderal Sudirman

Jika Anda berniat mengunjungi Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Banyumas ini, akan sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke Monumen Jenderal Sudirman. Tempat wisata bersejarah ini selalu ramai dipadati para wisatawan, karena selain letaknya tidak terlalu jauh hanya berjarak 30 km dari Kota, monumen ini dibangun untuk mengenang Pahlawan Jenderal Sudirman yang merupakan Pahlawan Indonesia yang lahir di Kota kecil tersebut yaitu Purbalingga.

Monumen Jenderal Sudirman ini terletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, untuk menapai lokasi tersebut Anda bisa lewat Bobotsari atau lewat Kejobong dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

6. Desa Limbasari

Desa Limbasari ini merupakan tempat wisata yang ada di kecamatan Bobotsari, dari kota Purbalingga bisa ditempuh dengan perjalanan menggunakan kendaraan umum atau pribadi selama setengah jam. Lokasinya sendiri terletak di kaki Pengunungan Plana, dengan jarak sekitar 17 km dari Pusat Kabupaten Purbalingga.

Di tempat wisata Desa Limbasari ini Anda bisa menikmati pemandangan dengan cara bermain Tubing di Sungai yang terdapat di Desa ini, air sungainya yang masih jernih menambah keindahan pesona wisata alam tersebut.

7. Purbasari Pancuran Mas

Selain tempat wisata alam, Purbalingga juga memiliki tempat wisata pendidikan Purbasari Pancuran Mas yang sudah dibangun sejak tahun 1993, sekitar 24 tahun lalu yang didirikan oleh H. Sarimun Budi Purwanto. Awalnya tempat ini adalah sebuah tempat koleksi jenis ikan air tawar, dari ikan yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Koleksi ikan yang semakin banyak dengan dilengkapi koleksi ikan raksasa bernama Arapaima Giga yang merupakan ikan asli Sungai Amazon ini kemudian menjadi semakin terkenal di kalangan masyarakat. lokasi tempat wisata Purbasari Pancuran Mas ini berada di Kecamatan Padamara, Desa Purbayasa, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dimana tempat wisata ini terkenal dengan tempat wisata yang berkonsep pendidikan.

8. Usman Janati City Park

Ada juga tempat wisata yang cocok untuk Anda dan keluarga yaitu Usman City Park yang merupakan tempat wisata dengan berbagai wahana permainan anak sperti mini train, bioskop mini, kereta luncur yang berbentuk ulat, warma coaster, dan istana balon. Dulunya taman ini adalah sebuah pasar yang kemudian dijadikan sebagai tempat wisata dengan luas sekitar 16.000 meter persegi. Usman Janati Park merupakan tempat wisata dai kabupaten Purbalingga yang wajib Anda datangi.

Taman Usman Janati City Park ini terletak tepat di pusat atau di tengah kota Purbalingga, berjarak sekitar berapa ratus meter saja dari Kota Purbalingga. Nama taman ini diambil dari salah satu nama tokoh prajurit Korps Komando Perasi atau KKO atau sekarang dikenal dengan sebutan marinir yang meninggal di Negara Singapura ketika sedang terjadi konfrontasi Indonesia dengan negara tetangga yakni Malaysia pada tahun 1968.

9. Tirta Asri Walik

Selanjutnya ada tempat wisata Tirta Asri walik yang merupakan wisata pemandian di Desa Walik, yaitu salah satu desa yang masuk ke dalam Kecamatan Kutasari, kabupaten Purbalingga. Dari pusat Kota dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 15 menit saja. di tempat wisata ini selain tersedia kolam renang, juga terdapat wisata alam yang merupakan perbukitan yang sudah disulap oleh pihak pengelola.

10. Pancuran Ciblon Bobotsari

Yang terakhir Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga ada Pancuran Ciblon Bobotsari yang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di sebelah terminal Kecamatan Bobotsari atau mengarah ke Kabupaten Pemalang. Tempat wisata ini tergolong sangat mudah untuk dikunjungi karena berdekatan sekali dengan terminal Bobotsari.

Di tempat ini selain kolam renang, juga terdapat banyak wahana lain seperti pusat kuliner, panggung, kolam terapi ikan, mata air, dan juga agrowisata.

Untuk sekadar tips saja, jika Anda ingin berkeliling dan berwisata ke Purbalingga sebaiknya membawa guide lokal yang paham betul akan seluk beluk Kota Purbalingga. Hal ini dimaksudkan untuk membantu Anda selama perjalanan, selain lebih aman tentu saja akan lebih efisien bukan? Selain itu Anda harus menjaga kelestarian alam selama Anda berwisata Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Ngehits tersebut.

 

KOMENTAR