Menikmati Liburan dengan Mengunjungi 7 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen Yang Terbaik

27

7 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen Yang Terbaik. – Sragen merupakan daerah yang termasuk ke dalam kawasan Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Sragen sendiri mendapat julukan Bumi Sukowati yang mana dulunya nama ini digunakan pada masa Kerajaan Surakarta. Bukan hanya itu saja, namun Sragen juga dominan dengan berbagai pilihan wahana wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, bangunan bersejarah, hingga wisata kerajinan tangan yang sayang untuk diabaikan saat Anda berada di Kabupaten Sragen.

Tempat Wisata di Kabupaten sragen

Berbagai pilihan tempat wisata di Kabupaten sragen ini menghadirkan daya tariknya masing-masing. Untuk lebih jelasnya tanpa basa basi terlalu panjang, berikut 7 tempat wisata Kabupaten Sragen yang cocok menjadi destinasi liburan Anda.

Menikmati Liburan dengan Mengunjungi 7 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen Yang Terbaik

Pemandian Air Panas Bayanan

Tempat wisata Sragen yang pertama adalah wisata Pemandian Air Panas Bayanan atau juga dikenal dengan nama Hyang Tirto Nirmolo. Tempat ini memiliki daya tarik yang unik dan khas. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, pemandian air panas ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, gatal-gatal, kolesterol berlebih, mengembalikan kebugaran tubuh, menyehatkan sendi dan otot, membuat awet muda dan sebagainya.

Namun ini baru kepercayaan masyarakat setempat ya, untuk lebih jelasnya lagi Anda bisa membuktikannya secara langsung dengan mengunjungi lokasi. Bukan hanya karena keajaiban khasiat pemandian air panasnya saja yang menarik dari tempat ini, tetapi masih dilengkapi juga dengan beberapa fasilitas pendukung yang disediakan seperti taman rekreasi area permainan anak, kolam memancing, tempat makan, wisata hutan dan masih banyak lagi.

Dijamin Anda tidak akan menyesal saat berkunjung ke wisata Pemandian Air Panas Bayanan ini. Dapatkan keindahan pemandangan wisatanya, dapatkan juga khasiat baik dari pemandian air panasnya.

Technopark Ganesha Sukowati

Technopark Ganesha Sukowati merupakan program dari pemerintah yang sengaja dibangun sebagai lembaga penelitian. Umumnya digunakan sebagai lokasi wisata sekaligus pembelajaran bagi siswa yang sudah lulus dalam membentuk proyek R&D atau pun proyek lain dengan basis profit sharing.

Dengan didirikannya Technopark Ganesha Sukowati pemerintah berharap tidak akan ada lagi peneliti yang kebingungan mencari tempat terbaik dalam melakukan penelitiannya. Karena di tempat ini peneliti akan mendapat bantuan dari segi promosi, penemuan hingga dalam berinovasi melakukan transformasi untuk menghasilkan sebuah produk sampai pada sistem yang digunakan dalam penelitian.

Museum Prasejarah Saringan

Selain Technopark Ganesha Sukowati sebagai tempat wisata yang memberikan manfaat lebih, Sragen masih mempunyai Museum Prasejarah Saringan yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Terdapat koleksi-koleksi benda prasejarah yang dapat Anda lihat saat berkunjung ke tempat ini mulai dari penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus serta koleksi benda prasejarah lainnya yang sudah terkoleksi sekitar 13.685. Menarik sekali bukan?

Karena sangat banyaknya penemuan fosil yang tersedia di tempat ini, Museum Prasejarah Saringan ditetapkan sebagai tempat warisan dunia oleh WHO. Sehingga tempat wisata yang satu ini sangat cocok sekali sebagai study tour siswa yang ingin mengenal lebih dalam mengenai benda-benda prasejarah untuk memperluas wawasannya tentang sejarah peradaban manusia.

Taman Dayu Alam Asri

Setelah mengenal wisata edukasi dalam bentuk museum pengunjung masih bisa melanjutkan destinasinya dengan mengunjungi Taman Dayu Alam Asri yang juga terkenal di Sragen sebagai tempat wisata terbaik dan banyak diminati. Taman ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga terutama saat berlibur bersama buah hati tercinta.

Taman ini bukan hanya sebagai sarana rekreasi semata, namun konsep pembangunan taman sengaja dibuat berbeda dengan teman-taman pada umumnya seperti dihadirkannya taman lalu lintas yang berguna sebagai wisata anak untuk mengenal tentang kedisiplinan dalam berlalu lintas dengan benar.

Daya tarik lainnya dari taman ini adalah adanya Mini Zoo yang di dalamnya terdapat koleksi satwa yang cukup lengkap seperti burung merak, elang, rusa, ular dan kanguru. Tidak hanya itu saja, masih ada lagi area agrowisata atau wisata pertanian yang juga menjadi taman edukasi buat si kecil.

Agrowisata ini sengaja dibuat untuk memberikan wawasan kepada pengunjung tentang dunia pertanian seperti berbagai macam tanaman sayur-mayur, buah-buahan, dan berbagai tumbuhan lainnya. Belum cukup sampai itu saja, area permainan seru yang menguji nyali dan mendebar-debarkan juga disediakan di sini. Anda dapat menikmati permainan flying fox di atas Sungai Dayu yang cukup panjang. Namun bagi Anda yang takut dengan ketinggian harus siapkan mental terlebih dahulu sebelum mecoba permainan yang satu ini.

Waduk Kedung Ombo

Destinasi Tempat Wisata di Kabupaten Sragen selanjutnya penjelajahan menyusuri keindahan Waduk Kedung Ombo yang merupakan salah satu waduk terbesar dan terluas di Indonsesia. Waduk raksasa ini terdapat dalam tiga kawasan kabupaten yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Boyolali dan yang terakhir Kabupaten Sragen.

Waduk ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang berguna untuk penerangan penduduk setempat. Selain fungsi utamanya sebagai pembangkit listrik, air dari waduk juga dimanfaatkan sebagai irigasi sampai ke beberapa wilayah bagian seperti Kudus, Demak, Blora, Jepara, Semarang, Sragen, Boyolali dan Grobogan.

Sehingga keberadaan Waduk Kedung Ombo ini benar-benar memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia khususnya warga yang tinggal di sekitar waduk . Keindahan waduk ini juga digunakan sebagai area wisata yang cukup populer di Sragen. Keindahan air waduk dengan pemandangan alam sekitar yang fantastik membuat pengunjung menjadi betah berada di tempat ini.

Belum cukup untuk menikmatinya dalam satu arah saja, Anda bisa memanfaatkan fasilitas perahu motor yang sengaja disediakan agar pengunjung bisa lebih puas dalam menjelajah keindahan Waduk Kedung Ombo ini. Bagi traveller yang hobi memancing jangan khawatir dulu, pengunjung juga dapat menyalurkan hobi memancingnya di sini sepuasnya.

Gunung Kemukus

Belum lengkap rasanya jika melakukan destinasi ke Sragen sebelum menyempatkan diri mengunjungi Gunung Kemukus Sragen. Gunung ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Samudro dan termasuk sebagai wisata religi yang terkenal di Indonesia. Menurut kepercayaan setempat, berziarah ke makam Pangeran Samudro dapat mendatangkan rezeki yang berlimpah. Wisata ini merupakan Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang terpopuler.

Di samping suasana religi yang erat dengan wisata ini, Gunung Kemukus juga menyajikan pemandangan alam yang spektakuler dan menarik. Anda dapat melihat keindahan matahari terbenam di sore hari dari atas gunung dan menyaksikan eksotisnya sunrise di pagi hari.

Kliwonan Masaran

Belum cukup sampai di Gunung Kemukus saja. Perjalanan Anda masih dilanjutkan dengan petualangan seru mengenal batik-batik cantik dengan corak yang khas Sragen. Sragen yang terkenal sebagai sentral kerajinan batik. Dapat Anda saksikan secara langsung koleksi-koleksi batiknya mulai dari proses pembuatan hingga pemasaran batik-batik beraneka ragam corak yang khas di wisata Kliwonan Masaran.

Tersedia homestay yang cukup nyaman bagi pengunjung yang ingin berlibur dalam waktu yang cukup lama di wisata ini. Berbagai aktivitas dapat pengunjung lakukan untuk mengisi liburannya. Seperti memancing, penjelajahan desa, membuat kerajinan tanah liat, membatik, melakukan kegiatan forografi hingga kegiatan edukasi herbal.

Lengkap dan menarik bukan melakukan kunjungan ke Tempat wisata di Kabupaten Sragen ini?. Semua keindahan wisata-wisata yang ada di Sragen ini menjadi destinasi yang wajib bagi Anda yang mengaku sebagai traveller sejati. Nikmati keindahan alam wisatanya, dapatkan juga manfaat edukasinya. Namun jangan lupa untuk siapkan segala kebutuhan primer sebelum melakukan perjalanan wisata Anda.

 

KOMENTAR