Sudahkah Anda Berkunjung Ke Beberapa Tempat Wisata Di Kabupaten Temanggung Ini

447

Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung – Selain kaya akan budaya, bahasa dan suku bangsanya Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang melimpah. Anda bisa melihatnya dari Sabang sampai Merauke ada ratusan pulau dari pulau besar sampai pulau-pulau kecil tak berpenghuni. Tidak habis sampai disini saja, kekayaan alam juga berhasil membuat Indonesia dikenal banyak negara di dunia.

Seperti kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Temanggung, yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Temanggung menjadi Kabupaten penghasil tembakau terbesar yang ada di Indonesia dengan lahan menapai 13.000 ha.

Dari fakta ini tentu Anda bisa membayangkan betapa kekayaan alam Temanggung adalah suatu anugerah yang Tuhan Maha Esa berikan untuk Indonesia. Hamparan hijau tanaman tembakau dan keasriannya akan membuat siapa saja yang melihatnya akan berdecak kagum, dan tentu saja akan membuat mata dan jiwa menjadi lebih tenang dan sejuk.

Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung

Selain memiliki kekayaan alam yang melimpah, Temanggung juga memiliki tempat wisata sejarah yang akan membuat siapa saja yang berkunjung betah berlama-lama di Kota Tembakau ini. Anda bisa berwisata menikmati panorama alamnya yang indah sembari menelisik lebih jauh mengenai sejarah Kabupaten Temanggung.

Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung

Jika Anda tengah mencari daerah yang memiliki tujuan wisata menarik dan tempat-tempat indah, maka Temanggung inilah tempatnya. Dimana bukan hanya wisata alamnya saja yang sayang untuk dilewatkan, namun kota ini juga memiliki tempat menarik lainnya, berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika di Temanggung

1. Umbul Jumprit dan Hutan Pinus

Salah satu tempat wisata di Temanggung yang syarat akan sejarah adalah Umbul Jumprit dan Hutan Pinus. Destinasi wisata ini menuguhkan keindahan alam mata air alami dan juga hutan pinus yang menawwan. Tempat wisata ini merupakan objek wisata yang berkaitan dengan sejarah, yakni sejarah tentang Kerajaan Majapahit.

Konon ceritanya Umbul Jumprit ini adalah tempat untuk mengasingkan diri Pangeran Singonegoro dan pengikutnya Pangeran Majapahit, karena mereka tidak mau mengikuti kepemimpinan baru yang dipegang Raden Patah di Demak Bintoro.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini 3 hari sebelum hari waisak, Anda bisa menyaksikan tradisi unik yakni pengambilan air suci Waisak dari tempat ini yaitu Umbul Jumprit. Selain tradisi tersebut, di tempat ini juga bisa Anda saksikan tradisi kungkum yang dilakukan lewat tengah malam di setiap hari Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon serta tradisi unik lainnya. di tempat ini Anda akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan juga pengalaman yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat wisata daerah lain.

2. Curug Lawe

Selanjutnya ada Curug Lawe yang juga merupakan salah satu wisata alam yang ada di Temanggung. Curug Lawe ini adalah curug yang indah dan menawan, sehingga sayang sekali jika Anda lewatkan begitu saja. keistimewaanya adalah air yang mengalir dari atas curug ini seperti untaian benang putih indah, dimana nama Lawe ini artinya untaian benang yang berwarna putih.

3. Sunrise Posong Kledung

Setelah ada Umbul Jumprit dan curug Lawe, Temanggung juga memiliki tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, terlebih jika Anda suka berburu sunrise. Sunrise Posong Kledung inilah tempatnya, dimana Posong ini daerah yang memiliki ketinggian 2000 mdpl dengan pemandangan yang begitu eksotis. Tidak sedikit orang yang menyamakan keindahan sunrise Posong ini dengan keindahan dataran tinggi Dieng yang ada di Wonosobo.

Sunrise Posong ini tergolong objek wisata terbaru, namun ketenarannya sudah menyebar ke berbagai pelosok negeri.

4. Hutan Walitis

Hutan Walitis adalah tempat wisata di Kabupaten Temanggung yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Walitis adalah nama sebuah pohon besar yang memiliki lingkar batang sekitar 7,5 meter, sedangkan tingginya mencapai 30 meter. pohon ini banyak tumbuh di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, dimana dua Gunung ini juga menjadi sebuah daya tarik tersendiri di Kabupaten Temangung.
Seperti Umbul Jumprit yang juga memiliki cerita mitos, ternyata pohon Walitis juga memiliki cerita sejarah yang tersimpan di pohon ini. Konon ceritanya pohon Walitis ini berasal dari sebuah tongkat milik seseorang yang menjadi pengikut wali, yakni Ki Ageng Mangkukuhan. Orang tersebut menancapkan tongkatya ke tanah dan jadilah sebuah pohon Walitis ini. Pemandangan yang ada di hutan ini masih sangat asri, sejuk dan udaranya segar.

5. Pikatan Waterpark

Beralir dari wisata alam yang ada di kabupaten Temanggung, inilah salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Di tempat wisata ini menawarkan wahana air dengan berbagai wahana lainnya. Namanya adalah objek wisata Pikatan Waterpark yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Temanggung. Di tempat wisata ini terdapat fasilitas lengkap seperti waterboom, flying fox, ember tumpah, jembatan goyan dan wahana menarik lainnya.Pikatan Waterpark ini merupakan Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang Terpopuler.

Selain beberapa fasilitas di atas, di tempat wisata ini juga memiliki pemdangan yang begitu indah untuk dinikmati.

6. Candi Pringapus

Candi Pringapus adalah sebuah objek wisata yang kaya akan nilai sejarahnya, yaitu candi yang merupakan peninggalan agama Hindu seperti pendapat para Arkeolog. Candi Pringapus ini adalah tempat wisata yang bukan hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja, melainkan juga sudah terkenal di telinga wisatawan mancanegara. Jika Anda tengah berlibur ke Temanggung, Candi Pringapus ini sangat sayang jika dilewatkan.

7. Curug Trocoh

Selain ada Curug Lawe, di Temanggung juga terdapat Curug lainnya yaitu Curug Trocoh atau yang lebih dikenal dengan nama curug Surodipo. Akses untuk menuju ke Curug Surodipo ini masih bisa dikatakan ekstream, karena harus melewati jalanan naik turun dengan belokan tajam. Sesampainya di tempat parkir, Anda masih harus berjalan menyusuri hutan dengan jalanan terjal. Mekipun terjal, lelah Anda akan hilang begitu sampai di tempat wisata ini karena pemandangannya begitu sejuk dan indah.

8. Alam Sewu Negeri atas Awan

Selain ada dataran tinggi Posong, Anda juga bisa menikmati golden sunrise Alam Sewu Negeri atas awan yang merupakan wisata alam Kabupaten Temanggung selanjutnya. Di objek wisata Alam Sewu Negeri di atas awan juga Anda bisa melihat keindahan hamparan hijau tanaman tembakau.

9. Monumen Meteroit Wonotirto

Monumen ini adalah monumen yang sangat berbeda dengan monumen yang ada di Temanggung, di sekitar Temanggung atau bahkan dengan monumen yang ada di Indonesia lainnya. Kabupaten memiliki tempat wisata yaitu monumen yang lain daripada monumen lain, yaitu monumen Meteroit Wonotirto.

Monumen Wonotirto ini bukan sebuah monumen bersejarah dari masa lalu, masa penjajahan, masa kerjaan dan manumen lain. Namun monumen Wonotirto ini adalah monumen meteroit, yang dibangun untuk mengenang peristiwa 16 tahun lalu yakni tahun 2001 pada pukup 09.00 telah jatuh sebuah meteor yang terjadi di Ddesa Wonotirto Temanggung. Tempat wisata dengan peristiwa yang unik sangat menarik minat para wisatawan.

Selain beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Temanggung yang populer di atas, Anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata Pasar Papringan yang berada di Desa Caruban, di Kecamatan Kandangan dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

KOMENTAR