Destinasi Tempat Wisata Di Kabupaten Wonogiri Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

350

Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri – Setelah lelah dan penat dengan rutinitas sehari-hari, yang anda butuhkan saat ini pastinya liburan. Yap, liburan untuk merileksan pikiran serta merefresnya menjadi lebih segar dan semangat kembali menjalani rutinitas melelahkan tersebut. Tak harus ke luar pulau atau bahkan luar negeri.

Di Indonesia pun anda bisa menjumpai beragam tempat wisata menarik. Dan salah satunya yaitu di Kabupaten Wonogiri. Kabupaten Wonogiri sendiri merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya berada di sebelah selatan kota Solo dan berbatasan dengan Kabupaten Karaganyar serta Sukoharjo.

Lokasi Wonogiri yang juga berbatasan langsung dengan samudera Hindia membuat Kabupaten ini memiliki potensi wisata pantai yang begitu memukau. Namun tak hanya itu, tempat wisata di Kabupaten Wonogiri ada yang berupa tempat wisata buatan dengan keindahan yang tak kalah memukaunya.

Destinasi Tempat Wisata Di Kabupaten Wonogiri Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Penasaran? Yuk simak 12 tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang sayang untuk anda lewatkan berikut ini.

1. Waduk Gajah Mungkur

Membicarakan tentang tempat wisata di Kabupaten Wonogiri, mungkin anda tak akan asing dengan Waduk Gajah Mungkur. Yap, tempat wisata buatan ini memang menjadi salah sau ikon Wonosari. Untuk lokasinya sendiri berada 3 km dari kota Wonogiri. Dimana dari jarak yang tak begitu jauh dari pusat kota ini anda bisa menikmati pemandangan waduk dengan luas 8800 hektar.

Tak hanya itu, hamparan sawah yang menghiasi pinggiran waduk pun menambah keindahan lokasi wisata ini. Sembari menikmati keindahan waduk, anda pun bisa menikmati ikan bakar, ikan goreng, dan olahan ikan lainnya di warung-warung yang terdapat di pinggiran waduk.

2. Pantai Nampu

Nah bagi anda yang ingin menikmati keindahan pasir putih lengkap dengan hamparan birunya air laur, Pantai Nampu bisa jadi destinasi tempat wisata di Kabupaten Wonogiri terbaik untuk anda kunjungi.

Ya, karena pantai Nampu ini memang belum begitu terekspose, tak heran jika keasrian dan kealamiannya masih begitu terjaga. Untuk lokasinya sendiri berada di kecamatan Paranggupito, Wonosari. Dan untuk mencapai lokasi panta anda bisa menggunakan kendraan umum dari Solo ke arah Paranggupito.

3. Pantai Banyutowo

Ingin menikmati keindahan pantai dengan nuansa berbeda? Pantai Banyutowo bisa jadi pilihan anda. dimana di tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang satu ini anda bisa menikmati keindahan kokohnya tebing batu yang dihiasi tanaman liar di beberapa sisinya.

Menariknya lagi, anda bisa melihat air terjun mini dari beberapa sungai air tawar. Sehingga di pantai yang memiliki arti “air tawar” ini terdapat perpaduan air tawar dan air laut.

4. Pantai Sembukan

Tak kalah indahnya dengan kedua pantai di atas, pantai Sembukan yang juga berada di kecamatan Paranggupito ini pun menawarkan keindahan yang luar biasa. Dengan batuan karang yang tersebar di beberapa sisi pantai nampaknya mampu menambah kesan eksotis dari pantai Sembukan ini.

Nah pada waktu tertentu, tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang satu ini sering kali dijadikan sebagai lokasi larung dan wayangan sebagai wujud rasa syukur pada Sang Pencipta.

5. Air Terjun Setren

Jika anda pergi ke Karanganyar anda bisa menikmati indahnya air terjun Tawangmangu, di Wonogiri anda pun bisa menikmati keindahan air terjun yang tak kalah mempesonanya, yaitu Air Terjun Setren.

Lokasi air terjun yang berada di Desa Setren Kecamatan Slogohimo Wonogiri ini biasanya sangat ramai pada hari libur oleh pasangan muda mudi dan organisasi pecinta alam.

6. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda? Coba deh tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang satu ini. Dimana disini anda bisa mencoba olahraga paralayang dan gantole.

Bahkan temapt wisata yang berlokasi d bukit desa Sendang ini pun sudah banyak digunakan oleh atlet profesional Jawa Timur. Nah sebagai pemula, anda bisa memilih papan seluncuran 200 meter, sedangkan untuk anda yang sudah profesional bisa mencoba papan seluncuran 400 meter.

7. Wisata Spiritual Kahyangan

Menurut masyarakat sekitar, tempat wisata di Kabupaten Wonogiri satu ini dijadikan sebagai tempat tiraka pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo. Benar sekali, lokasi wisata yang satu ini memang sering kali dijadikan sebagai lokasi untuk nyepi.

Dimana masyarakat mempercayai bahwa lokasi ini dapat dijadikan sebagai tempat berkomunikasi dengan Ratu Kidul.
Namun terlepas dari mitos tersebut, anda bisa menikmati keindahan yang begitu memukau dari gua batu di Kahyangan ini.

8. Goa Putri Kencono

Bagi anda yang penasaran dengan dinding stalagtid dan stalagmid, Goa Putri Kencono adalah tempat yang benar-benar tepat untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini.

Tak hanya batuan stalagtid dan stalagmidnya yang begitu memukau, Goa Putri Kencono juga memiliki satu keunikan lain yaitu jalur goa yang dapat menembus bukit. Benar sekali, goa yang berada di desa Wonodadi, Pracimantoro ini bisa menembus satu bukit kemudian berbalik arah menuju jalur start.

9. Museum Karts Dunia

Ingin berwisata sambil belajar? Yuk datang ke tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang satu ini. Museum Karts Dunia ini berada di desa Gebangharjo, Pracimantoro.

Tempat wisata yang menyediakan informasi kawasan Karts dunia ini bukan hanya sebagai lokasi wisata namun juga sebagai lokasi wisata edukatif, konveksi dan pemberdayaan masyarakat.

10. Air Tejun Binangun Watu Jadah

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Wonogiri dengan pemandangan memukau yang belum terekspos ke dunia luar adalah Air terjun Binangun Watu Jadah. Dimana di lokasi air terjun ini anda bisa menikmati sejuknya udara sekitar lengkap dengan hijaunya pemandangan sekitar dan jernihnya air terjun.

Sayangnya untuk mencapai lokasi air terjun anda harus menembus perjalanan selama 1 jam dengan jalan kaki dan medan yang cukup sulit. Namun, tak perlu khawatir karena selama perjalanan anda akan disuguhi hijaunya sawah dan perbukitan Pegunungan Lawu Selatan.

11. Pantai Sembukan

Kembali ke objek wisata pantai, kali ini anda bisa menikmati birunya air laut yang ditemani bukit karang yang berdiri kokoh di sisi pantai.
Deburan ombak yang menghempas karang-karang disini pun nampak membuat suasana pantai semakin dramatis. Terlebih lagi dengan hijaunya rerumputan yang menghiasi bagian atas bukit karang.

12. Musem wayang Indonesia

Tak lengkap rasanya jika anda sudah berada di Jawa namun tak mempelajari wayang sebagai salah satu kesenian khas Jawa. Yaps, di kabupaten Wonogiri ini anda bisa mempelajari segala sesuatu tentang wayang.

Mulai dari jenis wayang, seperti wayang kulit, wayang golek, wayang suket, topeng dan lain-lain. jadi pastikan anda mengajak anak-anak untuk berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang satu ini ya.

Menarik bukan? Jadi, pastikan anda tak melewatkan satu pun tempat wisata di Kabupaten Wonogiri tersebut. Jangan sampai petualangan anda di Wonogiri terasa kurang lengkap tanpa menikmati keindahan objek wisatanya. Yuk buruan liburan ke Wonogiri dan buktikan keindahan alamnya.

 

KOMENTAR