Tempat Wisata Di Kota Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi

565

Tempat Wisata Di Kota Pekalongan. – Pekalongan adalah sebuah nama Kota dan juga Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten dan Kota Pekalongan sendiri terletak berdekatan. Yakni Kota Pekalongan terletak di bagian utara sedangkan untuk Kabupaten Pekalongan ada di bagian selatan. Pekalongan sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara di bagian selatan. Laut Jawa di bagian Timur, dan berbatasan dengan Kabupaten Pemalang di bagian barat.

Tempat Wisata Di Kota Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi

Kota Pekalongan terkenal dengan sentra produsen Batik yang sudah terkenal. Bahkan batik Pekalongan menjadi salah satu batik favorit para wisatawan selain batik dari Solo. Selain karena batiknya, Pekalongan juga memiliki segudang tempat wisata yang tidak kalah populer dengan wisata daerah lain. Berikut adalah beberapa kawasan tempat wisata di Kota Pekalongan dan yang masuk ke seluruh wilayah kawasan di Pekalongan.

1. Gunung Kendalisodo

Tempat wisata di Kota Pekalongan ini cocok sekali untuk Anda yang suka dengan kegiatan mendaki. Yakni tempat wisata Gunung Kendalisodo. Gunung Kendalisodo sendiri memiliki ketinggian 1,695 mdpl atau meter di atas permukaan laut. Di Gunung Kendalisodo ini Anda bisa menikmati sunrise atau matahari terbit di pagi hari. Yaitu tepatnya di Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo. Dimana hanya berjarak sekitar 4 Km dari kecamatan yang ada di Pekalongan yakni di Kecamatan Petungkriyono.

Gunung Kendalisodo tersebut bisa dijadikan sebagai spot mendaki bagi para pendaki pemula. Yang ingin menjajal sensasi mendaki ke Puncak Hanoman untuk menikmati keindahan alamnya. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Gunung Kendalisodo juga dimanfaatkan untuk melakukan sebuah ritual adat tertentu yang dilakukan oleh warga setempat.

2. Gunung Rogojembangan

Selain terdapat Puncak Hanoman Kendalisodo yang menawarkan matahari terbitnya yang indah, Kota Pekalongan juga masih memiliki tempat wisata menarik yang berupa gunung yakni Gunung Rogojembangan. Letak dari Gunung Rogojembangan sendiri ada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan juga Kabupaten Pekalongan.

Secara administratif Gunung ini terletak di Kecamatan Wanayasa yakni sebuah kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara, namun juga dekat dengan Pekalongan. Sehingga untuk Anda yang tengah berlibur ke Pekalongan, sangat disayangkan jika melewatkan tempat wisata di kota Pekalongan tersebut.

Gunung Rogojembangan sendiri memiliki ketinggian 2117 meter di atas permukaan laut, yang memiliki 2 akses jalur pendakian, yang pertama Anda bisa melewati Kabupaten Banjarnegara dan yang kedua bisa melalui Kecamatan Petungkriyono.

3. Pantai Depok Pekalongan

Tidak mengherankan memang jika Pekalongan memiliki wisata pantai dengan keindahan yang memukau karena memang Pekalongan sendiri terletak di sepanjang jalan Pantura. Salah satu Pantai yang memiliki keindahan memukau adalah Pantai Depok.

Pantai Depok merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan karena memiliki keindahan yang bisa memanjakan mata. Selain itu pantai ini memiliki ombak yang tenang dan landai, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.
Lokasinya sendiri terbilang strategis karena berada di Kecamatan Siwalan, yakni di Desa Depok, Pekalongan.

4. Museum Batik Pekalongan

Terkenal dengan sentra Produsen Batik tentu saja menjadikan Kota Pekalongan menjadi kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Para wisatawan yang datang tidak hanya dari daerah-daerah yang dekat dengan Kota Pekalongan saja, namun ada juga wisatawan yang berasal dari daerah lain seperti Jakarta, Bandung dan daerah lainnya.

Kunjungan para wisatawan selain ingin menjelajahi Kota Pekalongan dengan wisata alamnya yang memukau, tentu saja juga ingin mengetahui lebih dalam bagaimana cara membuat batik, atau hanya ingin sekadar melihat-lihat koleksi batik dari Kota Pekalongan tersebut. Jika Anda termasuk para wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh lagi dengan budaya Indonesia yang berupa Batik, Anda bisa mengunjungi Museum Batik Pekalongan.

Di dalam museum Bati Pekalongan tersebut ada sekitar 1149 koleksi batik dan juga berbagai macam benda antik yang berhubungan dengan batik tersebut, termasuk benda yang digunakan untuk membuat Batik itu sendiri. Ini merupakan Tempat Wisata di Kota Pekalongan yang Keren.

5. International Batik Center

Setelah puas melihat-lihat koleksi Batik yang ada di Museum Batik Pekalongan, tentu kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh batik untuk keluarga di rumah bukan? Jika Anda ingin membeli batik khas Kota Pekalongan, Anda bisa datang ke International Batik Center.

Dimana International Bati Center ini menyediakan banyak sekali koleksi batik yang tidak hanya dari Kota Pekalongan saja, melainkan juga dari daerah lain seperti dari Solo, Cirebon, dan kota lainnya, lokasinya sendiri ada di Jl. A Yani Nomor 573 Wiradesa, di Kabupaten Pekalongan.

6. Wisata pasar Grosir Batik Setono

Jika ingin harga yang lebih murah, Anda bisa mengunjungi objek wisata Pasar Grosir Batik Setono yang merupakan salah satu sentra batik yang ada di Indonesia. Pasar Grosir ini sendiri berdiri di tahun 1939 yang dulunya didirikan oleh para ahli dalam bidang membatik. Di Pasar Grosir ini Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah, asal bisa tawar menawar harganya.

7. Curug Bajing

Rasanya kurang lengkap jika sudah berada di Kota Pekalongan namun tidak mengunjungi Curug yang satu ini, yakni Curug Bajing. Curug Bajing adalah salah satu tempat wisata air yang keindahannya sudah sangat populer. Lokasinya sendiri ada di Kecamatan Petungkriyono yang memiliki keindahan alam yang begitu asri.

Tak heran jika setiap harinya Tempat wisata Curug Bajing ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. karena selain bisa menikmati sejuk dan jernihnya air dengan berenang, pengunjung juga bisa camping di area yang sudah disediakan pihak pengelola.

Untuk menuju Curug ini, Anda masih harus berjalan kaki dari jalan utama ke lokasi curug Bajing tersebut. Di sepanjang jalan setapak menuju Curug Bajing ini sudah tersedia banyak sekali warung-warung makan untuk para pengunjung. Anda bisa berhenti sejenak untuk melepas lelah karena berjalan kaki sembari menikmati makanan dan juga udara yang masih sangat sejuk.

8. Pantai Slamaran

Selain terdapat Pantai Depok yang memiliki ombak tenang dan landai, Pekalongan juga memiliki Pantai Slamaran yang juga tidak kalah indah dengan Pantai Depok. Pantai Slamaran terletak di bagian timur Pantai Pair Kencana yang hanya dibatasi Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Pekalongan.

9. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana adalah salah satu pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pekalongan. Yakni hanya berjarak sekitar 4 km Anda sudah bisa menyambangi dan menikmati keindahan pantai Pasir Kencana tersebut. Pantai ini sudah terbilang lengkap, karena terdapat sebuah jembatan kanal, batu yang menjadi pembatas ombak, hingga terdapat panggung hiburan.

Selain itu juga terdapat akuarium dan juga koleksi biota laut yang tempatnya sendiri hampir mirip dengan miniatur Seaworld. Indah sekali bukan?

Jadi bagaimana? Tertarik berwisata ke Kota Pekalongan? 9 tempat wisata di atas tadi wajib Anda jadikan sebagai destinasi yang harus dikunjungi. Apalagi jika Anda datang ke Curug Bajing yang memiliki panorama dan keindahan yang tidak akan mudah Anda lupakan. Yuk berwisata ke Kota Pekalongan.

 

KOMENTAR