Inilah Tempat Wisata Di Kota Tegal Yang Wajib Dikunjungi

46

Inilah Tempat Wisata Di Kota Tegal Yang Wajib Dikunjungi. – Kota tegal merupakan satu daerah otonom yang ada di Provinsi Jawa Tegah. Dimana kota Tegal ini pernah menjadi salah satu cikal bakal berdirinya Korps Marinir yang tercatat dalam Pangkalan IV ALRI kota Tegal dengan sebuah nama Corps Mariniers di tanggal 15 November tahun 1945. Kota Tegal sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di bagian barat. Kemudian berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara, dan juga berbatasan dengan Kabupaten Tegal di bagian timur dan selatan.

Inilah Tempat Wisata Di Kota Tegal Yang Wajib Dikunjungi

Selain terkenal dengan warung Tegalnya, bahasa ngapaknya, Kota Tegal juga memiliki potensi wisata alam yang patut dibanggakan. Tempat Wisata di Kota Tegal ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Selain terdapat banyak wisata alam, Kota Tegal juga memiliki tempat wisata budaya yang masih perlu dikembangkan. Sebut saja tari balo-balo dan tari Endel yang merupakan tarian kesenian lokal yang sudah cukup terkenal.

Inilah Tempat Wisata Di Kota Tegal Yang Wajib Dikunjungi

Jika Anda tengah berada di Kota Tegal, tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang memiliki panorama yang indah. Berikut adalah daftar tempat wisata di kota Tegal yang wajib Anda kunjungi

1. Wisata air gerbang Mas Bahari Waterpark Kota Tegal

Tempat wisata pertama yang menjadi favorit keluarga adalah wisata air gerbang Mas Bahari Waterpark yang ada di Kota Tegal. Lokasinya sendiri berada di dekat terminal yang ada di Kota Tegal, untuk masuk kawasan wisata air ini Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 25.000 pada hari sabtu, minggu atau di hari libur nasional, sedangkan untuk hari biasa dikenakan tarif sekitar Rp. 15.000.

Di tempat wisata air ini Anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti permainan atau wahana bermain anak-anak, kolam renang, wet futsal, kiddy pool, kolam ombak dan lain sebagainya.

2. Telaga air Cempaka Kota Tegal

Selain terdapat wisata air buatan, di Kota Tegal juga terdapat tempat wisata air yang berupa Telaga yakni Telaga Cempaka yang berada di Teglal, tepatnya di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijaya. Tempat wisata ini memiliki panorama yang indah, pemandangan yang menawan, pemandian yang sejuk dan asri, serta pepohonan yang hijau nan rindang sehingga menambah kesejukan di tempat wisata alam tersebut.

Luas tempat wisata Telaga sendiri sekitar 15 meter persegi, dimana telaga ini digunakan sebagai tempat untuk memenuhi keperluan sehari-hari warga sekitar. Selain itu juga dijadikan sebagai tempat irigasi persawahan para penduduk sekitar.

3. Rita Park Kota Tegal

Siapa sih yang tidak tahu nama mall yang satu ini? Rita adalah salah satu mall yang ada di Kota Tegal yang memiliki banyak sekali fasilitas. Tempat Wisata ini sendiri tidak hanya ada di Kota Tegal saja, melainkan juga terdapat di Kabupaten Wonosobo dan terkenal di daerah lain di Jawa Tengah.

Rita park sendiri memiliki banyak sekali fasilitas, diantaranya ada Cinema 5D, kiddie Ride, Flying tiger, circus travel, bom-bom car, dan wahana asik lainnya. tak heran jika Rita Park ini dijuluki Dufannya Provinsi Jawa Tengah. Letaknya sendiri ada di Komplek Rita Supermall yakni di Jln. Kol. Sui=giono No. 155, kota Tegal.

4. Gunung Tanjung Tegal

Tempat wisata selanjutnya yang ada di Kota Tegal yang berupa wisata alam adalah Gunung Tanjung atau nama lainnya Bukit Sitanjung. Gunung Tanjung ini merupakan salah satu perbukitan yang ada di Kecamatan Lebaksiu, yakni sebuah kecamatan yang ada di Kota Tegal.

Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati panorama indah dan juga pemandangan yang sejuk dan hijau. Selain itu terdapat pula hamparan yang berupa bebatuan yang terlihat indah, tak hanya itu di kawasan ini juga terdapat Jembatan Sunglon yang tak kalah indah. Terdapat pula warung makan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk memancing dengan menawarkan berbagai macam menu andalan dan juga martabak telur khas dari Kecamatan Lebaksiu.

5. Wisata taman Rakyat Slawi Ayu Kota Tegal

Selanjutnya ada tempat wisata yang berupa taman yakni sebuah taman rakyat Slawi Ayu yang merupakan wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi. Di tempat ini adalah tempat berkumpulnya banyak orang-orang untuk sekadar menikmati sajian khas kuliner dari Kota Tegal, selain bisa menikmati sajian khas kuliner Kota Tegal, Anda juga bisa sembari berjalan-jalan dan menikmati suasana Taman tersebut.

Tempat wisata Taman Rakyat tersebut dibuka tahun 2013 yang lalu, lokaisnya tepat di depan terminal Bus Slawi. Karena lokasinya yang strategis, taman rakyat ini wajib masuk ke daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Adapun tujuan dari dibangunnya Taman Rakyat ini adalah untuk dijadikan sebagai tempat interaksi warga masarakat Kota Tegal dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas pentas seni, aktivitas sosial, olahraga dan lain sebagainya.

6. Wisata Sulaku Bumijaya Park Kota Tegal

Satu lagi tempat wisata bermain yang merupakan salah satu andalan wisata keluarga, yaitu waterboom yang terdapat di Kota tegal selain Rita park. Lokais Wisata Sulaku Bumijaya Park sendiri ada di Jl. Raya Wredameta Bumijaya, yakni ada di Desa Bandasari, di kecamatan Bumijaya, Tegal atau untuk lebih jelasnya lokasi wisata ini tidak jauh dari wisata alam Gunung Slamet.

Di tempat wisata ini terdapat banyak sekali wahana yang sangat menarik untuk dinikmati dan dicoba seperti playground, outbound, penginapan, pemancingan, futsal center, agrowisata, waterboom, kedai jamu dan juga Anda bisa mengelilingi kawasan wisata tersebut dengan menggunakan ATV.

Bagi Anda para petualang sejati bisa menikmati permainan flying fox sepanjang 60 meter, atau 150 meter, bahkan terdapat flying fox dengan panjang mencapai 200 meter dengan kecepatan sekitar 80 km per jam dengan melintasi kebun yang ada di kawasan Sulaku. Bagaimana, berani mencoba?

Setelah lelah menikmati wahana bermain yang menarik, Anda bisa mencoba mandi uap dengan menggunakan jamu rebus. Dengan mencoba pemandian uap jamu tersebut, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda sehingga badan akan lebih rileks dan sehat. Setelah mandi uap, Anda bisa menikmati sajian khas kuliner Kota Tegal di sekitar tempat wisata tersebut.

7. Wisata budaya

Tempat Wisata di kota Tegal yang terakhir adalah Wisata Budaya. Setelah lelah mengelilingi dan mencoba berbagai tempat wisata di atas tadi. Anda bisa mengunjungi wisata budaya yakni berupa wisata budaya Konsorsium Rumah Wayang Kota Tegal. Di tempat ini sendiri Anda bisa melihat-lihat ribuan karya yang berupa wayang. Baik yang bergaya tradisi ataupun kontemporer. Dari wayang kulit, wayang santri, wayang golek, wayang bambu, wayang kreasi. Terdapat juga aksesoris seperti topeng, keris, lukisan dunia wayang, senjata-senjata khas dunia wayang dan masih banyak koleksi lainnya.

Jika Anda tertarik datang ke tempat ini. Anda bisa mengunjunginya di jam 08.00 hingga jam 10.000 atau di jam 15.000 hingga jam 17.00. Jika Anda beruntung bisa bertemu dengan pemilik tempat wisata budaya ini yakni Ki Enthus Susmono.

Dari beberapa tempat wisata menarik di atas tadi. Anda juga bisa memasukan Gua Walet ke daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Beberapa tempat wisata di atas tadi merupakan hanya beberapa wisata yang ada di Kota Tegal. Sehingga jika Anda tertarik untuk menjelajahi Kota Tegal, Anda harus mempersiapkan waktu libur yang panjang.

KOMENTAR