Tempat Wisata di Rembang Yang Seru, Sudahkah Anda mengunjunginya ??

573

Tempat Wisata di Rembang – Melakukan refreshing ke tempat-tempat wisata seru adakalanya memang perlu dilakukan. Sebab otak dan tenaga yang terkuras akan rutinitas kerja yang begitu padat membutuhkan suasana baru yang bisa mengembalikannya kepulihan fungsinya.

Tempat Wisata di Rembang Yang Seru, Sudahkah Anda mengunjunginya ??

Berbicara tentang dunia wisata, jangan terburu-buru dulu sampai jauh-jauh ke luar negeri demi mendapatkan wahana wisata yang indah dan menakjubkan. Sebab, keindahan tanah air Indonesia juga sudah menyediakan keindahan alam yang begitu fantastik untuk dinikmati. Sebut saja tempat-tempat wisata di Rembang yaitu di Provinsi Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Rembang

Rembang sendiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Rembang sendiri memiliki banyak tempat wisata yang seru. Pertanyaannya Apakah anda sudah pernah mengunjunginya ?.

Berikut ini adalah Tempat Wisata di Rembang Yang Seru !. 

1. Pantai Dampo Awang

Penyusuran wisata Kabupaten Rembang yang pertama adalah wisata Pantai Dampo Awang. Pantai ini merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Rembang yang paling banyak diminati wisatawan. Lokasi pantai Dampo Rembang sangat strategis dan mudah dicari yaitu terletak di jantung kota Rembang. Lebih tepatnya di sebelah timur kantor pemerintahan Kabupaten Rembang.

Sebagian orang lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Kartini. Padahal Pantai Kartini dan Pantai Dampo Awang merupakan dua nama pantai yang berbeda. Wajar saja, sebab kedua lokasi wisata tersebut memang sangat erat dengan keberadaan pahlawan Raden Ajeng Kartini. Sehingga tidak heran jika sebagian menyebut Pantai Dampo Arang dengan nama Pantai Kartini.

Pantai Dampo Arang sendiri sudah mengalami pengembangan sedemikian rupa sehingga dihasilkan objek wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Bukan hanya panorama pantai saja yang siap dihadirkan di tempat ini, namun masih dilengkapi dengan sajian taman indah dan berbagai koleksi satwa langka, kolam renang dan sebagainya.

2. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe masih tergolong sebagai wisata yang baru saja berusia muda dalam dunia wisata Rembang. Namun saat ini pantai tersebut menjadi lokasi wisata primadona di Kabupaten Rembang. Kebanyakan nama sebuah pantai di ambil dari nama tempat yang menjadi keberadaan pantai tersebut. Tetapi kali ini berbeda dengan nama Pantai Karang Jahe yang ada di Rembang.

Nama Karang Jahe untuk pantai ini di ambil dari banyaknya serpihan bebatuan karang yang mirip dengan jahe. Pantai Karang Jahe sendiri berada di Desa Punjlharjo. Pemandangan yang paling khas dari pantai ini adalah sajian pasir putih yang tersebar di sepanjang tepi pantai. Karena belum banyaknya orang yang tahu tentang keindahan pantai tersebut sehingga Pantai Karang Jahe memang masih sangat wangi dengan keasrian alamnya.

3. Petilasan Sunan Bonang

Nama Sunan Bonang tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sunan Bonang atau yang mempunyai nama asli Raden Makdub Ibrahim merupakan salah satu dari Sembilan nama Walisongo yang menjadi menyebarkan Agama Islam di tanah jawa. Wisata Petilasan Bonang tersebut berada di Desa Bonang Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.

Di tempat wisata yang satu ini pengunjung akan menyaksikan bekas petilasan atau persujudan Sunan Bonang pada sebuah batu untuk mendekatkan diri kepada Sang Kholiq. Konon katanya karena terlalu lamanya Sunan Bonang melakukan sujud maka tempat persujudan tersebut sampai membekas sampai saat ini.

Bekas persujudan Sunan Bonang tersebut menjadi tempat keramat yang dirawat oleh warga sekitar dan sebagai objek wisata religi Kabupaten Rembang yang wajib Anda kunjungi.

4. Wana Wisata Kartini

Bagi yang menyukai wahana wisata air maka Wana Wisata Kartini sangat cocok dalam menjadi tujuan tour Anda. Lokasinya berada jauh dari ibukota Rembang tepatnya di Desa Mantingan Kecamatan Bulu. Untuk menuju Wana Wisata Kartini tersebut Anda bisa memulainya dengan mengambil jalur arah Blora dan berjalan sekitar 24 km dari Kota Rembang.

Wana Wisata Kartini ini dekat dengan makam Raden Ajeng Kartini yang dikenal sebagai seorang pahlawan nasional yang sangat besar jasanya terutama bagi kaum perempuan. Di lokasi wisata tersebut saat ini sudah dilengkapi dengan area taman bermain dan cocok sekali bagi Anda yang ingin memeriahkan suasana berlibur bersama keluarga tercinta.

5. Karangsari Park

Selain terkenal dengan berbagai pemandangan pantai yang indah dan menawan Kabupaten Rembang juga mempunyai objek wisata berupa bumi perkemahan atau yang lebih dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Karangsari Park. Buper ini terletak di Kecamatan Sulang tepatnya di Desa Karangsari dan dikelola langsung oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Rembang.

Pada tahun 2003 Buper Karangsari pernah dijadikan sebagai lokasi Upacara Hari Ulang Tahun Pramuka Tingkat Jawa Tengah dan juga Jambore XII Kwartir Daerah pada tahun 2007 silam. Wisata yang satu ini terkenal sebagai lokasi bumi perkemahan terbesar yang ada di Kabupaten Rembang.

6. Puncak Argopuro Lasem

Bagi Anda yang menyukai tantangan sangat cocok sekali untuk berwisata ke tempat wisata yang satu ini. Puncak Argopuro Lasem merupakan nama puncak Gunung Lasem di Kabupaten Rembang yang memiliki tampilan yang unik dengan gunung-gunung yang lain.

Gunung Lasem lebih mirip seperti perbukitan yang berada di Lasem dengan ketinggian mencapai 806 mdpl. Meski ketinggiannya masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan gunung-gunung di Pulau Jawa namun Puncak Argopuro ini tidak kalah memikat hati para wisatawan. Terbukti pengunjung silih berganti hadir di wisata Puncak Argopuro tersebut terutama pada malam tahun baru yang dipenuhi oleh anak-anak sekolahan yang sedang menikmati hari liburnya.

7. Taman Wisata Alam Sumber Semen

Wisata Rembang yang tidak kalah menariknya adalah Taman Wisata Alam Sumber Semen yang berada di Desa Gading Kecamatan Sale. Lokasinya masih asri sangat erat dengan kesejukan alamnya saking segarnya. Taman Wisata Alam Sumber Semen Tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti taman terbuka, bumi perkemahan, mushola, area permainan anak, kolam renang dan sebagainya.

Beragam flora dan fauna dengan pemeliharaan yang baik juga siap memanjakan mata Anda seperti tanaman Tectona Grandis, Mahoni, Kepel, Kesemek untuk floranya. Sedangkan faunanya seperti hewan lutung, ayam hutan, kutilang dan kacer.

8. Situs Kota Sejarah Lasem

Tahukah Anda Kota Lasem merupakan tempat pendaratan pertama warga etnis Tionghoa di Tanah Jawa. Berbagai macam bangunan bersejarah masih terjaga keasliannya di Lasem. Di sini terdapat berbagai perkampungan Tionghoa yang tersebar ke berbagai daerah Kota Lasem. Sehingga Kota Lasem mendapat julukan sebagai Tiongkok kecil.

Namun dalam perkembangannya Kota Lasem juga terpengaruh oleh ajaran Agama Islam yang disebarkan para wali. Sehingga banyak penduduk yang menganut agama muslim dan mendapat julukan sebagai kota santri. Banyak pondok-pondok pesantren yang diasuh langsung oleh Kyai Kharismatik seperti Sayid Abdurrohman Basyaiban, KH. Baidhowi dan sebagainya.

9. Makan Raden Ajeng Kartini

Nama RA Kartini tentunya sangat dikenal oleh seluruh warga Negara Indonesia. Beliau adalah pahlawan wanita yang sangat berjasa bagi Negara Indonesia sebagai penggerak emansipasi wanita dengan bukunya yang terkenal dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. Makan RA Kartini berada di Kabupaten Rembang tepatnya di Desa Bulu Kecamatan Bulu.

Selain ada beberapa wisata sejarah di atas, Rembang juga memiliki beberapa seni budaya yang menjadi ciri khasnya, diantaranya ada Sodhor, Kekean, Gacon, Pathol Sarang dan jenis kesenian lainnya yang tentu saja sangat menarik untuk dikunjungi.

KOMENTAR