Tempat Wisata di Salatiga Yang Seru

944

Tempat Wisata di Salatiga Yang Seru – Kabupaten Salatiga adalah salah satu nama kabupaten yang unik di Jawa Tengah, menurut ceritanya Sunan Kalijaga memberi nama Salatiga karena bupati pada zaman dahulu melakukan tiga kesalahan, yakni Bupati tersebut sangat kikir, sangat sombong, dan ketiga karena sudah menyengsarakan rakyat. Namun tidak untuk sekarang, karena Kabupaten Salatiga sudah menjadi kabupaten yang patut dibanggakan karena memiliki potensi wisata yag menarik.

Tempat Wisata di Salatiga

Kabupaten Salatiga berbatasan langsung dengan kota Semarang yaitu terletak sekitar 49 km bagian selatan dan 52 km bagian utara Surakarta, dan berada di jalan Pantura yaitu jalan yang menghubungkan Semarang Surakarta. Kabupaten Salatiga termasuk kabupaten kecil karena hanya ada 4 kecamatan saja, yaitu kecamatan Sidorejo, Kecamatan Sidomukti, Kecamatan Argomulyo, dan kecamatan Tingkir.

Tempat Wisata di Salatiga Yang Seru

Namun meskipun kabupaten kecil, Salatiga menjadi buruan para wisatawan terutama para pendaki karena di sini terdapat Gunung Merbabu yang indah. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Salatiga Yang Seru yang bisa dijadikan sebagai destinasi liburan Anda.

1. Kawasan Kopeng

Jika Anda pernah ke Bandung, tentu sudah tidak asing lagi dengan kawasan wisata di Lembang Bandung bukan? Di Kabupaten Salatiga juga terdapat tempat wisata menarik yang hampir mirip dengan Lembang Bandung, yaitu kawasan wisata Kopeng yang letaknya di sebuah lereng Gunung. Meskipun tidak tepat di Salatiga, akses menuju wisata Kopeng ini terbilang sangat dekat, karena hanya berjarak 8 km ssaja dari Kabupaten Salatiganya.

Di kawasan wisata Kopeng ini, Anda bisa membeli berbagai macam bunga, atau bermain outbound, camping, dan games. Lebih menariknya jika hari libur, Kawasan Wisata Kopeng ini menyediakan kuda untuk mengelilingi hutan pinus dan pedesaan yang terletak di pintu masuk puncak Merbabu.
Kawasan Kopeng ini sangat dekat dengan Magelang, tidak heran jika banyak orang yang beranggapan jika kawasan Kopeng ini hanya milik Magelang saja. Namun kenyataannya kawasan Kopeng ini dibelah oleh sebuah perbatasan antara Kabupaten Salatiga dan Magelang.

2. Gunung Merbabu

Tempat wisata yang satu ini adalah surganya bagi para pencinta alam, terutama para pendaki Gunung. Gunung Merbabu ini merupakan salah satu Gunung yang terindah yang ada di Indonesia, pemandangannya sangat menakjubkan dan indah. Inilah mengapa Gunung Merbabu selalu ramai diserbu para pendaki, entah di hari biasa atau di hari libur.
Dari atas Puncak Merbabu, Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan dengan dibelai angin dingin nan sejuk. Selain itu Anda juga bisa melihat pemandangan beberapa Gunung yang kelihatannya sangat berdekatan namun jauh. Gunung Merbabu adalah salah satu Tempat Wisata di Salatiga yang Populer.

Dari puncak Gunung Merbabu, Anda akan melihat Gunung merapi dengan keindahannya yang sangat memukau. Namun jika berniat untuk mendaki ke Gunung Merbabu ini, Anda harus meniapkan fisik dan mental yang kuat. Selain itu persiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti perlengkapan pribadi dan lain sebagainya.

3. Rawa pening

Rawa Pening atau disebut juga dengan sebuah danau indah ini adalah salah satu Tempat wisata di Salatiga yang wajib dikunjungi. Selain bisa bermain air di Rawa Pening ini, Anda juga bisa menyantap berbagai macam kuliner khas Salatiga di pinggiran tempat wisata ini. Lokasinya sendiri ada di pertemuan 3 daerah yakni Ambarawa, Ungaran, dan Kabupaten Salatiga.

4. Museum kereta Api Ambarawa

Selanjutnya ada Museum Kereta Api Ambarawa yang mesinnya dijalankan tenaga uap. Di sini Anda bisa menaiki kereta tua ini dengan menyewa satu gerbong. Jadi, jika Anda ingin naik kereta tua tersebut sebaiknya harus rombongan untuk meminimalisir biaya sewanya.

Selain itu di Museum ini juga terdapat sebuah lokomotif uap peninggalan zaman Belanda di parkir. Museum ini merupakan tempat wisata bersejarah, karena dibangun oleh Bangsa Belanda pada masa penjajahan zaman dulu.

5. Wisata Senjoyo Salatiga

Meskipun terbilang masuk kabupaten Semarang, namun objek wisata Senjoyo yang merupakan wisata air ini letaknya sangat dengan Kabupaten Salatiga. Wisata Senjoyo ini adalah objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, namun di tempat wisata di Selatiga ini belum begitu banyak fasilitas seperti wahana bermain anak dan lain sebagainya.

Namun harapannya pemerintah setempat atau bekerja sama antara kabupaten Semarang dan juga Kabupaten Salatiga untuk memanfaatkan wisata Senjoyo ini secara maksimal. Karena tempat wisata ini selalu ramai, terlebih ketika sore hari atau di hari-hari libur akhir pekan.

6. Wisata Kuliner

Tempat wisata selanjutnya yang sangat menarik adalah wisata kuliner, jenis wisata ini sangat cocok untuk Anda yang hobi mencari makanan khas daerah. Karena di Kabupaten Salatiga terdapat tempat wisata kuliner yang menyediakan berbagai macam makanan. Letaknya ada di Jalan Jenderal Sudriman, atau bisa mengunjungi sentra kuliner yang ada di Jalan Fatmawati.

Selain bisa mencicipi berbagai makanan ringan khas dari Kabupaten Salatiga. Anda juga bisa merasakan kelezatan makanan yang tersedia di sepanjang jalan ini.

7. Kolam renang Kalitaman

Kolam renang Kalitaman merupakan salah satu tempat wisata yang menarik dikunjungi bersama keluarga. Selain dikenal dengan nama kolam renang Kalitaman juga terkenal dengan sebutan Kolam renang Kaligedong yang merupakan kolam renang tertua di Kabupaten Salatiga. Namun sayangnya kolam renang Kalitaman ini masih minim fasilitas seperti wahana permainan anak, sehingga para wisatawan yang datang hanya dari daerah Kabupaten Salatiga saja.

8. Umbul Sidomukti

Meskipun tidak di Kabupaten Salatiga, namun tempat wisata Umbul Sidomukti ini berada dekat sekali dengan Kabupaten Salatiga. Umbul Sidomukti ini berada di Semarang yang berada di Puncak bukit. Selain bisa bermain-main air dan mandi, disini anda juga bisa mencoba permainan di wahana flying fox yang tersedia sembari dengan menikmati indahnya pemandangan sembari meluncur dari atas ketinggian.

Menariknya lagi, umbul Sidomukti ini terdapat kolam renang bertingkat sesuai dengan kedalamannya. Yakni ada 4 buah tingkatan yang ada di Umbul Sidomukti tersebut.

9. Wahana Atlantic Dreamland

Tempat wisata di Kabupaten Salatiga yang selanjutnya adalah Wahana Atlantic Dreamland yang merupakan tempat wisata liburan keluarga. Di tempat ini Anda bisa bermain airr dan berenang sesuka hati dengan menikmati beberapa wahana, seperti kolam renang, water ball, water toys, waterboom, boom-boom car,, flying fox, ATV, game center, dan lain sebagainya.

Tempat wisata menarik ini ada di Jalan Soekarno Hatta, Salatiga. Konsep tempat wisata ini hampir mirip dengan objek wisata Ancol yang ada di Jakarta sehingga tak heran jika selalu ramai setiap harinya, terlebih ketika musim liburan.

10. Air Terjun Umbul Songo

Yang selanjutnya ada wisata air terjun yang bernama Umbul Songo, Umbul Songo ini adalah air terjun yang memiliki keindahan menakjubkan, sehingga akan sayang sekali jika dilewatkan. Lokasinya tidak tepat berada di Kabupaten Salatiga, namun ada di daerah kopeng yang merupakan daerah di Semarang dan dekat sekali dengan Kabupaten Salatiga. Air terjun ini masih sangat asri dan sejuk, dan memiliki ketinggian 15 meter yang berada di ketinggian 1.450 meter di bawah permukaan laut.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berwisata ke Kabupaten Salatiga? Tentu saja sayang jika 10 tempat wisata indah di atas tadi tidak dikunjungi. Jadi yuk berwisata ke Kabupaten Salatiga.

 

KOMENTAR