Pesona Tempat Wisata di Sukoharjo Yang Menakjubkan

57

Pesona Tempat Wisata di Sukoharjo Yang Menakjubkan – Sukoharjo adalah sebuah nama Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahannya ada di Sukoharjo, berjarak sekitar 10 km arah selatan dari Kota Surakarta. Kabupaten Sukoharjo berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar di bagian timur dan Suakarta di bagian utara.

Pesona Tempat Wisata di Sukoharjo Yang Menakjubkan

Sukoharjo termasuk kota yang nyaman dan juga asri. Kota ini menjadi dambaan para wisatawan karena mottonya dari kabupaten ini sendiri yakni Sukoharjo Makmur. Kata Makmur ini memiliki kepanjangan Maju Aman Konstitusional Mantap Unggul Rapi. Masayrakatnya yang ramah, menyenangkan, dan sopan juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan menambah kenyamanan kota Sukoharjo.

Pesona Tempat Wisata di Sukoharjo Yang Menakjubkan

Selain itu, tempat wisata di Sukoharjo juga menarik untuk dikunjungi. Sukoharjo sendiri terkenal dengan berbagai hasil kerajinan, pertanian, serta berbagai produksi jamunya. Kabupaten Sukoharjo juga memiliki sebutan lain diantaranya adalah Kota Tekstil, The House of Souvenir, Kota Gamelan, kabupaten Batik, kabupaten Pramuka, dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun kalah populer dengan tempat-tempat wisata di Solo. Namun ada beberapa Tempat wisata di Sukoharjo yang cukup layak dan menarik untuk dijadikan salah satu referensi wisata yang harus dikunjungi untuk liburan Anda. di bawah ini ada beberapa referensi tempat wisata di Sukoharjo yang menarik dan wajib Anda kunjungi

1. Sendang Pinisih

Tempat wisata pertama yang termasuk objek wisata populer di Kabupaten Sukoharjo adalah Sendang Pinisih. Sendang Panisih berada tepat di Sawah Jero, Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Meskipun sebutan tempat wisata ini Sendang, namun tempat wisata air ini berupa sebuah kolam renang yang sudah dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Sukoharjo. Di Sendang Pinisih sendiri terdapat tiga kolam renang dan juga ada satu kolam ikan. Untuk tiket masuknya terbilang sangat murah yakni hanya Rp. 7.000 per orang, sehingga menjadikan Sendang Pinisih ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

2. Dam Colo

Selain terdapat Sendang Pinish, di kecamatan paling selatan dari Kabupaten Sukoharjo yakni Kecamatan Nguter ini juga terdapat sebuah Dam yang bernama Colo. Fungsi dari Dam Colo sendiri sebagai penampung air sungai untuk kemudian di jadikan sebagai irigasi persawahan di daerah sekitar Dam tersebut.

Selain dijadikan sebagai sarana irigasi, Dam Colo ini juga terbilang populer karena dijadikan sebagai tempat nongkrong atau sekadar untuk ngobrol sembari menikmati keindahan alam di sekitar Dam tersebut.

3. Pandawa Water World

Tempat wisata selanjutnya juga masih berupa air yaitu Pandawa Water World yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau sahabat. Selain terdapat kolam renang besar, di Pandawa Water World juga terdapat banyak wahana permainan air yang berkonsep petualangan. Hal menarik lainnya adalah di sekitar kolam renang terdapat sebuah relief yang bergambar atau berbentuk Pandawa.

Lokasinya sendiri ada di Grogol Sukoharjo, yakni di Solo Baru yang merupakan salah satu tempat wisata menarik dan ramai dikunjungi para wisatawan terutama di hari libur. Fasilitas permainan yang terdapat di Pandawa Water World ini diantaranya adalah Wave pool, raf slide, bungy river, black hole, dan masih banyak wahana seru lainnya.

4. Waduk Mulur

Satu lagi objek wisata air yang wajib dikunjungi ketika Anda sedang berada di Kabupaten Sukoharjo, namanya Waduk Mulur. Nama Waduk Mulur ini diambil dari sebuah nama tempat keberadaan tempat wisata Waduk Mulur tersebut yakni ada di Desa Mulur, yaitu sebuah Desa yang ada di Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Tempat ini adalah salah satu tempat favorit para pemancing karena selain terdapat banyak ikan, juga pemandangan dan suasananya menyenangkan. Waduk ini akan lebih ramai para pemancing ketika hari minggu atau hari-hari libur. Selain asik dan menyenangkan untuk memancing, Waduk Mulur ini juga diadakan event sky air, motor air, dan juga event lomba dayung.

5. Petilasan Kasultanan Pajang

Selanjutnya ada tempat wisata sejarah yang merupakan penerus dari kerajaan Demak dimana kerajaan tersebut sudah runtuh, yaitu Kasultanan Pajang. Tempat wisata petilasan Kasultanan Pajang ini adalah tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan, karena memiliki nilai sejarah yang bisa dijadikan sebagai sebuah pengetahuan. Menurut sejarahnya sendiri pemerintahan Kasultanan Pajang ini tidak terlalu lama.

Karena pada masa dimana akhir dari pemerintahan Sultan Hadiwijaya berdirilah kerajaan yang bernama kerajaan Mataram, dimana kerajaan tersebut akhirnya mengambil kekuasaan Kasultanan Pajang yang ada di tanah Jawa. tempat wisata sejarah ini berada di Jl, Joko Tingkir, yakni ada di Gang Benowo II Sonijiwan yang ada di Rt 5 Rw 22 makan Haji, Kartosuro, kabupaten Sukoharjo.

6. Royal Water Adventure

Selain ada wisata air Pandawa, di Sukoharjo juga terdapat sebuah tempat wisata air lainnya yang juga seru yaitu Royal Water Adventure. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan menikmati beberapa fasilitas yang ada di dalamnya, salah satunya adalah kolam renang anak, permainan anak, dan wahana seru lainnya. lokasinya sendiri ada di Jln Solo Wonogiri yakni tepat berada di Kecamatan Grogol, Desa Telukan, Kabupaten Sukoharjo.

7. Makam Ki Ageng Sutojiwo

Selain petilasan, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata religi yang berupa makam Ki Ageng Sutojiwo yang sudah terkenal. Wisata religi ini berada di Kecamatan Tawangsari, Desa Majasto, Kabupaten Sukoharjo. Nama lain dari makam ki Ageng Sutojiwo ini adalah Makam Bumi Arum Majeso yang merupakan nama dari Desa tersebut.

Ki Ageng Sutojiwo sendiri adalah seorang pendiri Desa tersebut, dimana makam tersebut tidak terlalu dalam namun dangkal. Meskipun begitu makam tersebut sama sekali tidak mengeluarkan bau tidak sedap. Selain terdapat makam, di tempat wisata ini juga terdapat sebuah masjid yang merupakan masjid peninggalan Ki Ageng Sutojiwo. Hinga saat ini tempat wisata religi tersebut masih sangat ramai di kunjungi para wisatawan setiap harinya untuk berziarah.

8. Pemandian Air hangat Langenharjo

Yang selanjutnya ada pemandian Air hangat Langenharjo yang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Sukoharjo yang menarik. Menurut sejarah, pemandian air hangat tersebut dibangun oleh keluarga kerajaan dari Kasunanan Surakarta. Cara membangun pemandian ini konon ceritanya menggunakan alat bor tanah. Oleh karena itu, pemandian air hangat ini bukan termasuk yang terbentuk secara alamiah. seperti sumber air hangat yang terdapat di Pegunungan.

Karena kurangnnya perawatan dari pihak pengelola tempat, air ini kini sudah tak lagi hangat. Sudah menjadi sebuah keharusan bagi para pengelola untuk lebih memperhatikan lagi tempat wisata tersebut agar menjadi wisata populer yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Meskipun dari ke 8 tempat wisata tersebut belum bisa menyaingi keindahan tempat wisata yang ada di daerah lain di Jawa Tengah. namun tak ada salahnya jika sedang di Kabupaten Sukoharjo untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

 

Pencarian Masuk:

  • ki ageng sutojiwo
  • kolam renang di telukan sukoharjo

KOMENTAR