Info Lengkap Waduk Kedung Ombo Terupdate

133

Salah satu Tempat Wisata di Sragen yang beberapa tahun belakangan ini menjadi pusat perhatian adalah Waduk Kedung Ombo. Salah satu objek wisata yang memiliki pemandangan yang indah namun juga memiliki sejarah yang kelam. Objek wisata ini bisa kita katakan memiliki kisah yang menarik untuk kita ketahui.

Namun sebelum kita ulas secara lengkap tempat wisata yang berupa waduk ini. Alangkah baiknya jika Anda juga membaca artikel saya sebelumnya mengenai Museum Purbakala Sangiran, yang bisa Anda lihat DISINI!.

Sekilas Tentang Waduk Kedung Ombo


Waduk Kedung Ombo merupakan salah satu objek wisata yang termasuk ke Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu wisata yang populer di Kabupaten Sragen. Lokasi tepatnya terletak di Jalan Solo-Purwodadi, Rambat, Geyer, Rambat, Geyer, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah 57272.

Sebenarnya kawasan waduk kedung ombo ini berada di perbatasan 3 kabupaten di Jawa Tengah. Yaitu diantaranya : Kab. Grobogan, Sragen dan juga Boyolali. Oleh karena itu wisata ini termasuk ke salah satu tempat wisata di kabupaten sragen. Tempat wisata yang satu ini memiliki berbagai fungsi bagi masyarakat Jawa Tengah diantaranya :

  1. Objek wisata
  2. Irigasi
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  4. Penampungan Air
  5. Hingga Tempat Pemancingan Ikan

WKO memiliki kawasan yang sangat luas yaitu 6.500 hektar lebih, terdiri dari lahan perairan 2.800 hektare lebih dan daratan 3.700 hektare lebih. WKO ini juga termasuk salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Banyak hal yang menarik dan menjadi bahan perbincangan objek wisata ini dari jaman dahulu sampai sekarang.

Mulai dari sejarahnya yang kelam, banyaknya rumor yang membuat tempat wisata ini ditakuti hingga adanya beberapa kasus pungli. Oleh karena itu wisata ini sangat menarik untuk kita ketahui dari seluk beluknya hingga kondisinya yang sekarang seperti apa.

Kondisi Waduk Kedung Ombo


Nah sebelum kita ulas pembahasan mengenai kondisi WKO yang dulu atau sejarahnya yang kelam, ada baiknya kita bahas dulu kondisinya yang sekarang.

Pemandangan Seperti Apa ?

Wisata Sragen ini termasuk salah satu yang cukup populer karena memiliki pemandangan alam yang indah. Selama perjalanan saat sudah dekat dengan lokasi wisata kita akan disuguhi pemandangan di pinggir-pinggir pohon yang rindang. Juga ketika kita sudah masuk area waduknya. Akan terlihat bentang alam yang eksotis yang diperlihatkan oleh waduk ini.

Sejauh mata kita memandang, kita akan melihat air waduk yang jernih yang akan membawa kita pada suasana yang damai dan tenang. Tempat wisata ini sungguh merupakan tempat yang tepat untuk menjernihkan pikiran dari penatnya kota.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan ?

WKO adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengajak keluarganya jalan-jalan di Jawa Tengah. Selain memiliki pemandangan yang indah, Anda juga dimanjakan dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini. Aktivitas yang utama yang bisa Anda lakukan disini adalah botram.

Menggulung tikar dan makan bersama seluruh keluarga dengan memilih tempat di bawah pohon yang rindang, pasti menjadi moment yang akan mengesankan. Atau Anda juga bisa menikmati kawasan dengan berfoto selpie bersama pacar. Jika Anda kurang puas dengan kedua hal tersebut, Anda bisa menyewa perahu nelayan lalu memutari seluruh kawasan waduk.

Ingin aktivitas yang lebih menarik lagi, Anda bisa berkunjung ke rumah makan apung yang berlokasi di tengah waduk. Atau bagi Anda yang hobi memancing Anda bisa menyewa pancingan disana. Aktivitas memancing ini bisa Anda lakukan sembari ikan yang Anda dapat bisa anda bakar langsung disana.

Untuk Anda juga yang ingin mendapatkan moment berharga di waduk Kedung Ombo ini, Anda bisa menikmati sunset disini. Moment tersebut sangat jarang untuk orang dapatkan, sehingga bari mereka yang mendapatkanya adalah orang yang beruntung.

Wahana dan Fasiltias Yang Disediakan ?

Untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan wisatawan, pihak pengelola wisata wadung kedung ombo ini juga menyediakan berbagai wahana dan fasilitas menarik. Untuk fasilitas yang utama yang tersedia disini beberapa diantaranya seperti :

Warung makan

Bila Anda lupa gak bawa bekal makanan dari rumah Anda tak perlu khawatir kelaparan disana. Disini sudah ada warung makan yang menyediakan makanan ringan dan juga berat seperti nasi dan makanan ringan lainya. Di warung makan yang berjejer di pinggir jalan ini juga Anda bisa menikmati ikan bakar khas WKO. Jadi bagi Anda yang perlu ikan bakar tak perlu memancing terlebih dahulu di warung juga ada kok.

Berbagai Permainan Anak

Selain warung tempat makan, disini juga tersedia berbagai wahana permainan anak. Jadi bukan hanya Anda yang merasa senang dan liburan. Anak Anda pun tak akan BT (Boring) ketika Anda ajak liburan kesini. Disini ada serosodan dan lain sebagainya.

Gazebo / Saung

Nah bagi Anda yang kurang suka botram di tanah dengan menggulung tikar. Anda bisa duduk-duduk santai di saung atau gazebo yang disediakan disana. Saung gazebo ini juga bisa Anda gunakan untuk makan bareng dengan keluarga Anda tercinta.

Perahu Nelayan

Fasilitas lainya yang juga disediakan disini adalah Perahu Nelayan. Perahu nelayan ini siap untuk Anda tumpangi, baik itu untuk bermain-main di kawasan waduk atau berkunjung ke tempat makan apung. Namun tentunya ketika Anda ingin menikmati perahu nelayan ini, ada biaya lebih yang harus Anda keluarkan.

Rumah Makan Apung

Ini dia wahana yang paling menarik dan paling banyak diminati wisatawan. Rumah makan apung, yaitu rumah makan yang berada di tengah-tengah waduk. Menyediakan berbagai makanan yang mungkin Anda suka. Untuk mengjangkau rumah makan apung ini tentunya Anda harus menyewa perahu nelayan.

Bernarkah WKO Pernah di Tutup ?


Di balik keindahan objek wisata kedung ombo dengan berbagai fasilitas dan wahananya yang lengkap. Ternyata wisata ini juga pernah mengalami beberapa kasus hingga akhirnya membuat wisata ini ditutup sementara untuk kunjungan wisatawan.

Kasus yang paling utama yang menjadi penyebab penutupan wisata ini adalah karena adanya Pungli (Pungutan Liar) oleh beberapa pihak pengelola. Hal ini dilakukan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab yang akhirnya ada yang melaporkannya ke kejaksaan tinggi jawa tengah.

Seperti yang dilansir di salah satu website Murian News bahwa :

Meski ada karcis dan kuitansi, penarikan retribusi yang dilakukan selama ini, diduga dikategorikan sebagai pungutan liar (Pungli) karena tidak ada dasar hukumnya. Dalam penanganan aduan itu, pihak Kejati juga melibatkan Kejaksaan Negeri Grobogan untuk melakukan kajian.

Oleh karena itu objek wisata ini pada bulan september 2017 pernah ditutup untuk sementara oleh pihak kejaksaan tinggi jawa tengah.

Sedikit Sejarah Waduk Kedung Ombo


Sejarah Kedung Ombo sangat kental akan pertentangan bencana yang kelam. Disejarah ini menceritakan bagaimana pemilik lahan yang bertentangan dengan proyek pembangunan waduk ini.

Awalnya tujuan dari waduk kedung ombo ini dibuat adalah karena sering terjadinya banjir di musim penghujan dan kekeringan pada musim kemarau. Karena itulah pemerintah berencana membuat waduk ini dengan tujuan sebagai berikut :

  • Untuk Meredam Terjadinya Banjir
  • Mengairi Ladang dan sawah-sawah masyarakat
  • Penyedia Air Baku
  • Dan juga Penyedia Irigasi

Memang awalnya pembuatan waduk ini baik. Akan tetapi karena adanya lahan yang harus dikorbankan yaitu rumah, desa dan 3 kabupaten penduduk akhirnya pembangunan tersebut menjadi bertentangan.

Beberapa Intimidasi Yang Dilakukan Saat Pembuatan WKO


Masyarakat di kabupaten tetap mempertahankan lahan yang dirasa milik leluhurnya. Dari sinilah kekejaman dari mereka ( pembuat proyek ) mulai dilakukan banyak intimidasi dan lain sebagainya.

Intimidasi ini sering sekali dilakukan dan memaksa masyarakat untuk ikut aturan pemerintah. Intimidasi ini dilakukan baik berupa fisik maupun berupa moril. Beberapa intimidasi yang dilakukan diantaranya :

  • Pemaksaan warga untuk “menyetujui” ganti rugi yang diberikan
  • Mengurung warga yang bersangkutan untuk menerima ganti rugi
  • Intimidasi sepikah akan persetujuan ganti rugi
  • Memberikan “cap” PKI kepada siapapun yang menolak ganti rugi
  • Ancaman kurungan dan denda bagi yang menolak ganti rugi
  • Ancaman penghilangan hak tanah tanpa ganti rugi
  • Kerugian harta benda yang tidak bisa terhitung (seperti penghancuran sawah)

Intimidasi diatas adalah benar-benar kejam yang dilakukan oleh pembuat proyek. Ganti rugi yang diberikan tidak sesuai dengan pemutusan dari bank dunia yang akan mengganti sebesar Rp. 10.000,- / meter. Namun yang diberikan hanya Rp. 250 / meter.

Di tahun 1895 – 1989 akhirnya waduk kedung omdo berhasil di bangun dengan menenggelamkan 37 Desa dan 7 Kecamatan di 3 Kabupaten. Pada masa tersebut adalah masa-masa yang sulit dan kelam untuk masyarakat di propinsi Jawa Tengah. Mulai dari situlah banyak rumor tentang penunggu waduk bermunculan.

Itulah sedikit sejarah tentang WKO yang bisa saya sampaikan untuk Anda.

Harga Tiket Masuk Sekarang


Tahun demi tahun berjalan dan akhirnya presiden Soeharto di tanggal 18 Mei 1991 meresmikan WKO. Hingga saat ini tempat wisata ini menjadi salah satu tempat pariwisata yang ada di Jawa Tengah. Nah bagi Anda yang ingin berkunjung ke WKO sekarang ini, maka Anda bisa menikmati kawasannya dengan membayar tiket sebesar Rp. 5.000,- / orang untuk untuk parkir kendaraan Rp. 2.000/ motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Video

KOMENTAR