Inilah 8 Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta Paling Terkenal

40

Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta. – Berlibur bersama keluarga tercinta memang menjadi momen yang sangat istimewa. Apalagi jika sudah ditemani buah hati yang lucu dan menggemaskan. Tentunya semakin menambah suasana keharmonisan dalam keluarga yang tidak dapat tergantikan dengan apapun. Namun saat melakukan liburan bersama keluarga tercinta terutama saat membawa buah hati, ada beberapa hal yang perlu perlu dipertimbangkan sebelum memilih tujuan tempat wisata terbaik.

Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta

Sebab anak-anak berada dalam masa belajar aktif yang dengan kuat merekam segala pelajaran yang didapatkannya. Sehingga dalam menentukan tujuan wisata bersama anak juga harus mempertimbangkan keadaan tempat wisata tersebut. Sebutlah wahana wisata yang berbau edukasi bagi anak. Sehingga selain anak mendapatkan kesenangan dari rekreasi liburannya, anak juga secara tidak langsung mendapat pelajaran dan pengalaman positif yang menambah wawasan si kecil.

Inilah 8 Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta Paling Terkenal

Berikut ini adalah Daftar Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta yang paling terkenal. Diantaranya :

Taman Pintar

Didengar dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana kondisi suasana wisata yang dihadirkan di tempat ini. Ya, benar sekali. Tempat ini merupakan tempat wisata yang juga bernilai edukasi bagi anak. Taman ini dihadirkan dengan konsep yang menarik dan tidak monoton sehingga anak-anak akan merasa betah saat berlibur di Taman Pintar tersebut.

Taman Pintar sendiri letaknya berada di Jalan Penambahan Senopati nomor 13, Yogyakarta. Sengaja diberi nama Taman Pintar yang memberi kesan menarik dan sesuai dengan sarana yang disediakan di taman ini. Berbagai fasilitas bernilai edukasi disiapkan untuk menemani si kecil seperti parabola berbisik, cakram spektrum warna, tapak pintar, forum batu, sistem katrol, dinding berdendang, air menari, desaku permai dan masih banyak lagi area permainan anak yang menarik lainnya. Wisata Edukasi Anak di Yogyakarta ini adalah yang paling banyak diminati oleh kalangan wisatawan.

Bahkan disediakan juga rumah pohon, kolam air dan jembatan goyang serta istana pasir yang tidak kalah serunya dalam melengkapi liburan anak. Semua itu dirancang khusus guna menarik daya keingintahuan anak. Si kecil juga bisa merasakan secara langsung fenomena alam seperti rambatan goyang dan sebagainya. Belum lagi sebuah bangunan Gedung Oval yang memaparkan bagaimana alam semesta ini terbentuk. Seru bukan momen berlibur bersama si kecil di sini?

Keraton Yogyakarta

Wisata edukasi anak Yogyakarta selanjutnya adalah Keraton Yogyakarta. Meski keratin tersebut masih digunakan sampai saat ini namun tidak perlu khawatir karena tempat ini juga dibuka sebagai sarana rekreasi. Jangan kaget ketika berkunjung ke tempat ini Anda akan melihat banyak turis asing yang sedang belajar budaya jawa.

Jalur masuk wisata Keraton Yogyakarta dibagi menjadi dua yaitu tepas keprajuritan dan tepas pariwisata. Jika memilih jalur tepas keprajuritan maka Anda akan menemukan beberapa koleksi kereta api sedangkan jika memilih jalur masuk tepas pariwisata maka Anda akan memasuki kompleks Sri Manganti dan kedhaton. Lokasi Keraton Yogyakarta sendiri tidak jauh dari Taman Pintar.

Sindu Kusuma Edupark

Wisata Sindu Kusuma Edupark pertama dibuka pada tanggal 20 Desember 2014 lalu. Terbilang masih sangat baru memang, tapi jangan salah. Meski usianya masih sangat muda namun tempat wisata yang satu ini menjelma sebagai salah satu tempat wisata paling hits di Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan saat pertama opening saja jumlah pengunjung yang datang mencapai 1700 orang per hari. Terbayang bagaimana ramainya lokasi wisata yang satu ini kan?.

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau lebih dikenal dengan nama Monjali merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta. Monjali sebagai lambang dari kembalinya para petinggi pemerintahan Republik Indonesia yang menjadi bukti sejarah ditarik mundurnya pasukan Belanda dari daerah Yogyakarta saat itu, tepatnya pada tanggal 29 Juni 1949 silam.

Dalam waktu yang hampir bersamaan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta serta pejabat pemerintahan lainnya kembali ke Yogyakarta pada tanggal 6 Juli 1949. Monumen ini menjadi salah satu lokasi wisata terbaik bagi anak yang dapat menumbuhkan rasa patriotism terhadap bangsa atas jasa para pahlawan yang menumpahkan dara perjuangannya bagi kemerdekaan bangsa Indonesia tercinta ini.

Museum Gunung Merapi

Destinasi bersama buah hati selanjutnya adalah memasuki kawasan Museum Gunung api. Museum yang terletak di kawasan lereng selatan merapi Yogyakarta ini menyimpan benda-benda bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Diharapkan pembangunan museum tersebut bisa menjadi sarana rekreasi sekaligus sarana edukasi bagi pengunjung terutama anak-anak agar mendapat wawasan yang lebih luas berkaitan dengan bencana gunung api, gempa bumi serta bencana alam yang lain. Museum ini diresmikan pada tanggal 1 oktober 2009 lalu oleh Bapak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Purnomo Yusgiyantoro.

Museum Ulen Sentalu

Kali ini beranjak ke bangunan museum yang ada di daerah Seleman Yogyakarta yang merupakan salah satu wisata museum terbaik Indonesia. Selain menyuguhkan keindahan seni corak bangunan yang khas Museum Ulen Sentalu juga menjadi rekreasi edukasi yang dapat memperkuat pengetahuan seputar seni dan budaya jawa khususnya pada jaman Kerajaan Mataram.

Benteng Vredeburg

Didengar dari namanya saja Anda pasti sudah bisa menebak sedikit sejarah tentang benteng ini. Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda yang diabadikan hingga saat ini sebagai sarana rekreasi yang bernilai edukasi. Benteng ini menjadi sangat terkenal di Yogyakarta karena memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Di dalam museum terdapat beberapa karya seni seperti patung bersejarah, bangunan bersejarah dan persenjataan di masa lampau yang diabadikan.

Rumah Budaya Omah Petruk

Tempat wisata yang satu ini memiliki keunikan wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Omah Petruk menawarkan keberagaman budaya yang dikemas dalam beraneka ragam rupa patung. Wisata edukasi ini berada di Desa Krang Klethak, Wonorejo Hargobinangun, Seleman. Saat memasuki wisata Omah Petruk Anda dapat melihat banyak sekali patung-patung yang menggambarkan kekayaan budaya dalam negeri maupun luar negeri.

Pada dasarnya pembangunan Omah Petruk ini bertujuan untuk menyajikan lima unsur agama yang berbasis budaya. Dengan pemandu wisata yang menemani kunjungan Anda, pengunjung akan mendapat pengetahuan mengenai budaya dari tiap desa berdasarkan patung yang dilihatnya. Sehingga tempat ini cocok sekali sebagai tujuan berlibur bersama keluarga dan anak-anak Anda yang haus akan ilmu pengetahuan.

Ternyata ada momen istimewanya juga dari tempat ini, yaitu pada hari-hari tertentu wisata Omah Petruk akan dijadikan sebagai lokasi pertunjukan seni budaya khas. Penasaran bagaimana serunya berkunjung ke wisata Omah Petruk ini?. Langsung saja nikmati serunya berwisata ke Omah Petruk dan siap-siap untuk menyaksikan pertunjukan budaya serta penjelasan ilmu pengetahuan dari pemandu wisata yang akan menambah wawasan Anda seputar kebudayaan Indonesia.

Nah, itulah berbagai pilihan wisata edukasi anak di Yogyakarta. Setelah mengetahuinya Anda tidak bingung lagi kan mencari tujuan wisata edukasi yang cocok bersama keluarga dan buah hati tercinta?. Berlibur menjadi lebih menyenangkan dan menambah wawasan baru yang bermanfaat.

Pencarian Masuk:

  • wisata edukatif di jogja

KOMENTAR