Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Nah setelah tadi saya membahas mengenai Legenda Tangkuban Perahu, kali ini saya akan coba membahas mengenai Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jika Anda belum membaca sejarahnya, ada baiknya Anda membacanya Disini! supaya Anda lebih mengetahui awal terbentuknya gunung yang populer di Kab. Bandung ini.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Lembang Kabupaten Bandung. Berarti sebelah utara kota Bandung. Objek wisata gunung ini sangat populer di kalangan wisatawan Bandung dan Jakarta, sehingga wisatawan yang datang kesini tak pernah sepi apabila weekend dan lonk weekend tiba.

Gunung Tangkuban Perahu

Saya kira wajar sih objek wisata ini sangat populer karena memiliki pemandangan yang memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Jika berkunjung ke Lembang, jangan lupa untuk mengunjungi gunung ini karena saya sangat mewajibkan untuk Anda yang suka liburan mencari tempat – tempat yang eksotis. Gunung ini lokasinya mudah di jangkau dan saya yakin bagi wisatawan dari manapun itu jika berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu ini tak akan pernah ada yang kesasar.

Sebenarnya yang membuat gunung ini banyak diminati adalah ketiga kawahnya yang sangat indah. Yaitu : Kawah Ratu yang merupakan kawah utama dengan kawasan yang sangat luas, Kawah Domas dan juga Kawah Upas.

Lokasi

Sebelum saya membahas mengenai wisatanya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu lokasi lengkapnya tentang Gunung Tangkuban Perahu ini. Lokasi tepatnya gunung ini terletak di Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang atau setelah Cikole.

 

Akomodasi

Sayangnya masih belum ada sarana hotel ataupun penginapan di kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini. Namun jangan khawatir, mengenai penginapan maupun hotel Anda bisa kebawah sedikit ke daerah Lembang. Tidak jauh dari sana terdapat banyak hotel dan juga penginapan yang siap disewakan untuk tempat beristirahat Anda. Harganya juga tidak terlalu tinggi dan saya rasa sangat sesuai dengan fasilitas yang diberikan penginapannya.

Mengenai wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu ini bukan hanya wisatawan lokal saja akan tetapi banyak wisatawan dari berbagai kota bahkan negara yang berkunjung kesini. Terkadang banyak juga perusahaan yang melaksanakan gathering ataupun outing dengan lokasi pusatnya di sini.

Jika Anda mencari tempat makan Anda tak perlu khawatir karena disini banyak tersedia warung – warung yang menyediakan beragam jajanan. Akomodasi lainya, terdapat toilet, mesjid, dan lain sebagainya dengan kondisi yang sangat terjaga alias bersih. Ohh iyah sarana parkir di kawasan ini sangatlah luas, jadi Anda tak perlu khawatir kehabisan tempat parkir kendaraan pribadi Anda.

Harga Tiket Masuk

Nah mengenai harga tiket untuk bisa masuk ke Gunung ini tidaklah terlalu mahal menurut saya karena sarana dan fasilitas yang telah diberikan juga sangat cukup yaitu Rp. 20.000,- untuk weekdays dan Rp. 30.000,- untuk weekend. Sedangkan untuk wisatawan luar negara mereka harus membayar Rp. 200.000,- untuk weekdays dan Rp. 300.000,- untuk weekend.

Sedangkan untuk biaya parkir motor akan dikenakanan biaya Rp. 3.000,- sampai Rp. 5.000,-, parkir mobil Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,- dan untuk parkir bus Rp. 25.000,- sampai Rp. 35.000,-.

Wisata di Lokasi

Sudah saya jelaskan diatas bahwa Gunung Tangkuban Perahu ini bisa sangat terkenal karena memiliki 3 kawah yang terkenal yang memiliki pemandangan yang sangat menawan yaitu :

  • Kawah Ratu
  • Kawah Upas
  • Kawah Domas

Penjelasan mengenai ke-3 kawah tersebut akan saya bahas di postingan berikutnya. Jadi jangan lupa untuk melihat kembali update website www.hoteldiindonesia.net/

Itulah sedikit penjelasan mengenai tempat wisata yang menjadi salah satu ikon di kota Bandung. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan lokasi wisata mana yang harus Anda jadikan sebagai tempat wisata liburan berikutnya.

 

KOMENTAR