7 Destinasi Wisata Kabupaten Jepara Yang Sayang Untuk dilewatkan

38

7 Destinasi Wisata Kabupaten Jepara. – Siapa yang tidak mengenal keindahan ukiran mebel dari Jepara. Keindahan ukiran-ukiran mebel Jepara ini memang sudah terkenal ke seluruh Nusantara bahkan sampai ke penjuru dunia. Ternyata selain terkenal sebagai pusat produksi mebel dengan ukiran-ukiran khasnya, Jepara juga terkenal sebagai kawasan yang menyimpan banyak pilihan tempat wisata dengan berbagai suguhan menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

7 Destinasi Wisata Kabupaten Jepara Yang Sayang Untuk dilewatkan

Ada banyak pilihan tempat wisata Kabupaten Jepara yang dapat menjadi tujuan destinasi Anda. Seperti pesisir pantai, Pulau Panjang, wisata Karimun Jawa dan masih banyak lagi. Tempat-tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang datang dari berbagai tempat. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 tempat wisata Kabupaten Jepara yang wajib Anda kunjungi saat singgah di Kabupaten Jepara.

7 Destinasi Wisata Kabupaten Jepara

Karimun Jawa

Objek pemandangan alam memang selalu menarik untuk dinikmati. Sebuah taman dengan luas sekitar 107.225 ha ini menjadi pilihan wisata terbaik saat Anda mengunjungi Kabupaten Jepara. Taman Nasional Karimun Jawa lokasinya cukup jauh dari pusat ibukota yaitu berjarak sekitar 83 km dari barat laut Kota jepara. Akses jalan menuju lokasi terlalu tidak sulit, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan memanfaatkan jasa tour travel yang sudah tersedia dari berbagai agen perjalanan. Ini merupakan Objek Wisata Kabupaten Jepara yang paling populer dan banyak diminati wisatawan.

Pada dasarnya Taman Nasional Karimun Jawa difungsikan sebagai cagar alam laut yang dilindungi pemerintah dengan tipe ekosistem hutan daratan rendah, hutan pantai, algae, hutan magrove dan terumbu karang. Sehingga tempat wisata yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menikmati keindahan surga bawah laut dengan biota lautnya.

Pulau Panjang

Tempat wisata menarik Jepara selanjutnya adalah Pulau Panjang, sebuah pulau yang letaknya tidak jauh dari Pantai Kartini dan hanya berjarak sekitar 2,5 km saja. Pulau ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa dan sanggup menghipnotis para pengunjung untuk merasa betah berada di Pulau Panjang tersebut.

Pulau Panjang memiliki laut yang dangkal dengan keindahan terumbu karang sebagai biota laut yang turut mewarnai surganya pemandangan dasar laut. Di tepi pantai Anda akan menikmati eksotisnya pasir putih yang terhampar di sekeliling pantai. Air laut yang jernih serta arus ombaknya yang tidak begitu deras, cocok untuk pengunjung melakukan berbagai aktivitas olahraga air seperti berenang, kano ataupun snorkelling. Wisata berikutnya adalah

Pulau Panjang memiliki luas sekitar 19 hektar. Meskipun tidak begitu luas namun keindahan yang dihadirkan di tempat wisata ini tidak akan membuat pengunjung merasa bosan. Justru akan membuat wisatawan merasa kecanduan untuk berkunjung ke Pulau Panjang ini. Cukup dengan harga tiket masuk sekitar 12 saja per orang dari dermaga Pantai Kartini dan dilanjutkan tiket masuk 3000 rupiah untuk memasuki kawasan Pulau Panjang pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan laut yang fantastis.

Wisata Benteng Portugis

Bagi Anda pecinta dunia wisata yang berbau sejarah maka tempat wisata Benteng Portugis menjadi wajib untuk Anda kunjungi. Wisata Benteng Portugis pada dasarnya dimanfaatkan sebagai cagar budaya yang dilindungi. Namun karena keindahan bangunan dan pemandangan sekitar benteng yang menawan sehingga dimanfaatkan juga sebagai salah satu objek wisata Jepara yang wajib untuk dikunjungi.

Keindahan bangunan benteng dengan ukiran seni arsitek yang mewah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi lokasi benteng yang berada di tepi pantai menjadikan suasana pemandangan semakin indah dan menawan. Anda bisa menikmati keindahan ukiran bangunan benteng sambil menikmati pemandangan pesisir pantai yang indah dan menyejukkan hati.

Museum Raden Ajeng Kartini

Rasa hormat terhadap pahlawan wanita nomor satu di Indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini bukan hanya dibuktikan dengan ucapan belaka. Namun harus dilakukan dengan penuh rasa tanggungjawab untuk melanjutkan perjuangan beliau dalam memajukan kaum wanita yang tidak boleh tertinggal dari segi pendidikan.

Nama R.A Kartini sebagai nama pahlawan wanita pertama di Indonesia juga diabadikan menjadi nama sebuah museum di Jepara. Museum ini menyuguhkan berbagai koleksi sejarah yang wajib Anda kunjungi saat menyinggahi Kota Jepara. Di museum ini juga terdapat kerangka ikan raksasa yang panjangnya mencapai 16 meter dan memiliki berat 6 ton. Tidak terbayang bukan seberapa besar ikan ini?.

Kerangka ikan raksasa yang diberi nama Joko Tuo ini konon katanya ditemukan di Pulau Karimun dalam keadaan mati yang kemudian diabadikan di Museum R.A Kartini. Cukup membayar tiket masuk seharga 2000 untuk hari biasa dan 3000 khusus akhir pekan, pengunjung sudah bisa memasuki museum bersejarah yang terkenal di Jepara ini.

Air Terjun Songgolangit

Ternyata Jepara bukan hanya terkenal dengan suguhan wisata pantai, museum dan ukiran mebelnya saja. Namun curahan air terjun yang cukup fantastik juga akan melengkapi destinasi seru Anda dalam melakukan wisata ke Jepara. Objek wisata Air Terjun Songgolangit ini berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Lokasinya tidak jauh dari pusat ibukota, cukup menempuh jarak sekitar 30 km arah utara dari sentral kota Jepara.

Air terjun Songgolangit memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter. Air terjun ini nampak sangat cantik saat terjun dari atas bukit menuju dasarnya. Apalagi saat siang hari yang terkena cahaya matahari membuat jatuhnya air terlihat bak mutiara yang melambai-lambai dengan indahnya.

Pemberian nama songgolangit konon katanya berasal dari pemandangan air terjunnya yang nampak seperti sedang menyangga horizon langit. Pemandangan air terjun yang berkilau berbaur pancaran cahaya matahari, pepohonan hijau yang berjajar mengelilingi, kupu-kupu warna warni serta udara yang sejuk dan menyehatkan akan menghipnotis Anda merasa sangat nyaman berwisata ke tempat ini.

Kuliner Pantai Pangkruk

Setelah lelah menyusuri keindahan wahana wisata yang ada di Jepara, tiba saatnya untuk giliran memanjakan lidah Anda. Di mana lagi kalau bukan wisata kuliner Pantai Pangkruk. Sesuai namanya tempat wisata ini menyajikan penawaran wisata yang double menyenangkan. Menikmati pemandangan laut sambil menyantap menu-menu lezat yang menggoyang lidah.

Hanya berjarak sekitar 7 meter dari pusat kota, Anda akan menemukan sebuah area wisata yang menawarkan berbagai sajian kuliner menarik dan khas Jepara. Berbagai pilihan tempat makan menghidangkan olahan seafod tersedia di sini. Uniknya, tempat makan dikemas dalam sebuah gazebo di atas laut yang memberi kesan istimewa saat menyantap hidangan makanan di tempat wisata yang satu ini. Bahkan ada juga yang menambahkan ruang karaoke supaya lebih menarik konsumen.

Pulau Mandalalika

Bagi traveller yang memiliki hobbi memancing nampaknya wisata Pulau Mandalika menjadi objek wisata yang sangat cocok bagi Anda. Pengunjung bisa melampiaskan hobi memancingnya di tempat wisata ini.

Ada berbagai jenis ikan yang tersedia mulai dari ikan pari, ikan kerapu bahkan ikan sembilang juga bisa Anda pancing secara langsung di sini. Di samping terkenal sebagai wisata pemancingan favorit, pengunjung juga dapat melihat tanaman endemik Jepara yaitu tanaman Nongko Celeng. Tanaman ini terlihat unik karena buahnya yang tumbuh di dalam tanah tepatnya pada akar tanamannya.

Nah, demikian 7 tempat wisata ternama yang ada di Kabupaten Jepara yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda berlibur ke Kota Jepara. Mulai dari bersantai menikmati semilir angin pantai dan pemandangan sekeliling laut, menyinggahi beberapa museum bersejarah, hingga menyantap kuliner lezat yang memanjakan lidah, liburan Anda dijamin menjadi momen berkesan dan tidak akan terlupakan.

Pencarian Masuk:

  • pantai di pandanaran jepara

KOMENTAR