Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Malang, Fenomena Blue Fire

215

Wisata Kawah Ijen –¬†Anda pernah mngetahui bahwa wisata alam di malang begitu beragam. Mulai dari keindahan alam, berbagai budayanya, dan kuliner yang ada di malang ini menyajikan khas serta keunikannya. HDG Team akan memberikan informasi yang wajib dikunjungi bagi sobat traveler yang senang untuk menjelajahi destinasi baru dan unik. Sebut saja Wisata Kawah Ijen Banyuwangi Malang untuk paket wisata HDG team klik aja DISINI.

wisata kawah ijen

Wisata Kawah ijen merupakan bisa dibilang salah satu fenomena yang langka dan patut dijadikan sebagai keajaiban dunia. Karena fenomena alam yang disuguhkan di wisata kawah ijen ini adalah fenomena Blue Fire. Yap, Betul sekali fenomena api yang berwarna biru yang ada di kawah ijen seperti yang ada di Negara Islandia. Yang ada dengan fenomena blue fire ini hanya terdapat di dua negara dari sekian negara yang ada didunia.

Wisata Kawah Ijen atau Gunung Ijen berada antara perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso Propinsi Jawa Timur. Merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Gunung Ijen mempunyai tinggi 2.368 mdpl. Kawah Ijen sendiri adalah danau asam yang yang punya kedalaman sekitar 200 meter dan luas kawahnya sekitar 5.466 Hektar. Butuh pendakian kurang lebih sekitra 2 jam untuk menuju kawahnya, namun hal itu sebanding dengan apa yang bisa di dapatkan karena kawah ijen menawarkan pesona Blue fire ini.

Nama Ijen sendiri mulai dikenal dunia ketika turis dari Perancis yaitu Nicolas Hulat serta Istrinya nKatia Kraft Pada Tahun 1971. Mereka menuliskan bahwa pesona Kawah Ijen ini sertai oleh kerasnya para penambang belerang di majalah Geo. dan hal ini membuat daya tari para turi untuk mengunjungi kawah ijen ini. Waktu untuk menikmati keindahan alam wisata kawah ijen ini ketika tepat pada jam 02.00 pagi sembari menunggu indahnya sunset di tempat ini.

Apa yang menjadikan kawah ijen ini menyemburkan fenomena alam blue fire ata api berwarna biru. Hal ini disebabkan perihal kebetulan saja yang terjadi secara kontinyu, Kawah Ijen dengan kandungan belerang yang begitu besar bertemu dengan panas bumi bertekanan tinggi sehingga terjadilah reaksi oksidasi. Reaksi pembakaran belerang inilah yang menghasilkan panas dan cahaya, yang diterima sebagai warna biru oleh reseptor mata kita. Untuk mendaki ke kawah ini cukup susah namun hasil yang didapatkan cukup terbayarkan dengan tarian oksidasi sulfur yang menyala-nyala.

Rute dan Jalur Menuju Lokasi Ijen

Untuk menuju lokasi Ijen dari malang dan surabaya bisa di tempuh 6- 7 jam perjalanan darat, jika tanpa ada kendala macet. Namun, apabila sobat traveler berlokasi di Banyuwangi cukup menempuh 1-2 jam dengan berkendara. Dilanjutkan menuju lokasi wisata kawah ijen ini diperlukan untuk mendaki dengan stamina yang cukup prima. Jalur ke kawah ijen ini panjangnya kurang lebih 3 Km. dengan rute 1,5 km pendakian agak landai dan 1,5 km pendakian agak menanjakn dan melebar. Untuk informasi ingin mangunjungi ke wisata kawah ijen ini cukup menghubungi HDG team dengan paket wisata yang ditawarkan cukup menarik.

KOMENTAR