Wisata Magelang Kota Seribu Bunga

1324

.Wisata Magelang Kota Seribu Bunga – Magelang adalah salah satu kabupaten yang letaknya strategis karena menjadi jalur utama kota Semarang ke Yogyakarta. Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Memiliki moto Sejuta Bunga dengan semboyan Magelang Kota Harapan yakni hidup, aman, rapi, asri, dan juga nyaman.

Hampir setiap orang di Indonesia tahu dan kenal dengan kabupaten Magelang. Karena selain berjuluk kota Militer. Kabupaten Magelang juga memiliki sebuah situs peninggalan sejarah yang terkenal hingga ke negara-negara lain di dunia.

Wisata Magelang

Meskipun tidak terlalu luas, Kabupaten Magelang memiliki sejuta wisata yang memukau. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang untuk melihat langsung keindahan wisata Magelang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Wisata Magelang Kota Seribu Bunga

Magelang terkenal dengan peninggalan 7 keajaiban dunia, yakni Candi Borobudur yang merupakan candi peninggalan zaman dahulu kala yang sampai sekarang semakin dikenal banyak orang. selain ada Candi Borobudur, Magelang juga masih memiliki banyak sekali tempat wisata menakjubkan lainnya. Berikut adalah daftar tempat wisata Magelang dari wisata alam hingga wisata kota yang semuanya wajib Anda kunjungi.

1. Top selfie Kragilan

Siapa sih yang tidak tahu tempat selfie Pinusan Kragilan yang sekarang ini tengah booming di Instagram? Hampir setiap orang di sekitar Kabupaten Magelang tentu tahu akan tempat wisata ini. Letaknya ada di Kecamatan Pakis, Kaponan, yang merupakan kawasan pohon pinus yang menjadi tempat epic untuk berselfie dan dipamerkan di berbagai sosial media.

Untuk masuk ke kawasan tempat wisata pinusan ini, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk, namun Anda harus membayar parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. di tempat wisata alam ini selain bisa memanfaatkan untuk berfoto selfie, Anda juga bisa menikmati pemandangan dengan keindahan pepohonan pinus dan juga udaranya yang sejuk.

2. Gereja ayam

Selain Top Selfi Kragilan, Anda juga pasti tahu kan tempat wisata alam Gereja Ayam yang merupakan tempat wisata ngehits di Kabupaten Magelang? Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat shooting film terlaris “Ada Apa Cinta 2”. Namun terlepas dari hal tersebut, Gereja Ayam termasuk objek wisata yang memiliki keindahan menakjubkan yang wajib dikunjungi.

Meskipun kondisi objek wisata ini sedikit terbengkalai namun tidak mengurangi minat masyarakat untuk datang melihat langsung tempat shooting film fenomenal tersebut. Gereja yang terletak di bukit Rhema, tepatnya di Dusun Gombong, Kecamatan Borobudur, di Kabupaten Magelang ini serung dijadikan sebagai top selfie dan juga foto pre wedding.

Meskipun namanya adalah Gereja Ayam, namun unik dan menariknya bentuk dari objek wisata ini tidak mirip ayam melainkan mirip dengan burung merpati yang sedang memakai mahkota di kepalanya.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise dengan menaiki bukit Rhema yang letaknya tidak jauh dari Gereja Ayam ini. Meskipun tidak terlalu sulit, namun Anda tetap harus hati-hati karena jalanan menuju ke Bukit Rhema tersebut masih berupa jalan setapak dengan kanan kirinya pepohonan rimbun.

3. Taman Kyai Langgeng

Selain banyak wisata alam, Magelang juga memiliki wisata kota yang berupa taman yakni taman Kyai Langgeng yang sudah terkenal di daerah lain dengan keramahan dan juga kesejukan lingkungannya. Selain itu taman ini juga terdapat sebuah kebun binatang, sehinga diminati banyak anak-anak sebagai media pendidikan.

Taman kyai Langgeng ini berada di Jalan Cempaka, atau sekitar 1 km dari pusat kota, dan memiliki luas 28 hektar. Selain terdapat sebuah kebun binatang, taman Kyai Langgeng ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti patung raksasa, pepohonan langka, dan ada juga pentas seni tradisional. Dimana pentas seni ini memang untuk menghibur para wisatawan.

4. Candi Borobudur

Sudah tidak asing lagi bukan dengan tempat wisata yang satu ini? Candi Borobudur selain menjadi salah satu andalan pariwisata Magelang juga menjadi icon objek wisata Indonesia. Karena selain memiliki keunikan dan keindahan yang menakjubkan, candi Borobudur ini pernah menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Tidak heran jika setiap harinya selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tiket masuk untuk orang dewasa sendiri relatif murah yaitu sekitar Rp. 30.000, sedangkan untuk wisatawan mancenegara bisa 3 kali lipat tarif lokal. Meskipun lebih terkenal menjadi destinasi wisata Yogyakarta, candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang.

5. Candi Canggal

Selain candi Borobudur yang sudah mendunia, Magelang juga masih memiliki beberapa tempat wisata yang berupa candi salah satunya adalah Candi Canggal. Candi ini ada di atas sebuah bukit yakni Bukit Wukir. Dari kaki gunung Merapi yang merupakan perbatasan wilayah Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Candi ini adalah candi yang dibangun masa pemerintahan Raja Sanjaya. Sanjaya merupakan Raja dari zaman Kerajaan Mataram Kuno

Candi Canggal sendiri adalah sebuah candi peninggalan agama Hindu. Diperkirakan sekitar tahun 732 M candi ini ditemukan. Candi Canggal ini terletak di Kecamatan Salam, tepatnya ada di Dusun Canggal, desa Kadiluwih.

6. Candi Selogriyo

Selanjutnya ada Candi Selogriyo yang berada di Kecamatan Windusari, Desa Kebangkuning, Dusun Campurejo, Magelang. Selogriyo sendiri berasal dari dua suku kata yakni Selo yang artinya batu, dan Griyo yang artinya rumah, sehingga arti dari nama Candi Selogriyo tersebut adalah rumah dari batu. Atau nama lainnya adalah Omah Watu.

Candi ini berdiri sendiri dan berada tepat di lereng 3 bukit yakni bukit Malang, Bukit Condong, dan Bukit Giyanti dimana bukit tersebut memiliki ketinggian sekitar 648 mdpl.

7. Candi lumbung

Tempat wisata ini adalah tempat wisata unik seperti namanya Candi Lumbung, dimana candi ini memiliki cerita sejarah yang sangat suci. Menurut cerita candi ini zaman dahulu dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan bekal makanan atau pun hasil bumi. Candi Lumbung ini terletak di Desa Krogowanan, dusun Tlatar, Kabupaten Magelang, dimana letak candi Lumbung ini berdekatan dengan candi Pendem dan candi Asu sengi.

8. Pemandian air panas Candi Umbul

Setelah membahas tempat wisata candinya. Selanjutnya ada tempat wisata air yang juga merupakan peninggalan sejarah dan cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Di tempat wisata pemandian air anget Candi Umbul ini situs purbakala yang sangat terkenal di kawasan Magelang dengan air hangat dan air panasnya.

Pemandian air hangat ini terdiri dari 2 kolam yakni pemandian air hangat atau panas dan satunya pemandian air tawar. Menurut sejarah candi ini dulunya adalah sebuah tempat pemandian para putri raja. Digunakan setelah melakukan beberapa ritual tertentu di sebuah candi yaitu candi Borobudur.

Yang tidak boleh terlewat adalah Alun-alun kota Magelang yang merupakan pusat keramaian Kabupaten ini. Selain itu ada juga Curug Kedung Kayangan yang memiliki penorama indah yang sangat jika dilewatkan begitu saja.

Itulah Daftar Tempat Wisata Magelang yang penuh pesona. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua para pembaca. Khususnya bagi mereka wisatawan yang ingin merencakanan liburannya di weekend ini.

KOMENTAR