Mengenal Lebih Dekat Wisata Pantai Parang Tritis Yogyakarta

370

Wisata Pantai Parang Tritis Yogyakarta – Pantai Parang Tritis memang sudah sangat terkenal sebagai obyek wisata pantai Yogyakarta dengan keindahan pemandangan sekitar pantai dan desir ombak yang menambah sensasi romantis. Di balik keindahan pantai ini kabarnya terdapat cerita legenda yang menarik untuk diketahui. Konon katanya ada seorang ratu yang mendiami pantai ini yang dikenal dengan Ratu Nyi Roro Kidul.

Wisata Pantai Parang Tritis Yogyakarta

Entah masih berlaku atau tidaknya kabar tersebut namun faktanya pantai ini memang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tampak para wisatawan yang hilir berganti berdatangan mengunjungi Pantai Parangtritis dari berbagai asal bahkan tidak jarang pula ditemui turis-turis asing di sini. Selain keindahan alamnya yang dapat dinikmati secara langsung akan sangat menarik bagi traveler untuk mengenal lebih dekat seputar legenda dan keadaan sekitar Pantai Parangtritis ini.

Mengenal Lebih Dekat Wisata Pantai Parang Tritis Yogyakarta

Legenda Wisata Pantai Parang Tritis

Berbicara tentang legenda Pantai Parangtritis ini erat kaitannya dengan sebuah nama ratu kidul yang konon dipercaya sebagai penguasa pantai yang seolah akan terus melekat dan tidak akan terlepas. Ratu tersebut dikenal dengan nama Ratu Roro Kidul. Tidak heran jika saat Anda berkunjung ke pantai ini akan banyak larangan yang sebaiknya harus ditaati dan tidak boleh dilanggar.

Larangan tersebut seperti himbauan untuk jangan melakukan ski air, berenang terlalu ke tengah laut atau bahkan larangan memakai pakaian dengan warna tertentu yang disukai Ny Roro Kidul. Katanya bermain ke Pantai Parangtritis dengan memakai pakaian dengan warna tertentu yang merupakan warna kesukaan Ny Roro Kidul akan membahayakan pengunjung dan bisa terseret ombak hingga tidak bisa kembali lagi. Serem banget ya mitosnya?.

Namun bagi Anda yang kurang percaya dengan hal-hal berbau mitos seperti ini pasti akan kurang peduli dengan berbagai larangan yang diberlakukan. Tetapi bagi warga sekitar legenda Pantai Parangtritis bukan sebuah mistis belaka yang bisa diabaikan begitu saja. Namun tidak bisa dipungkiri meski erat dengan cerita mistis yang menyeramkan pantai ini tetap menjadi primadona para wisatawan yang tidak bosan berkunjung menikmati keindahan pantainya.

Asal Usul Nama Pantai Parantritis Yogyakarta

Legenda Pantai Parangtritis yang merupakan pantai selatan Kota Yogyakarta ini memang kental dengan kisah yang masih turun-temurun hingga saat ini. Meski cerita mistis yang ada sampai saat ini belum bisa dibuktikan, tetapi kepercayaan tentang adanya Ratu Pantai Selatan masih melekat dan belum bisa hilang. Penasaran kan bagaimana kisah di balik pemberian nama Pantai Parangtritis ini?.Tanpa basa basi langsung saja untuk mengenal asal usul Pantai Parangtritis lebih dalam.

Nama Parangtritis sendiri berawal dari pelarian Sang Pangeran Dipokusumo pada jaman Kerajaan Majapahit. Pangeran Dipokusumo kemudian melakukan pertapaan di Pantai Selatan ini. Dalam pertapaannya, Sang Pangeran menemukan sebuah batu karang besar yang terdapat tetesan air. Nama Parangtritis ini terdiri dari dua pemenggalan kata yaitu parang yang artinya karang dan tritis yang bermakna saling menetes.

Kepopuleran legenda asal usul Pantai Parangtritis ini bahkan sampai dibawa ke dapur perfilman Indonesia. Banyak produsen film yang mengangkat cerita Nyi Roro Kidul dalam sebuah film yang ditayangkan di stasiun televisi atau bioskop-bioskop ternama.

Mitos Larangan Saat Berkunjung Ke Pantai Parang Tritis

Pantai Parangtritis juga dikenal dengan nama Pantai Selatan Yogyakarta. Penduduk setempat masih mempercayai akan adanya ratu penguasa Pantai Selatan yang mendiami pantai dan tetap ada sampai saat ini. Namun kenyataannya mitos itu belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Salah satu keyakinan yang masih diberlakukan hingga jaman modern seperti sekarang ini adalah larangan untuk mengenakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke sekitar pantai apalagi dekat-dekat dengan ombak pantai. Konon menurut mitos yang berkembang, warna hijau merupakan warna kesukaan Ratu Pantai Selatan. Pengunjung yang datang dengan menggunakan pakaian warna hijau seolah-olah akan ditarik ombak sampai ke tengah-tengah lautan dan mati tenggelam.

Namun jika menurut penelitian yang dilakukan, perlu diketahui bahwa dalam laut ini terdapat sebuah palung laut yang jaraknya cukup dekat dengan bibir pantai. Kemungkinan mereka yang terseret ombak akan terjebak di dalam palung laut dan tidak bisa melepaskan diri. Warna hijau sendiri merupakan warna yang dihindari sebab akan mempersulit timsar dalam melakukan pencarian korban yang terseret ombak karena tersamar dengan warna lautan yang dangkal.

Wisata Menarik Sekitar Pantai Parangtritis

Terlepas dari legenda Pantai Parantritis yang cukup menyeramkan ini. Pantai Parangtritis sendiri merupakan destinasi alam yang sangat menarik dengan suguhan keindahan alamnya. Meski eksistensinya mulai tersaing dengan keberadaan pesona pasir putih di daerah Wonosari. Namun pantai ini masih menjadi primadona traveler saat melakukan perjalanan wisata ke Kota Yogyakarta. Ber Wisata di Pantai Parang Tritis ini yakin akan membuat Anda betah berlama-lama liburan disini.

Ada berbagai fasilitas yang disediakan di sekitar pantai seperti persewahan kuda untuk menyusuri keindahan pesisir pantai. Selain itu terdapatnya gumukan pasir di sekitar pantai yang semakin hits menjadi wisata olahraga sekaligus wisata adrenalin yang seru dan keren. Di atas gumukan pasir ini dimanfaatkan sebagai area olahraga seluncur di atas papan yang banyak diminati terutama bagi kaula muda yang ingin menguji kegesitannya.

Disediakan juga peralatan olahraga clambing atau pemanjatan tebing pantai yang kemudian dilanjutkan dengan penerjunan bebas dengan olahraga paralayang. Menarik sekali bukan?. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai juga sudah disediakan penginapan di The Queen Of South Beach Resort yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise di Wisata Pantai Parang Tritis dengan leluasa.

Akses Jalan Menuju Pantai Parangtritis

Kawasan wisata Pantai Parang Tritis hanya berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke lokasi Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan memanfaatkan angkutan umum dari terminal umbulharjo. Ada dua pilihan rute yang dapat Anda lalui yaitu melalui Imogiri-Siluk atau Kretek.

Jika Anda ingin melewati rute sambil memanjakan mata dengan menikmati pemandangan yang menarik pilihlah rute Imogiri-Siluk. Rute ini akan melewati area pemakaman keluarga kerajaan yang disuguhi pemandangan bukit kapur yang unik dan indah. Tapi jika ingin bisa sampai ke lokasi pantai dengan lebih cepat, pilihlah rute Kretek.

Makan dan Oleh-Oleh Souvenir Yogyakarta

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya karena berkaitan dengan urusan perut dan oleh-oleh wisata. Saat rasa lapar melanda memang tidak bisa ditunda lagi. Tenang saja, di sekitar pantai sudah berjajar warung-warung yang menawarkan makanan atau sekedar minuman penyegar yang menghilangkan rasa dahaga akibat suhu panas di sekitar pantai.

Tersedia juga toko-toko yang menjajakan souvenir-souvenir cantik dan makanan khas Yogyakarta yang bisa menjadi oleh-oleh wisata Anda.
Nah, lengkap dan menarik sekali bukan berkunjung ke wisata pantai yang menyuguhkan aneka petualangan seru yang memanjakan suasana liburan ini?. Mengenal ceritanya saja belum cukup sebelum membuktikan secara langsung bagaimana pesona pantainya yang meluluhkan hati para traveler ini.

 

KOMENTAR