9 Wisata Sleman Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

561

9 Wisata Sleman Yogyakarta.-Mengisi waktu liburan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Cara menikmati liburan yang paling pas adalah dengan melakukan kunjungan wisata ke beberapa tempat wisata alam yang indah dan menenangkan. Selain mendapatkan kesenangan, berwisata juga akan memberikan pengalaman baru yang bermanfaat.

Menjelajah Keindahan 9 Wisata Sleman Yogyakarta

Berbicara tentang wisata, tampaknya kota Yogyakarta merupakan pilihan terbaik dalam destinasi liburan Anda. Kota yang terkenal sebagai kota pelajar ini menyimpan banyak sekali pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Berikut beberapa obyek wisata Sleman Yogyakarta yang sangat cocok menjadi tujuan destinasi liburan Anda.

  • Candi Prambanan

Obyek wisata Candi Prambanan sangat dikenal oleh kalangan traveler. Bangunan candi ini menyuguhkan pemandangan yang fantastik dengan ukiran dan tumpukan-tumpukan bebatuan yang membentuk candi.

Wisata Candi Prambanan selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Terlebih saat musim liburan tiba, candi ini dipenuhi anak-anak yang mengisi waktu liburan bersama keluarga atau dengan teman-teman kerabatnya.

Di obyek wisata Candi Prambanan ini pengunjung dapat belajar seputar sejarah pembangunan candi. Berbeda dengan Candi Borobudur yang kental dengan kebudayaan Budha, Candi Prambanan ini bernuansa corak keagamaan Hindu.

Menurut cerita mistis yang dipercayai warga sepetempat, Pembangunan Candi Prambanan berkaitan dengan cerita Nyai Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang saat ini menjadi pelajaran anak sekolah pada umumnya.

  • Jogja Bay Adventur Pirantes Waterpark

Tempat wisata yang akrab dengan nama Jogja Bay ini merupakan wisata taman air terbesar yang ada di Indonesia. Ada banyak pilihan permainan air yang disediakan di tempat ini seperti mercusuar, kapal bajak laut, kola, renang, prosotan, dan masih banyak lain permainan air lainnya. Saat mengunjungi tempat ini jangan lupa untuk mencoba permainan how to survive in tsunami and earthquake. Sebuah permainan seru yang paling fenomenal di sini.

Anda akan merasakan seolah sedang terjadi bencana gempa yang disusul bencana tsunami. Bagi yang bisa bertahan dalam kondisi tersebut berarti telah bisa menaklukkan permainan ini. Keren bukan?.Tapi cukup menegangkan juga. Siap-siap untuk berteriak sekencang-kencangnya saat mencoba permainan keren  yang satu ini.

  • Sindu Kusuma Edupark

Wisata taman permainan anak selanjutnya adalah Sindu Wisata Kusuma Edupark. Sebuah tempat wisata yang juga bernilai edukasi bagi anak. Taman ini biasanya menjadi pilihan rekreasi bersama keluarga dalam mengisi waktu liburan. Fasilitas permainan yang disediakan di taman ini juga tidak kalah menarik dari wisata Jogja Bay seperti kids fun, boom boom car, bianglala raksasa, kereta mini, flying chair dan masih banyak lagi pilihan permainan anak lainnya.

Namun permainan yang mempunyai antrian paling panjang adalah bianglala raksasa. Raksasa bianglala  akan membawa pengunjung menikmati pemandangan keindahan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian tertentu. Taman wisata yang cukup banyak peminatnya ini berada di Jalan Jambon, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  • Museum Dirgantara Mandala

Bagi Anda yang menyukai wisata berbau ketentaraan, wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi. Museum Dirgantara Mandala merupakan sebuah museum Yogyakarta yang menyuguhkan pemandangan berbau perlengkapan peperangan para TNI angkatan udara. Ketika pengunjung memasuki museum akan disuguhi dengan peralatan –peralatan bersejarah TNI angkatan laut yang diabadikan.

Sebenarnya museum ini mempunyai nama lengkap Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Tetapi bagi para traveller lebih dikenal dengan nama Museum Dirgantara Mandala saja. Awalnya museum ini terletak di Tanah Abang Bukit, Jakarta. Kemudian dipindahkan ke Sleman Yogyakarta pada tanggal 29 Juli 1997 silam.

Berbagai macam pesawat tempur yang digunakan peperangan TNI AU serat  foto dan diorama dapat Anda lihat di sini. Selain itu gambar-gambar pahlawan peperangan sejarah Angkatan Udara Indonesia juga  terpajang dengan rapi di museum ini

Sehingga berkunjung ke sini akan menambah wawasan baru seputar TNI AU beserta peralatan tempurnya hingga tokoh-tokoh ternama. Tempat wisata yang satu ini cocok sekali sebagai pilihan wisata bersama keluarga terutama mengajak si keci l yang kebanyakan menyukai pesawat. Selain tujuan rekreasi juga bernilai edukasi bagi anak-anak yang sedang dalam rasa penasaran yang tinggi.

  • Blue Lagoon Jogja

Setelah puas berjalan-jalan menikmati keindahan taman air dan wisata bersejarah seperti bangunan-bangunan museum ternama Yogyakarta, tujuan destinasi liburan selanjutnya adalah Blue Lagoon Jogja. Blue Lagoon sendiri merupakan salah satu tempat pemandian yang berada di Desa Dalem Sleman Yogyakarta. Anda dapat menikmati keindahan kesegaran air pemandian sepuasnya di sini.

  • Kampung Teletubbies Yogyakarta

Wisata Kampung Teletubbies menyuguhkan kesan wisata unik yang pasti disukai anak-anak. Dijamin anak-anak Anda akan sangat betah berkunjung ke tempat wisata ini. Bagaimana tidak?. Tokoh perfilman anak teletubbies dapat dijumpai dengan nyata di sini. Di Wisata Kampung Teletubbies pengunjung akan menikmati pemandangan bangunan rumah penduduk sekitar yang sengaja dibuat seperti rumah teletubbies dalam perfilman anak. Lucu ya?.

Berkunjung ke tempat ini membuat pengunjung seolah berada dalam film kartun teletubbies anak yang menggemaskan. Pastikan Anda membawa kualitas kamera terbaik untuk mengambil foto bersama keluarga di tempat wisata unik dan keren ini.

  • Candi Ijo Kalasan

Pemberian nama pada candi ini karena letak candi yang dibangun di atas Bukit Ijo. Candi Ijo merupakan bangunan candi tertinggi yang ada di Yogyakarta dengan ketinggian mencapai 394.581 mdpl. Pengunjung akan dibuat kagum dengan kemewahan bangunan candi dan pemandangan sekitar candi yang indah dan mempesona.

  • Candi Ratu Boko

Berkunjung ke Candi Prambanan jangan lupa untuk mengunjungi juga Candi Ratu Boko yang lokasinya tidak jauh dari keberadaan Candi Prambanan. Mengunjungi candi ini Anda akan merasakan sensasi pemandangan bangunan candi yang berbeda dari biasanya. Candi Ratu Boko ini merupakan situs bersejarah hasil reruntuhan bangunan yang menyerupai sebuah candi.

Candi ini mempunyai peran yang cukup besar dalam pengembangan sejarah Dinasti Hindu di Jawa. Meski dikenal dengan sebutan wisata candi akan tetapi sebanarnya bangunan Candi Ratu Boko bukan merupakan bangunan candi, tetapi sebuah istana atau keraton. Sehingga selain terkenal dengan nama Candi Boko juga banyak yang menyebutnya dengan nama Keraton Ratu Boko.

  • Upside Down World Jogja

Konsep pembangunan wisata Upside Down World Jogja ini hampir mirip dengan bangunan rumah pada umumnya yang memiliki berbagai ruangan seperti ruang tamu, dapur dan juga ruang makan. Tetapi hal yang menarik dari wisata ini adalah dihadirkannya beberapa ruang wisata yang sangat fantastis dan menarik untuk dikunjungi seperti ruang tiga dimensi. Dalam ruangan ini menyajikan pemandangan tiga dimensi yang menggemaskan.

Dengan mengunjungi beberapa tempat wisata Sleman tersebut dijamin liburan Anda bersama keluarga akan terasa menyenangkan dan menyimpan kesan tersendiri yang berbeda. Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Yogyakarta khususnya Kabupaten Sleman yang dikenal dengan wisata-wisata unik dan menarik.

 

KOMENTAR