Pulau Sangiang Anyer Banten

1307

Satu lagi yang menjadi tempat wisata yang termasuk kedalam objek wisata di Anyer. Sebuah pantai dengan pemandangan yang terbilang sangat indah. Mengagumkan dan juga sangat sayang untuk anda leatkan ketika berwisata ke Serang Banten, Indonesia, itulah Pulau Sangiang Anyer Banten. Kembali Hotel di Indonesia akan mencoba memberikan sedikit informasi mengenai pulau ini. Sicantik yang sangat jarang sekali tersentuh oleh banyak wisatawan.

Pulau Sangiang Anyer Banten

Ketika anda berwisata ke Banten mungkin yang menjadi prioritas utama anda untuk berwisata adalah Pantai Anyer. Karena pantai ini selain memiliki keindahan yang sangat luar biasa juga merupakan pantai yang paling ramai di kunjungi di Banten. Namun pernahkah anda berpikir dalam benak anda, ketika anda berwisata ke sebuah pantai, mungkin anda ingin mencari kedamaian dari penatnya masalah yang menimpa hidup anda. Mungkin menurut saya, memilih pantai anyer yang ramai di kunjungi tersebut adalah pilihan yang kurang tepat. Harusnya anda memilih pantai yang sepi dari keramaian untuk kembali merenung memikirkan bagaimana solusi untuk semua masalah anda.

Pulau Sangiang Anyer Banten

Nah, untuk itu saya sangat merekomendasikan Pulau Sangiang Anyer Banten ini sebagai solusi jika masalah seperti diatas menimpa anda. Pulau ini mungkin terbilang sangat jarang sekali tersentuh oleh banyak wisatawan. Namun memiliki pemandangan yang sangat indah. Memang fasilitas di pulau ini sangat terbatas, akan tetapi karena hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau tersebut.

Pulau ini terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Menurut sejarahnya, konon pulau ini dahulunya adalah sebuah pulau tempat menimbunnya harta karun Indonesia. Harta karun ini ditimbun oleh para penjajah untuk kemudian diangkut dan dibawa oleh kapal-kapal ke negara asal penjajah.

Sejarah Pulau Sangiang Anyer

Meskipun Pulau Sangiang ini terbilang pulau yang kecil dan minim akan fasilitas. Akan tetapi banyak sekali hal ataupun kegiatan yang dapat anda lakukan di pulau ini. Sebelum saya membahas mengenai hal atau kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan, ada baiknya saya mengulas sebentar tentang Pulau Sangiang ini.

Mungkin anda yang bukan merupakan warga asli Banten kurang kenal dengan pulau yang satu ini. Karena pulau ini sangat jarang sekali tersentuh. Pulau sangiang ditetapkan sebagai Tempat Wisata Alam pada 12 Oktober 1993 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Kehutanan Republik Indonesia Nomor 698/Kpts-II/93. Dengan luas daratan 700.35 Ha dan luas taman laut 720 Ha.

Dulunya Pulau Sangiang ini akan dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat menarik dengan berbagai fasilitas dan katakanlah bertarap International. Fasilitas yang akan dibangun pun juga sangat lengkap dimulai dari hotel, penginapan, resort, villa, kereta gantung, padang golf, selancar, dan sport diving. Bahkan dulunya di pulau ini akan dibangun sebuah rumah sakit untuk menarik kunjungan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke pulau ini.

Akan tetapi pembangunan tersebut harus terganggu karena terjadinya kerisis ekonomi di tahun 1998. Akibatnya pembangunan tersebut harus terpaksa dihentikan. Selain itu, Direktur yang mengelola tersebut juga sempat terseret kemeja hijau dikarenakan pembangunan yang tengah dilakukan tersebut menyebabkan perusakan alam hingga akhirnya pembangunan tersebut tidak bubarkan.

Sebenarnya kita juga harus bangga karena pembagunan tersebut tidak jadi dilakukan. Mungkin jika pembangunan tersebut sampai selesai di lakukan, para backpacker seperti kita harus rela mengeluarkan uang yang lebih untuk bisa menikmati keindahan alam tersebut.

Hal yang dapat dilakukan di Pulau Sangiang

Pulau Sangian adalah sebuah pulau dengan lautan yang biru serta menyatu dengan pasir putih halus sehingga memiliki pemandangan yang sangat luar biasa indah. Bukan hanya itu, aneka ragam tumbuhan dan hewan langka juga masih hidup disana. peninggalan sejarah Perang Dunia ke-2 (PD-II) membuat Pulau ini semakin eksotis dan sangat wajib untuk dikunjungi.

Nah, ketika anda ingin berwisata ke Pulau Sangiang tersebut. Terdapat beberapa pilihan ketika anda membawa rombongan keluarga atau perusahaan yang sadang mengadakan liburan. Anda bisa memilih Open Trip Pulau Sangiang ketika anda ingin berwisata namun hanya beberapa orang. Karena beberapa Travel disana juga sering mengadakan paket wisata ke pulau sangiang dan juga open trip ke pulau tersebut.

Ketika anda sudah sampai disana banyak hal yang dapat anda lakukan disana. Mungkin anda sudah tauh apa – apa saja yang biasa di lakukan disana. Diantaranya seperti bermain air, menyelam, bermain pasir, atau anda hanya ingin duduk diam sambil menikmati kalapa muda yang dengan melihat pemandangan indah pulau sangiang ini. Andapun bisa melakukan berselancar dan juga sport diving. dan yang harus anda ingat juga, Pulau ini juga termasuk ke 15 Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya.

Hotel atau Penginapan Terdekat

Baik hotel ataupun penginapan di dekat pulau sangiang ini sangat disayangkan belum tersedia. Padahal ada banyak touris asing yang ingin menjelajahi pulau ini. Terkadang bila touris – touris tersebut kemalaman, mereka menyewa sebuah rumah masyarakat yang disulap menjadi homestay. Adat istiadat yang ada di perkampungan dekat pulau sangiang ini masih sangat terjaga sehingga Anda harus mengikuti tradisi-tradisi disana.

Lokasi

Pulau Sangiang Anyer merupakan pulau kecil yang terletak antara Jawa dan juga Sumatra. Bila dilihat dari administratifnya pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Serang. Alamat lengkapnya terletak di Selat Sunda ± 10 Km dari Pantai Anyer, termasuk ke dalam wilayah Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.

 

KOMENTAR