Taman Nasional Ujung Kulon

124

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tempat wisata di Banten yang masuk kedalam cagar budaya alam dan termasuk kedalam situs warisan dunia. Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebuah kawasan Taman Nasional yang terletak di ujung paling barat pulau Jawa. Tepatnya di Kecamatan Sumur dan Cimanggu Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Dengan luas kawasan yang hampir mencapai diatas rata-rata taman nasional yaitu sekitar 122.956 Ha, dan 44.337 Ha dari keseluruhan luas Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah perairan.

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Ketika Anda berkunjung ke wilayah Banten maka tak lengkap rasanya jika Anda hanya berkunjung ke Pantai Karang Bolong saja. Sempatkanlah Anda juga melihat Taman Nasional ini yang merupakan lokasi konservasi badak bercula satu. Ini merupakan salah satu tempat yang menjadi situs warisan dunia untuk kategori cagar alam ini memiliki lokasi yang sangat luas. Bahkan kawasan gunung krakatau dan pulau Peucang masuk dalam kawasan taman Nasional Ujung Kulon ini.

Badak Bercula Satu di Taman Nasional Ujung Kulon

Bila Anda punya maksud mengeksplorasi keindahan wisata alam di Banten ini. Baiknya ajukan ijin ke kantor pusatnya yang ada di Labuan. Jadi bila Anda menginap di pantai Carita, luangkan saat untuk mengurusi perijinan ke Taman Nasional ini lantaran tempat kantor pusatnya cukup dekat.

Badak di taman nasional ujung kulonTaman Ujung Kulon ini sesungguhnya adalah habitat banyak satwa. Anda barangkali berjumpa dengan Banteng, Lutung, Macan Tutul, Babi Hutan, ataupun Trenggiling. Namun dari semua binatang yang ada, tempat ini umumnya dikunjungi dengan alasan melihat Badak Bercula Satu. Badak ini didunia cuma ada sekitaran 50 sampai 60 ekor saja serta semua ada di Taman Nasional Ujung Kulon ini. Lantaran jumlahnya yang amat sedikit di lokasi yang luas, peluang temukan hewan langka ini begitu kecil.

Langkah paling baik bertandang ke lokasi yang menawarkan keindahan alam berupa pulau-pulau serta rimba rimba ini. Anda bisa pergi dengan meyewa kapal cepat yang pergi dari dermaga di Carita. Atau bila memakai kapal reguler, Anda bisa lewat dermaga di Sumur atau Tamanjaya. Bertandang ke Taman Nasional Ujung kulon paling direferensikan yaitu lewat laut. Lantaran Anda bisa nikmati keindahan pantai yang segera bersebelahan dengan Samudera Hindia ini. Disebagian pulau, Anda bisa menyelam serta nikmati keindahan taman lautnya.

Suasananya begitu serupa dengan objek wisata Raja Ampat, meskipun disini tak diketemukan Wayang. Untuk memudahkan perjalanan Anda ke Ujung Kulon ini, baiknya Anda ikuti panduan seperti pada peta berikut ini.

Jalur Taman Nasional Ujung Kulon

Jika Hotel di Indonesia pernah membahas 15 Tempat Wisata di Banten, maka Taman Nasional Ujung Kulon ini salah satu dari ke 15 tempat wisata di Banten tersebut. Untuk menjangkau Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon, Anda bisa mengawalinya dengan menuju Serang Banten serta berhenti di terminal Pakupatan untuk setelah itu menuju Tamanjaya (Sumur) memakai elf.

Darisana, Anda bisa mencarter kapal yang tarifnya sekitaran Rp 2. 500. 000 dengan kemampuan maximal 20 orang serta harga bisa beralih. Harga untuk kapal yang bertambat pada dermaga setiap wisata juga tidak sama lagi, umumnya sekitaran Rp 100. 000 untuk setiap kapal.

Akomodasi Penginapan

Untuk penginapan, ada bivak yang bertarif sekitaran Rp 150.000. Atau resort Pulau Peucang yang tarifnya sekitaran Rp 750.000/malam. Bila anda tidak mau ribet, sekarang ini banyak layanan travel yang tawarkan paket wisata ke Lokasi Nasional Taman Ujung Kulon. Tarifnya bermacam dari Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 per orang.

Tiket Masuk Taman Nasional Ujung Kulon

Nah apabila diantara Anda ada yang ingin berkunjung ke taman nasional ujung kulon ini, Anda mungkin ingin mengetahui berapa tiket masuknya. Disini saya memiliki datanya yang diambil dari berbagai sumber di internet. Semoga data ini dapat membantu Anda dalam pencarian informasi mengenai objek wisata ini.

Tiket Masuk Perorangan Pengunjung Lokal

  • Karcis Pengunjung Weekdays = Rp. 5.000,-
  • Karcis Pengunjung Weekend = Rp. 7.500,-

Karcis Rombongan Pengunjung Lokal (Min 10 Orang)

  • Weekdays = Rp. 3.000,-
  • Weekend = Rp. 4.500,-

Google Maps

KOMENTAR