Info Lengkap Wisata Kepulauan Seribu

Siapa sih yang tak kenal dengan Kepulauan Seribu ? Salah satu tempat wisata yang amat terkenal di kota Jakarta. Wisata ini merupakan syurga bagi para pecinta wisata bawah tanah air. Ada beberapa pulau di kepulauan seribu yang biasa menjadi destinasi wisata yang eksotis untuk melepas penat.

Ingin tahu informasi lengkap mengenai pulau-pulau yang ada disana ? Jika memang benar, simak informasi lengkapnya di bawah ini !

Sekilas Tentang Kepulauan Seribu


Pulau Seribu atau kepulauan seribu termasuk salah satu tempat wisata di Jakarta yang saat ini masih tenar di kalangan wisatawan. Meskipun dulu pernah terjadi konflik karena perebutan wilayah yang mengklaim bahwa pulau ini masuk ke wilayah Banten. Akan tetapi saat ini sudah di luruskan bahwa pulau ini masuk ke pem prof DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu1

Pulau Seribu memiliki sejarah yang luar biasanya menarik untuk kita pelajari. Sebenarnya untuk pulau ini bukan terdiri dari 7 pulau melainkan lebih dari 110 pulau. Bahkan bila kita hitung dengan pulau-pulau kecilnya, pulau ini terdata terdiri dari 300 pulau.

Terbentuknya Kepulauan Seribu ini melalui proses yang sederhana namun sangat panjang. Secara sederhana kita bisa sebutkan kepulauan seribu ini berasal dari proses pengendapan pecahan kerang, koral serta binatang laut lainya yang semakin lama semakin membesar.

Pulau seribu terletak di Ibukota sehingga pulau ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Banyak wisatawan asing yang sengaja jauh-jauh ingin berwisata kesini hanya untuk melakukan snorkling dan juga Scuba Diving. Scuba Diving adalah menyelam ke bawah laut.

Ingin tahu seperti apa pemandangan bawah laut pulau seribu ini ? Yuk kita lihat lebih mendalam !

Syurga Laut Kepulauan Seribu


Bagi Anda yang hendak mencari tempat yang indah untuk berwisata. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali. Pulau Seribu bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk menghilangkan penat di Ibukota.

Ada 7 pulau di kepulauan seribu yang memiliki pemandangan seperti di syurga. Sudah tak terbayang lagi bukan, keindahan seperti apa yang akan kita temukan di ke tujuh pulau sana.

  1. Pulau Perak

Pulau Perak

Ketika melihat pemandangan atau gambar diatas, Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya ?

Sebagian jawabannya pasti iya. Ada juga yang tidak karena mungkin pikirannya ” Biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal ! “. Kalo gratis sih saya yakin semua bakal menjawab iya. Tapi itu mana mungkin ! hhee

Namanya pulau perak, masih termasuk salah satu pulau di pulau seribu utara. Wisata ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa indah dan juga eksotis. Bagi yang melihatnya pasti berangan-angan ingin mengunjunginya.

Untuk menuju ke pulau ini, maka Anda harus melewati perjalanan yang lumayan melelahkan. Bila dari muara angke sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan yang Anda perlukan menggunakan kapal. Namun sebelum sampai di lokasi, Anda pasti akan melewati pulau harapan nantinya.

2. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Kalo mendengar pulau yang satau ini saya yakin kebanyakan masyarakat Indonesia sudah tahu. Pulau Tidung namanya, pemandanganya indah bukan !. Jika Anda hanya tahu namanya pulau tidung, saya tambahkan lagi deh namanya yang harus Anda tahu.

Pulau tidung ini ada 2 yaitu pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Adapun yang membatasi kedua pulau ini adalah bernama Jembatan Cinta. Memang unik bukan :). Kayaknya sih nama ini diambil dari beberapa pasangan yang pertama bertemu disini, lalu jadi nikah.

Tapi itu masih kayaknya yah sobat, bukan pastinya. Terlepas dari benar-apa tidaknya hanya sejarah yang bisa membuktikan. Biasanya juga di jembatan ini suka banyak orang yang sedang menikmati sunset.

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pulau ini adalah bermain banana boat selain menikmati sunset. Dengan biaya sewa sebesar Rp. 15.000,- / orang Anda sudah bebas berkeliling pulau menggunakan sepeda air tersebut.

3. Pulau Harapan

Pulau Harapan

Pemandangannya endah bangeet, dimana sih itu ???

Pulau harapan ini masih termasuk kawasan di kepulauan seribu. Lokasinya memang sangat jauh di bandingkan pulau tidung. Akan tetapi lokasi yang lebih jauh tersebut, dimanfaatkan untuk spot snorkling yang paling eksotis di kepulauan seribu.

Pulau Harapan memiliki pasir putih membentang indah menyambut kita saat berjalan kaki di pulau harpan. Air lautnya yang jernih dan juga berwarna hijau kebiru-biruan membuat siapapun akan merasakan kedamaian.

Aktivitas yang paling menarik yang bisa kita lakukan di pulau ini adalah berfoto dan juga bermain air. Bagi orang yang instagramable sangat pass jika memilih tempat ini sebagai destinasi wisatanya.

4. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin

Lucu yah namanya ?

Sesuai dengan bentuk kelihatan di gambarnya, pulau ini memang bentuknya agak mirip dolphin atau lumba-lumba menurut saya. Pulau ini memiliki daya tarik yang sungguh luar biasa bagi wisatawan yang suka adventure.

Pulau ini masih sangat alami mulai dari pemandangannya serta keadaan sekitarnya. Belum banyak orang yang mengunjungi pulau ini. Sehingga saat Anda berkunjung tidak menutup kemungkinan bakal hanya Anda sendiri yang Anda disana.

Pulau tersebut sangat cocok dikunjungi oleh rombongan wisatawan yang ingin mengekplor kepulauan seribu. Nantinya saat sesudah sampai Anda dan rombongan bakal merasa pulau tersebut serasa milik sendiri.

Daya tarik wisata yang bisa Anda lakukan disini juga adalah melaksanakan aktivitas snorkling sama seperti yang lainya. Namun saat melakukan hal tersebut disini Anda harus berhati-hati karena banyak bulu babi.

5. Pulau Macan

Pulau Macan

Memang kedengarannya unik-unik nama pulau ini. Masih memiliki pemandangan yang tak kalah eksotis dengan yang lainya. Pulau Macan memiliki perairan yang berwarna biru kehijauan.

Terlihat dari gambar bahwa aktivitas kehidupan di pulau ini. Memang benar, pulau ini sudah terkelola dengan baik. Namun untuk kondisi alamnya masih sangat alami. Anda pasti tak menyangka bahwa terdapat penginapan atau resort di pulau ini.

Meskipun penginapannya ini masih terlihat sederhana akan tetapi bila kita lihat akan sangat nyaman seperti ini yah sobat. Terbuat dari kayu dan langsung menghadap ke bibir pantai.

6. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Syurganya bawah laut ini kali yah ?

Pulau Pramuka merupakan destinasi pulau yang populer di pulau seribu. Untuk pulau yang satu ini terkenal dengan suguhan bawah lautnya yang indah. Anda atau siapapun boleh melakukan Scuba Diving Disini tentunya untuk melihat keindahan bawah laut secara yang menawan.

Lihat Juga : Pulau Sangiang Anyer Banten

Bukan hanya aktivitas itu saja, Anda juga bebas melakukan snorkling. Seperti yang terlihat di gambar bahwa ada penyu di bawah laut sini karena memang disini merupakan pusatnya penangkaran penyu.

Disini siapapun pengunjungnya bebas mengamati penyu-penyu muda maupun dewasa. Terkadang ketika kita beruntung datang di waktu yang tepat, kita akan melihat beberapa pengelola yang melepas penyu dewasa ke laut.

7. Pulau Pari

Pulau Pari

Satu lagi yang paling popurit nih di kepulauan seribu, yaitu Pulau Pari. Disepanjang bibir pantai kita disuguhkan dengan pasir putih halus yang membentang luas. Juga airnya yang jernih akan membuat kita serasa nyaman dan damai saat berada disini.

Dari pulau ini kita benar-benar akan melihat suguhan alam yang luar biasa indah. Dihiasi dengan pulau-pulau kecil berwarna hijau yang menambah kesan lebih indah.

Lokasi pulau ini tidak berada jauh dari ibukota Jakarta. Hanya butuh waktu 2 jam perjalanan dari pelabuhan kali adem ke pulau pari ini. Kendaraan yang bisa Anda tumpangi untuk bisa sampai ke lokasi ini bisa menggunakan speedboat.

 

 

 

KOMENTAR