Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Satu lagi rekomendasi wisata yang ada di kota Bandung yang wajib Anda ketahui dan Anda kunjungi, yaitu Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Nah bagi Anda wisatawan yang suka dengan wisata alam, maka tempat ini sangat cocok untuk tujuan liburan Anda.

Ingin tahu informasi selengkapnya tentang wisata ini  ? Yuk simak ulasan dari Hotel di Indonesia berikut ini !

Sekilas Tentang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda


Tahura Djuanda adalah nama lain untuk objek wisata alam yang satu ini. Berupa hutan raya yang dirubah menjadi kawasan konservasi alam. Lokasinya terletak di Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Ciburial, Bandung, Jawa Barat.

Bila dari kota Bandung lokasinya sangat dekat Anda hanya perlu naik angkot jurusan ke Dago Pakar. Nantinya Anda bakal menemukan gerbang menuju Tahura Djuanda ini. Nama THR juga tersemat untuk objek wisata yang satu ini.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Luas seluruh kawasan Hutan Raya ini mencapai 590 Ha membentang dari Dago Pakar Hingga ke Maribaya Lembang. Berwisata ke objek wisata ini sangat cocok dilakukan kapanpun dan jam berapapun. Mau pagi hari, siang, ataupun sore juga asyik dilakukan. Mengingat sepanjang perjalanan terlindung oleh pohon-pohon yang besar, sehingga suasana alamnya menjadi adem .. dem .. dem.

Untuk jam bukanya sendiri objek wisata ini dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Banyak aktivitas seru yang bisa Anda dan pengunjung lain lakukan disini. Aktivitas yang utama tentunya adalah mengeksplor seluruh kawasan wisata dengan cara hiking sobat.

Mengapa Dinamai Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ?

Sampai saat ini saya juga masih belum tahu pengambilan namanya dari mana. Yang jelas nama Ir. H. Djuanda adalah salah satu tokoh atau pahlawan terkenal di negara kita Indonesia. Untuk mengetahui info jelasnya Anda bisa lihat DISINI!.

Fasilitas & Akomodasi Wisata


Nah sebelum Anda menentukan untuk berwisata ke taman hutan raya Ir. H. djuanda ini pasti penasaran bukan ada apa saja di wisata ini ?

Nah sekarang kita bahas lebih tuntas oke !

Taman Hutan Raya Ir. H. djuanda

TAHURA Djuanda sekarang ini menjadi salah satu objek wisata alam terpadu yang ada di kota Bandung. Selain itu tempat ini juga bisa saya katakan sebagai paru-parunya kota Bandung.

Dari sini kita benar-benar bisa merasakan kawasan yang jauh dari polusi udara.

Tentunya sebagai sebuah objek wisata, TAHURA tentunya menyajikan beberapa spot wisata sebagai daya tariknya untuk menjaring wisatawan datang. Ada beberapa magnet tersendiri mengapa wisatawan selalu menjadikan TAHURA sebagai destinasi wisatnaya.

Beberapa diantaranya seperti : tersedia hutan pinus, goa belanda, penangkaran rusa, air terjun, goa jepang, dan Curug Maribaya. Jarak menuju tujuan spot wisata diatas adalah 2,5 Km sekitar 2,5 Km, ke goa Jepang sekitar 700 Meter, dan ke Curug Maribaya sekitar 5,5 KM.

Harus diingat bahwa berhubung tempatnya kurang terkelola dengan baik maka, kawasan wisatanya apa adanya. Bahkan air terjun yang ada disana airnya kotor tidak bening. Selain itu hewan rusa yang ada di penangkaran rusanya pun juga agak kotor dan dekil.

Goa Jepang


Tempat ini merupakan sebuah goa bekas peninggalan penjajahan jepang yang ada di kota Bandung. Goa ini dapat menjadi pengingat untuk kita bahwa dahulu negara kita ini pernah menjadi jajahan oleh negara lain.

Goa Jepang

Dibangun tepatnya tahun 1942 saat negara kita masih berada di masa penjajahan jepang. Sebenarnya pembangunan goa ini dilakukan oleh masyarakat kita sendiri yang waktu itu dijadikan sebagai para pekerja paksa / Romusa. Goa ini memiliki 4 pintu dan juga 2 saluran udara.

Nah bagi Anda yang sedang melakukan wisata ke TAHURA bisa mengunjungi juga goa ini. Bila dari gerbang awal lokasinya cukup dekat hanya sekitar 700 meter dengan akses jalan yang bagus.

Goa Belanda


Satu lagi goa yang dapat menjadi spot wisata hiking Anda saat berkunjung ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, yaitu Goa Belanda. Dibangun kurang lebih tepatnya pada tahun 1918.

Goa Belanda

Menurut beberapa sumber yang saya kutif dari internet. Tujuan utama belanda membangun goa ini diperkirakan digunakan sebagai markas militer, gudang penyimpanan senjata, pusat komunikasi dan PLTA.

Curug Maribaya


Curug Maribaya

Memiliki sebutan lain yaitu Curug Omas. Untuk curug ini berlokasi di kawasan maribaya Lembang. Jarak dari gerbang awal Dago Pakar ke curug ini adalah sekitar 5,5 KM. Air terjunnya cukup besar dan juga saat dilokasi kita akan tertarik untuk main air disana. Ketinggiannya diperkirakan sekitar 30 Meter.

Penangkaran Rusa


Nah di TAHURA Djuanda ini juga terdapat penangkaran rusa. Rusa yang ada di penangkaran ini hanya ada Rusa Tutul. Sayang rusa yang ada disini agak kurang terawat ( Kotor dan Dekil ).

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan


Aktivitas utama yang bisa Anda lakukan disini adalah Hiking. Anda dapat berjalan-jalan di area hutan raya. Anda dapat melakukan hiking ke beberapa spot wisata yang ini !

Catatan : untuk Anda yang berniat berwisata kesana. Terutama pass ingin melihat goa belanda, nanti bakalan ada pemandu wisata yang akan menemani Anda untuk menyusuri kawasan menuju goa belanda.

Berhubung perjalanan digoa nya itu gelap maka para pemandu akan langsung memberikan senter selama dalam perjalanan. Catatan pentingnya adalah nanti pemandunya bakal meminta bayaran kepada Anda meskipun dari awalnya tidak ada perjanjian. Biasanya bayar pemandu Rp. 40.000,- / pemandu dan senternya sewa juga sebesar Rp. 5.000,- / senter.

KOMENTAR