Ranca Upas Ciwidey Bandung

108

Masih membahas mengenai wisata alam ciwidey, Kali ini Hotel di Indonesia ingin share kepada Anda tentang salah satu wisata yang sangat populer disana. Nama objek wisatanya adalah Ranca Upas Ciwidey.

Mendengar namanya mungkin sebagian besar wisatawan sudah tahu atau bahkan sudah pernah mengunjunginya. Tempat wisata ini selalu menjadi tujuan wisata populer dikala hari libur weekend atau hari libur nasional.

Camping di Ranca upas Ciwidey

Sebagian besar pula wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di ciwidey adalah mereka yang berkunjung ke Ranca Upas. Sehingga apabila Anda sedang mencari tujuan tempat wisata di kota Bandung yang asyik. Tempat ini dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda.

Namun sebelum merencanakan liburan kesana, ada baiknya Anda tahu dulu mengenai detail tempat wisata rancaupas ciwidey ini.

Sekilas Tentang Ranca Upas Ciwidey


Ranca Upas Ciwidey juga dikenal masyarakat dengan nama Kampung Cai Ranca upas. Sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini merupakan sebuah hutan lindung di kab. Bandung Selatan.

Kampung Cai Ranca upas

Namun karena menyajikan pemandangan alam yang cantik dan mempesona akhirnya tempat ini dijadikan sebuah objek wisata baru bagi para wisatawan. Selain sebagai hutan lindung sampai saat ini, ranca upas juga merupakan tempat konservasi berbagai flora dan fauna langka.

Di beberapa tahun kebelakang tempat wisata ini memang menjadi yang teropuler di kota Bandung. Selain itu yang menarik adalah tempat ini juga merupakan wisata alam terpadu. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung kesini adalah mereka yang ingin melaksanakan kemah / camping.

Karena merupakan sebuah hutan lindung, tempat ini memang sangat tepat dijadikan area camping. Berdiri di lahan seluas 215 hektare sehingga mampu menampung sekitar 10 ribu pengunjung. Lokasinya terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Daya Tarik Wisata


Sebagai salah satu kawasan wisata terbaik di kota Bandung Selatan, Ranca Upas Ciwidey terkadang juga sering dikunjungi oleh para turis untuk melihat keindahan alam lebih dekat. Selain itu karena adanya daya tarik lain dari pariwisata

Ranca upas

Sebagai salah satu kawasan wisata alam terbaik di kota Bandung, Ranca upas Ciwidey juga sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan asing. Juga untuk menambah daya tarik wisatanya, objek wisata ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan akomodasi wisata yang memadai.

Selain tersedia hanya hutan lindung, disini juga dilengkapi dengan kolam renang air hangat. Hal ini dapat menambah magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung. Anda dapat berenang di udara yang terkenal dingin di ciwidey do kolam air hangat tersebut. Pasti menyenangkan.

Penangkaran Rusa di Rancaupas Penangkaran Rusa di Rancaupas

Di tambah lagi, Anda dapat main ke penangkaran rusa setelahselesai berenang. Jangan lupa ajak anak-anak Anda untuk memberi makan rusa-rusa di penangkaran tersebut. Dengan hanya membeli wortel Rp. 5.000,- Anda dan anak Anda sudah bisa masuk ke kawasan penangkaran rusa di ranca upas.

Tak berhenti di sana, yang paling menarik disini adalah Anda bisa menikmati bumi perkemahan atau camping bersama teman atau sahabat. Dengan camping disini Anda bisa menikmati sunrise di waktu-waktu tertentu. Tepatnya pada pukul 03.00 WIB pagi hingga pukul 05.00 WIB Pagi.

Adapun fasilitas-fasilitas wisata lainya yang tersedia adalah :

  • Kolam renang air hangat,
  • Penangkaran Rusa
  • Wahana Outbound ( Flaying Fox & Rumah Pohon )
  • Jungle Tracking
  • Menikmati Api Unggun di Malam Hari
  • Dll

Tiket Masuk Camping & Wisata


Untuk Biaya Masuk 10 Ribu, Camping Tambah 20 Ribu, Sewa Sleeping bed 25 Ribu, Sewa Tenda 150 Ribu ukuran sedang, Ukuran besar Rp. 300.000,-. Bisa beli kayu bakar Rp. 15 ribu. Jika buat api unggun kayu tersebut bisa tahan 2 jam

Tidak ada angkutan umum yg langsung dari stasiun ke Ranca Upas. Kalo perginya akhir pekan disarankan sewa motor aja, berenam bisa sewa 3 motor. Tarif sewa motor pas weekend sekitar 80ribu untuk 24 jam. Bensin full cukup untuk pergi dan pulang. Selain biar terhindar dari macet saat akhir pekan, sewa motor juga memudahkan mobilitas selama di Bandung. Juga tidak gambling saat arah balik ke Bandung jika mengandalkan transportasi online mobil.

Catatan. Untuk membeli kayu bakar, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000,- / ikat.

KOMENTAR